Skip to main content

Gratis Desain Side Panel Casing Mini PC Metalfish S3 Plus Pengganti Kaca

Gratis Desain Side Panel Metalfish S3 Plus Pengganti Kaca - Halo sob, lama sekali saya tidak mengupdate artikel baru, maklum saja udah jarang didepan komputer karena ada kebutuhan pribadi yang lebih diutamakan, karena memang blog ini saya gunakan dan publikasi artikel sebagai waktu luang. kebetulan juga sebenarnya saya sebelumnya tidak memliki komputer alias dijual, rencana saya ingin downgrade sekaligus tertarik di desain MINI PC, saya salah satu korban godaan dari grup MINI PC.

Awalnya saya menggunakan Casing PC Venom RX Thanos yang mana ukurannya memang seperti casing pc pada umumnya, namun karena kendala (space) tempat yang sempit disaat menaruh komputer, muncul inisiatif saya untuk mencari alternatif bagaimana agar cara tempat komputer saya tidak terganggu. isenglah mencari solusinya, akhirnya saya menemukan dengan cara menggunakan casing model mini ITX, pilihan saya jatuh pada Merek Metalfish seri S3 Plus.

Baca juga : Review SSD NVME Transcend MTE220S 512GB dengan DRAM Chace

Selama menggunakannya, kendala terbesar pada tiap casing mini memang sirkulasi udaranya tidak selega casing besar diatas model mini itx. Pada Metalfish S3 Plus, memilikii kekurangan pada side panel bagian kanannya yang tidak memiliki lubang untuk intake (udara masuk) / exhause (udara keluar). ditambah lagi posisi side panel ini adalah processor, dimana sangat penting untuk udara masuk atau keluar agar suhunya stabil, sangat fatal jika kondisi keadaan panas terlalu tinggi.

Untuk itu saya mencoba membuat desain kustom side panel bawaan casingnya menjadi side panel yang memiliki lubang untuk sirkulasi udara. Jika sobat juga pemilik casing yang sama sobat bisa memiliki desain ini, karena saya bagikan secara gratis. desain ini sudah saya gunakan pada bahan jenis aluminium. tapi karena saya tidak bisa memiliki mesin pembuatnya, saya melakukan request melalui jasa laser cutting di tokopedia, sobat bisa mencarinya di marketplace. biasanya dari penjasa meminta format desain tipe DXF bisa DWG atau CDR, untuk saat ini saya hanya menyediakan tipe CDR atau DXF.

Untuk memastikan apakah desain yang diterima oleh penjasa laser cutting sesuai ukurannya, kita harus menanyakan dulu apakah sesuai ukurannya dengan lebar 238 milimeter dan tinggi 278 milimeter, karena pada kejadian saya ada beberapa jasa yang saat menerima desain nya malah berubah jadi ukuran jenis inci untuk desain tipe DXF, sedangkan CDR tidak. jika sudah benar saya yakin outputnya akan sesuai.

Tidak lupa juga pada 4 lubang untuk bautnya, kita bisa request piercing untuk baut model verseng, dengan lebar kepala baut 5 milimeter.

Gambar diatas adalah hasil laser cuttingnya menggunakan bahan aluminium. saya memilih tebal 2 milimeter agar hasilnya sesuai seperti tebal side panel bawaan. sobat bisa menentukan jenis bahan apa yang digunakan, untuk side panel biasanya kebanyakan orang menggunakan bahan akrilik, sobat bisa milih jenis tersebut jika masih ingin memperlihatkan bagian estetika komponen didalam komputer, namun bahan akrilik memiliki kelemahan pada ketahanan dari benturan atau tekanan benda keras. sebaliknya jika sobat tidak mementingkan hal tersebut dan hanya membutuhkan ketahanan dari berbagai benturan bisa menggunakan bahan besi seperti aluminium atau stainless.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar