Skip to main content

Review Ulasan dan Cara Mengirim Barang dengan J&T Express

Bicara mengenai jasa pengiriman barang, sebelumnya saya sudah membuat artikel mengenai J&T Express, di artikel tersebut saya membahas mengenai lebih dalam tentang dan jenis layanannya. jika sobat ingin mengetahuinya bisa mengunjunginya untuk membaca, agar lebih meyakinkan.

Baca juga : Mengirim Barang melalui Jasa Ekspedisi J&T Express

Di artikel ini akan membahas mengenai cara mengirim barang atau paketan menggunakan jasa ekspedisi tersebut, yaitu J&T Express. yaitu dengan mendatangi kantor cabang terdekat.

Jadi tanpa penjelasan, langsung saja caranya, karena saya yakin sobat sudah mengetahui lebih dalam melalui artikel yang saya sediakan.

Persiapan

Sebelum ke drop point (tempat penyerahan barang) untuk pengiriman, ada beberapa yang harus dipersiapkan. jadi usahakan sudah lengkap dan siap, agar tidak membuat sobat harus bolak balik dari rumah ke tempat drop pointnya, sehingga tidak membuang-buang waktu.

  1. Bukan Barang Terlarang
  2. Sobat tau aja kan istilah jenis barang terlarang ?, dikarenakan pengiriman ini biasanya menggunakan jalur udara atau darat, dari kebijakan pemerintah mengatur barang-barang yang tidak boleh asal kirim. misalkan barang berbahaya yang beresiko mengancam dalam proses pengiriman atau barang yang harus memiliki izinnya

  3. Cek Kondisi Barang
  4. Sebelum dibungkus atau dipacking, pastikan barang yang dikirim benar-benar sesuai barang permintaan si penerima. tidak cacat atau rusak, barang tersebut dalam kondisi layak.

  5. Jumlah Barang
  6. Periksa kembali jumlah permintaan barang yang dikirim, agar tidak terjadi komplain si penerima dan merugikan sobat nantinya.

  7. Packing
  8. Selama proses pengiriman biasanya barang rawan rusak tanpa diketahui, karena itu sudah diluar tanggung jawab jasa ekspedisi. jadi sebelum menyerahkan ke jasa pengiriman, bungkuslah barang sebaik mungkin. bisa menggunakan bubble wrap, kardus atau kayu.

  9. Cantumkan informasi Pengirim dan Tujuan barang secara Lengkap
  10. Setelah barang dikemas dengan baik, selanjutnya adalah penempelan atau pemberian informasi alamat, yaitu informasi pengirim dan penerima (tujuan barang). tentunya sobat bisa dengan cara menempel kertas yang sudah ditulis atau bisa juga menggunakan pengetikan lalu di print melalui komputer agar lebih rapi. contohnya sobat bisa melihat format yang saya sediakan pada gambar berikut.

  11. Siapkan Dana yang Cukup
  12. Jika barang yang dikirim ditanggung pengirim, siapkan uang sesuai berat barang tersebut. untuk hitungannya berdasarkan beratnya per-kilogram, nah di situs J&T Express sudah disediakan cek tarifnya. hitungannya berdasarkan jarak pengirim dengan penerima, juga beratnya.

    silahkan kunjungi websitenya berikut. usahakan bawa uang lebih sebagai antisipasi jika ternyata melebihi hitungan tarif.

Penyerahan / Pengiriman Barang

Setelah barang siap, selanjutnya tahap cara mengirim barang menggunakan J&T.

  1. Cari alamat cabang (drop point) terdekat dari lokasi sobat. bisa kunjungi websitenya berikut berdasarkan kota dan kecamatan.

  2. Jika sudah sampai di kantor cabangnya, tinggal serahkan ke pihak J&T dan memberitahu ingin mengirim barang paket. Sobat biasanya akan ditanya mau bayar langsung, atau nanti bayar biayanya ditanggung penerima yang dikirim (COD).

  3. kalau sudah ditentukan, maka barang akan di timbang beratnya, dan diberitahu total biayanya. yang saya tau jenis layanannya hanya 1 yaitu EZ.

  4. Bayar total biayanya dan tunggu operator untuk mendata, jika ditanya barang itu jenis apa jawab sesuai dengan jenisnya ya sob, karena nanti akan melewati proses scanning. sehingga saat proses pengiriman tidak terhambat nantinya.

  5. Setelah sudah bayar sobat akan diberikan kwitansi, berupa rincian barang yang dikirim.

  6. Perlu di ingat! kwitansi yang diberi jangan langsung dibuang, karena terdapat No Resi untuk melacak posisi terakhir barang, selain itu jika terjadi keterlambatan atau barang tidak juga sampai ke penerima, bisa menjadi jaminan sebagai bukti untuk mengajukan komplain ke pihak J&T Express.

Review Ulasan NumpangJejak menggunakan J&T Express

Untuk meyakinkan sobat, admin akan memberikan sebuah review selama menggunakan jasa pengiriman J&T Express sedetail mungkin. Perlu diketahui, bahwa pembahasan mengenai cara mengirim barang diatas berdasarkan pengalaman saya sendiri. jika barang yang dikirim bukan kategori terlarang, saya yakin akan proses pengiriman akan tepat waktu.

Saat saya mengirim barang, tepatnya pada hari sabtu di waktu malam hari mendekati sholat isya. dan satu-satunya jasa ekspedisi yang lokasinya dekat rumah hanyalah J&T Express. Karena barang yang saya kirim adalah dagangan di sebuah situs online shop, maka saya harus secepatnya mengirim paket itu, takut terjadi penilaian buruk oleh konsumen karena lambat dalam proses pengiriman.

Sampailah saya di lokasi dan mengatakan ingin mengirim barang. para pegawainya friendly dan layanannya baik sekali. yang saya lihat ada yang bertugas mengumpul dan merapikan barang , ada juga yang melayani kiriman barang orang seperti saya.

Kebetulan barang yang dikirim alamatnya terkesan masih asing oleh karyawan J&T nya. terlihat si karyawan mencari kota yang dimaksud melalui google voice di smartphone, mungkin agar daerah yang dituju tidak salah kirim.

Setelah pengecekan alamat tujuan sesuai barang ditimbang, paket saya terhitung 2 kilogram, tarif perkilonya 28rb, jadi total 56rb.

Si karyawan konfirmasi ke saya lanjut kirim atau tidak (mungkin karena sebelumnya banyak orang yang membawa dana tidak cukup, sehingga ditanya seperti itu). Saya terima, dan si karyawan melanjutkannya dengan menulis data rincian di kwitansi. nggak lama sekitar 2-3 menit, diberilah saya kwitansi. tampilannya seperti dibawah.

Untuk mengetahui No Resinya, biasanya dibarengin gambar barcode dibawahnya berupa nomor (bisa saja campur hurufsoalnya tiap daerah berbeda-beda).

Setelah saya sudah sampai dirumah, sekitar 30 menit lebih saya coba untuk melacak no resi, apa sudah terlacak ke sistem atau tidak, ternyata no resi sudah aktif masuk sistem. Lalu beberapa hari barang sampai ke lokasi penerima sesuai estimasi. sekitar 4 hari yaitu hari rabu.

Oke jadi itulah pembahasan dari artikel saya mengenai bagaimana cara mengirim paket barang dan pengalaman selama menggunakan jasa ekspedisi J&T Express. jika ada yang ingin ditanyakan, jangan malu untuk bertanya.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar