Skip to main content

follow us

Apa itu PayPal ? PayPal adalah metode pembayaran elektronik yang saat ini sudah banyak digunakan untuk melakukan berbagai macam transaksi baik itu membeli produk, bayar atau menerima pembayaran atas jasa. Bahkan di situs e-commerce sudah mulai mendukung pembayaran ini, di indonesia bagi pemain blogger sudah tidak asing dengan sebutan PayPal.

Kalau kita sederhanakan lagi, paypal ini ibarat sebuah akun rekening, tidak hanya bisa digunakan di Indonesia, bahkan sudah tingkat internasional. membuat akun paypal gratis sob, tanpa ada minimal saldo pada umumnya seperti di beberapa bank indonesia.

Baca juga : Cara Transfer Saldo PayPal ke Rekening Bank Lokal

Persyataan

Untuk mendaftar PayPal memiliki persyaratan yang bisa dibilang mudah diantaranya :
  • Umur diatas 18 tahun
  • Email Aktif (sangat penting karena sebagai nomor rekening di paypal)
  • Memiliki dokumen pribadi seperti KK/E-KTP/Paspor/Surat Izin Mengemudi (tapi tenang, dokumen tersebut hanya sebagian data yang digunakan untuk mengisi formulir dan pastinya terkait privasi terjaga dengan aman)
  • Nomor Telepon Aktif

Setelah persyaratan diatas sudah lengkap, selanjutnya pendaftaran akun paypal. Oh iya, tutorial ini cara daftar paypal tanpa kartu kredit sob, mengapa berkaitan dengan kartu kredit ? jawabannya ada di akhir paragraf. oke kembali ke tutorialnya :

1. Buka halaman https://www.paypal.com, disudut kanan atas pilih Daftar (Sign Up). Bisa juga sobat langsung ke url berikut yang saya sediakan.

2. Terdapat 2 pilihan jenis akun yang disediakan dari PayPal. Di bagian kiri bertuliskan Membeli dengan menggunakan PayPal adalah untuk pengguna personal (pribadi), Sedangkan yang kanan Menerima pembayaran menggunakan PayPal ditujukan untuk pengguna Bisnis. Sobat silahkan pilih yang pengguna personal bagian kiri.


3. Silahkan untuk mengisi tiap slot yang disediakan terdiri dari Negara, Alamat email, Sandi (password), dan terakhir mengetik ulang sandi (password) untuk mengecek agar tidak terjadi kesalahan. Jika sudah klik Lanjutkan


4. Selanjutnya adalah bagian mengisi data pengguna (sobat) yang terdiri dari :
  • Nama Depan
  • Nama Belakang - Apabila nama lebih dari 2 huruf silahkan mengisi sisa dari nama depan seluruhnya di nama belakang
  • Tanggal Lahir - Format tanggal karena bawaan amerika, buat yang bingung HH (Tanggal Hari), BB (Bulan), TTTT (Tahun). Misal tanggal 17 Agustus 2018, silahkan isi 17/08/2018
  • Warga Negara
  • Nomor identifikasi - Disini terdapat 3 pilihan yaitu ID Nasional, Suran Izin Mengemudi, dan Paspor. Untuk ID Nasional gunakan NIK dari EKTP/Kartu Keluarga, sedangkan Suran Izin Mengemudi bisa menggunakan nomor SIM A/B/C/D dibawah pekerjaan pada kartunya, Sedangkan Paspor bisa dilihat tepat diatas Jenis Kelamin di Kartu Paspor
  • Baris 1 Alamat - Mengisi alamat rumah secara detail
  • Apt/Suite - Ciri-ciri rumah bisa seperti nama apartemen/samping gedung/depan sekolah, tapi bisa sobat kosongkan saja slot ini
  • Kota/kabupaten - Tanpa disingkat (lebih jelas lihat di Kartu Keluarga)
  • Provinsi - Wilayah provinsi secara lengkap jangan disingkat (lebih jelas lihat di Kartu Keluarga)
  • Kode Pos - Isi nomor berdasarkan wilayah tempat sobat tinggal (lebih jelas lihat di Kartu Keluarga)
  • Nomor telepon - ada 2 opsi yang bisa digunakan, nomor ponsel atau telepon rumah. Isi tanpa awalan angka 0, misal 085248167222 diisi 85248167222
Jika sudah diisi jangan lupa Centang ☑ bagian Kesepakatan pengguna dan Kebijakan Privasi PayPal. dan Klik Setuju dan Buat Rekening.


5. Halaman selanjutnya adalah kita disuruh menghubungkan paypal kartu kredit. tapi tenang, kita masih bisa daftar paypal tanpa kartu kredit, cukup melewatinya dengan klik bagian Saya akan melakukannya nanti, nanti timbul lagi pesan konfirmasi klik lagi Saya masih ingin melakukannya nanti


6. Akhirnya Akun PayPal sudah jadi, tapi masih ada 1 langkah lagi yang harus dilakukan, klik Buka rekening Anda pada bagian bawah.


7. Langka terakhir yang dimaksud adalah kita melakukan konfirmasi (verifikasi akun) email yang kita daftarkan pada akun paypal. Klik tombol Konfirmasi Alamat Email Anda


8. Silahkan klik tombol Kirim Email. diatas tombol tersebut ada email yang dituju akan menerima url konfirmasi.


9. Pada email sobat yang didaftarkan untuk akun paypal akan ada pesan dengan judul Aktifkan rekening PayPal Anda, silahkan sobat buka, dan Klik untuk mengaktivasi rekening Anda seperti contoh gambar berikut.



10. Dan proses buat akun paypal sudah selesai, sudah bisa sobat gunakan untuk kirim / menerima saldo paypal bahkan untuk transaksi di e-commerce.


Itulah tutorial cara daftar akun paypal. Sebenarnya dalam status akun paypal terdapat istilah unverified dan verified, tiap status tersebut hanya memiliki perbedaan batasan pada jumlah uang yang dapat dikirim atau ditarik. untuk unverified batasannya kalau tidak salah transfer maksimal $100, menerima dana maksimal $500, dan menarik saldo paypal ke rekening bank lokal maksimal $10000 perbulannya. sedangkan untuk verified semuanya unlimited (tidak terbatas).

Baca juga : Cara Ubah Jenis Akun PayPal menjadi Bisnis

Untuk menjadikan akun verified, sobat harus menambahkan nomor kartu kredit ke akun paypal, kartu apapun yang berlogo MasterCard, Visa, Discover, atau American Express. dan tentunya kartu kredit tersebut harus bisa digunakan untuk melakukan pembayaran online international.

Sobat mungkin tertarik artikel lainnya:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Kolom Komentar