Skip to main content

Masalah Kamera Tidak Terhubung pada POCO X3 NFC

Masalah Kamera Tidak Terhubung pada POCO X3 NFC - Perangkat smartphone bisa kita bilang tidak selalu sempurna, pasti ada saja masalah ditiap smartphone yang digunakan. seperti kasus yang saya alami terjadi suatu masalah pada hp poco seri x3 nfc, dimana memiliki kendala pada fitur aplikasi kamera bawaannya.

Terkadang saya memiliki kebiasaan suka melakukan pengambilan foto dan perekaman video untuk mengabadikan momen menggunakan hp poco x3 nfc. dari kebiasaan tersebut terjadi suatu masalah ketika membuka aplikasi kamera bawaan muncul informasi pesan status kamera tidak terhubung.

Iseng saya mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti open camera dan kamera dari facebook, keduanya aktif menggunakan kamera tapi anehnya yang terpakai malah kamera wide angel 13MP bukan kamera utama 64MP. dugaan awal ini disebabkan oleh bug software, lalu saya coba mencari solusi dengan mengikuti beberapa tutorial di pencarian google dan video youtube, dimulai dari :

  1. Restart
  2. Kembalikan aplikasi kamera ke setelan bawaan
  3. Cek bagian permission (perizinan aplikasi kamera)
  4. Hapus data aplikasi kamera
  5. Factory reset xiaomi (atur ke setelan pabrik)
  6. Hingga flasing rom melalui mi flash baik itu upgrade maupun downgrade miui

Semua cara diatas sama sekali tidak ada yang berhasil. lalu langkah selanjutnya saya coba bawa ke service center (sc) resmi xiaomi siapa tau membuahkan hasil.

Di service center saya jelaskan masalah pada hp saya, dan jawaban dari pihak service center menduga masalah terletak pada software, yang mereka lakukan yaitu atur setelan pabrik dan flash ulang sama seperti yang saya lakukan sebelumnya, hasilnya juga sama masalah tidak teratasi.

Baca juga : Cara mengetahui jenis nama font pada gambar

Lalu pengecekan kedua ke bagian hardware, dan kebetulan di sana ada x3 nfc yang nganggur. sparepart bagian kamera hp saya dipindah ke x3 nfc milik service center ternyata hasilnya kamera berfungsi, lalu sparepart kamera x3 nfc milik service center dipasang ke hp saya hasilnya kamera tidak berfungsi. jadi hasil diagnosa pihak SC masalah terletak di bagian mesin bukan karena part kameranya yang bermasalah.

Karena masalahnya ada pada bagian mesin, dari pihak SC mengategorikannya masuk bagian sparepart mainboard. sialnya garansi hp saya sudah habis (non-garansi), otomatis untuk pergantian mainboard dikenai biaya hampir 2 jutaan. karena tidak memiliki dana yang cukup saya menolak pergantian mainboard dan terpaksa pulang tanpa membuahkan hasil.

Lantaran tidak memiliki dana yang cukup untuk mengganti mainboard, saya mencari alternatif menggunakan jasa servis hp yang dapat direkomendasikan di berbagai grup facebook pecinta poco x3 series.

Kebetulan sekali dari salah satu grup pecinta poco x3 series, sedang ramai membahas kasus hp mati total pada seri x3 pro. diantaranya ada postingan dibuat oleh pengguna yang juga seorang jasa servis handphone membahas mengenai masalah mati total x3 pro, dari penilaian saya pribadi bisa dibilang beliau ini mengerti apa penyebab utamanya.

Beliau sudah banyak menerima kiriman hp bermasalah dari berbagai kota untuk memperbaiki hp x3 pro yang mengalami mati total. dari jasa beliau banyak ulasan testimoni dengan nilai positif, sehingga membuat saya tertarik dan coba menghubunginya melalui kontak whatsapp untuk menanyakan masalah pada hp saya. dari dugaan beliau masalah hp saya ini terletak pada cpu yang perlu di repair.

Untuk gambaran contoh repair cpu hp sendiri, sobat bisa melihatnya di youtube agar lebih jelas. balik ke komunikasi dengan jasa servis, saya bertanya biayanya jika memang solusinya perlu dilakukan repair pada cpu, disini saya tidak bisa menyebutkan harganya karena menghormati privasi jasa servis beliau.

Jika sobat ada yang tinggal di area kota ponorogo (jawa timur) sangat beruntung karena bisa langsung datang ke tempat konter jasa servisnya. sedangkan saya sendiri tinggal di kota samarinda (kalimantan timur) jadi harus megirim hpnya menggunakan jasa ekspedisi.

Setelah si jasa servis menerima kiriman hp saya, beliau melakukan pemeriksaan (saat itu terjadi dimalam hari) sambil menanyakan beberapa pertanyaan ke saya melalu whatsapp. pagi harinya saya mendapat pesan dari beliau bahwa masalah pada hp saya sudah teratasi.

Saya juga dikirim bukti berupa foto proses pengerjaan dan video yang memperlihatkan fitur aplikasi kamera bawaanya bisa digunakan kembali. penasaran saya tanya penyebabnya apa, jawabannya karena overheat pada cpu. sesuai dugaan sebelumnya solusi yang dilakukan repair cpu dengan cara di rebal.

Untuk sistem pembayaran dari jasanya dibayar setelah perbaikan selesai, sedangkan ongkos kirim dan balik saya yang menanggung seluruhnya. Dari hasilnya lumayan memuaskan, karena proses perbaikannya lumayan cepat dan bergaransi, akhirnya saya bisa menggunakan kembali fitur kamera x3 nfc.

Bagi sobat yang memiliki masalah yang sama ataupun kasus yang berbeda namun berkaitan dengan hp, saya merekomendasikan menggunakan jasa servis hp ini. beliau memiliki konter dengan nama NYAWIJI-CELLULER. sekedar info nama konter yang memperbaiki hp saya sekarang ganti nama menjadi NT FIXERS, kita bisa menghubunginya melalui kontak whatsapp untuk tanya-tanya, selain itu juga tersedia di google map, sobat cari saja namanya NT FIXERS

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar