Skip to main content

Langkah Cara Membuat Akun Email dari situs Gmail

Langkah Cara Membuat Akun Email dari situs Gmail - Saat ini orang-orang masih menggunakan email sebagai sarana untuk berkirim dan menerima pesan dalam bentuk digital melalui internet. salah satu bentuk contoh perusahaan terkenal yang kita ketahui seperti google memiliki layanan email bernama Gmail.

Baca juga : Cara Berlangganan Spotify Premium melalui Tokopedia

Sebenarnya bikin email baru sangat mudah sekali dan tidak menguras waktu. Sebagai contoh, pada artikel kali ini saya memberikan langkah membuat email baru hingga akun email sudah bisa digunakan. Pada kasus ini saya memilih menggunakan Gmail, dengan alasan pertama saat ini gmail paling dominan digunakan, dan kedua penggunaannya saat ini di dukung hampir semua platform.

Membuat Akun Gmail

Agar mudah mengikuti langkah bikin akun gmail baru, sebaiknya sobat menggunakan perangkat komputer atau laptop.

  1. Pertama buka aplikasi browser (bisa google chrome, mozilla firefox, atau microsoft edge) pada kolom address browser ketik url https://www.google.com/intl/id/gmail/about/.

  2. Di tampilan situs gmail, pada bagian pojok kanan atas cari dan pilih tombol Buat Akun.
  3. Sobat akan dialihkan ke tampilan form Buat Akun Google yang terdapat beberapa kolom. silahkan sobat isi nama depan dan belakang, nama pengguna gmail (istilahnya alamat email), dan password. jika sudah terisi dan benar pilih tombol berikutnya.

    Catatan : nama pengguna gmail hanya bisa menggunakan kombinasi huruf, angka & titik. bagi sobat yang memiliki nama hanya satu huruf cukup mengisi di kolom nama depan. sedangkan kolom password apabila kesulitan mengenai kebenaran pengetikan, bisa mengaktifkan centang lihat sandi.

    setelah di pilih tombol berikutnya di beberapa kasus kadang ada timbul halaman tambahan yang mana diwajibkan untuk pengguna baru melakukan proses verifikasi kode dalam bentuk sms menggunakan nomor telepon. jadi buat jaga-jaga, sebaiknya sobat mempersiapkan nomor telepon aktif.

  4. Baca juga : Gratis Desain Side Panel Casing Mini PC Metalfish S3 Plus Pengganti Kaca

  5. Halaman selanjutnya bagian Selamat datang di Google, terdapat kolom yang wajib diisi, yaitu Tanggal Lahir dan Gender. sedangkan kolom nomor telepon dan alamat email pemulihan bersifat opsional (tidak wajib), sobat bisa mengabaikannya dengan tidak mengisinya. Jika sudah dirasa data sesuai, pilih tombol berikutnya.

  6. Tampilan berikutnya adalah bagian Privasi dan Persyaratan, berisi informasi kebijakan yang harus kita patuhi, informasi ini lumayan banyak, jadi kita lewati saja dengan scroll kebawah hingga menemukan tombol Saya Setuju (silahkan pilih tombol tersebut).
  7. Setelah melewati halaman Privasi dan Persyaratan, kita akan dialihkan ke halaman bagian email, maka proses daftar email baru dari gmail sudah berhasil.

Cara keluar (logout) akun gmail

Setelah berhasil mengikuti cara membuat akun gmail, posisi akun sobat dalam keadaan masih ter-login (akun masih digunakan), jadi jika sobat membuat akunnya di tempat umum seperti tempat rental komputer, saya sarankan sehabis menggunakannya akun gmail sobat wajib dikeluarkan, hal ini untuk mencegah terjadinya sifat orang yang iseng terhadap akun gmail sobat. mengeluarkan akun gmail sangat mudah sekali.

  1. Pada halaman email situs gmail, tepatnya bagian pojok kanan atas cari tombol akun google, sebagai contoh karena akun gmail saya belum saya upload foto, maka tombol akun google menampilkan huruf inisial nama depan saya yaitu M.
  2. Lalu pilih tombol Logout, maka otomatis akun gmail sobat sudah keluar.

Itulah langkah cara buat akun gmail, selain dalam bentuk informasi teks di sini saya juga menyantumkan dalam bentuk video youtube tutorialnya, sehingga sobat dapat mengerti apabila masih ada yang dibingungkan.

Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar