Skip to main content

Mengatur Google Drive sebagai media penyimpanan Unlimited gratis untuk Foto dan Video

Halo sobat, kali ini admin akan membahas mengenai Google Drive. Yaitu salah satu penyedia penyimpanan yang disediakan sekaligus milik Google. mungkin bagi sobat tidak asing dengan Google Drive ini. karena salah satu media penyimpanan paling banyak digunakan untuk kebutuhan, dari segi keamanan, kecepatan server, dan pengaturannya baik sekali.

Dari segi kapasitas untuk versi free atau gratis memang Google hanya memberi sebesar 15GB tiap pengguna. untuk menambah kapasitasnya diperlukan biaya yang dikeluarkan untuk membeli paket pada tiap kapasitas. tiap paket dimulai dari 100GB hingga 30TB, harga pertahunnya dimulai dari Rp 269.000 hingga Rp 3.900.000.
Tentu harga tersebut sangat mahal buat sobat, mungkin hanya mampu membeli paket 100GB. Tapi untuk kalangan tertentu, yang memang membutuhkannya dan sanggup mengeluarkan biaya bisa menjadi salah satu penyedia yang admin rekomendasikan.

Bagi pengguna Smartphone yang hobi mengambil foto atau video seperti admin sendiri, biasanya smartphone tersebut terhubung dengan aplikasi akun google fotonya, otomatis data foto dan video tersebut akan juga tersimpan di google drive. hal ini menguntungkan sekali sebagai media penyimpanan cadangan jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti file terhapus. asalkan disaat proses penyimpanan ke google drive tersebut tersedianya koneksi internet.

Tapi tau gak sobat, sebenarnya google drive memberi kita space unlimited untuk menyimpan foto dan video. hanya saja sebagian orang tidak mengetahui itu. pengaturannya juga mudah. Admin sendiri menggunakannya untuk mengupload foto di blog NumpangJejak. sehingga tidak memenuhi kapasitas google drive. 

Tidak lengkap tanpa bukti, tenang admin selalu menyertakan buktinya, sobat bisa melihat gambar berikut.


Dari gambar diatas, tiga foto diantara beberapa foto lainnya yang ada di artikel NumpangJejak pada Google Drive. masing-masing foto memiliki size yang berbeda-beda. sobat bisa liat di kotak lingkaran merah, Ada 606 KB, 426 KB dan 603 KB. lalu dibawah size terdapat Storage used yaitu penyimpanan yang digunakan 0 bytes.

Nah jika sobat menginginkannya, dapat mengikuti beberapa langkah berikut.
1. Login di Google Photos linknya berikut.
2. Jika sudah login, pada sudut kiri atas klik berlambang tiga garis.


3. Pilih Settings.


4. Pada bagian Upload size for photos and videos uploaded on the web only, pilih High quality (free unlimited storage) yang sebelumnya Original (15 GB storage left) dan pengaturan akan otomatis tersimpan.


Sebagai tambahan jika sobat ingin memisahkan lokasi folder yang berbeda di Google Drive pada foto dan video di Google Photos agar mudah dicari, dapat mengikuti cara berikut.

1. Pergi ke Google Drive link berikut.
2. Disudut kanan atas, klik lambang Gear tepat dibawah foto akun user sobat, lalu pilih Settings.


3. Bagian General, pilih Create a Google Photos folder dan centang Automatically put your Google Photos into a folder in My Drive. jika sudah klik Done.


4. Untuk melihat hasilnya kembali ke pada bagian My Drive akan tampil folder dengan nama Google Photos/Foto Google.


Cukup mudah kan. atau masih bingung ?
Tenang Admin juga menyertakan videonya, tapi bahasanya inggris.


Ok sekian dari pembahasan artikel mengenai Mengatur Google Drive sebagai media penyimpanan Unlimited gratis untuk Foto dan Video. jika artikel ini bermanfaat, sobat dapat membantu NumpangJejak dengan cara share artikel ini sebagai bentuk terima kasih, jangan lupa sertakan Sumber dari www.NumpangJejak.com
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar