Skip to main content

Review SSD NVME Transcend MTE220S 512GB dengan DRAM Chace

Review SSD NVME Transcend MTE220S 512GB dengan DRAM Chace - Selama ini saya sangat penasaran dengan bagaimana rasanya menggunakan media penyimpanan SSD jenis NVME (Non-Volatile Memory Express). karena dari informasi yang tersebar, jenis penyimpanan ini memiliki keunggulan yang melebihi dari SSD Sata atau M.2 Sata. karena sebelumnya saya baru dan masih menggunakan SSD Sata di laptop, saya sudah merasakan seberapa cepat penyimpanan SSD dibandingkan Hardisk.

Kebetulan di komputer saya masih menggunakan hardisk copotan yang sebelumnya terpasang di laptop, lalu saya ganti menjadi ssd, dimana kecepatan putaran hardisk ini hanya 5400 rpm. sangat ironis, punya laptop jadul dipake ssd tapi komputer spek gahar media penyimpanannya masih hardisk, 5400rpm pula.

Lamanya akan penasaran bagaimana rasanya menggunakan SSD NVME, semakin memuncak disaat setiap kali komputer melewati booting windows masuk ke desktop, saya harus menunggu sekitar 10 menit agar komputer dapat membuka aplikasi berjalan (kalau pengguna komputer dulu sebutnya dipanasin dulu biar gak berat), dan ini membuat penggunaan disk full 100% (maklum saja rpm speednya 5400), jika saya membuka aplikasi contohnya browser akan berat (not responding).

Baca juga : Rekomendasi Komponen Untuk Rakit Komputer Gaming Kelas Menengah Kisaran Dibawah 8 Juta

Oleh karena itu daripada dibuat kesal karena harus menunggu 10 menit setiap menghidupkan komputer untuk dipanasin, saya ganti saja penggunaan hardisk menjadi penyimpanan kedua, dan membeli SSD NVME sebagai penyimpanan utama sekaligus menjawab rasa penasaran akan jenis penyimpanan SSD tersebut. tapi karena saya memiliki pengalaman pada SSD Sata yang sudah mokad disebabkan TBW / TeraByte Written (umurnya) rendah, saya memfokuskan untuk mencari SSD NVME yang memiliki TBW tertinggi.

Setelah menelusuri berbagai informasi dan melakukan perbandingan di beberapa produk pada tiap brand, saya akhirnya tertarik pada brand Transcend. Kalau di dunia gaming memang brand ini tidak banyak digunakan untuk produk jenis SSD NVMEnya, karena memang transcend dikenal fokus produknya ke ranah industri seperti perusahaan-perusahaan.

SSD Transcend M.2 MTE220S PCIe Gen 3x4 NVMe

SSD NVME yang saya pilih dari brand transcend adalah seri 220S/MTE220S dengan kapasitas yang dipilih 512GB (kodenya TS512GMTE220S untuk kapasitas tersebut), seri ini memiliki beberapa pilihan kapasitas 256GB ,512GB ,1TB, dan 2TB. saya membelinya dengan harga Rp 1.040.000. oh iya jika sobat ingin menggunakan SSD NVME, jangan lupa pastikan motherboard pada komputer atau laptop sudah memiliki slot konektor NVME, bukan M.2 Sata agar tidak ada penyesalan diawal, karena sebagian motherboard terkadang hanya memiliki slot untuk M.2 Sata, dari segi bentuk memang mirip dengan slot NVME, tapi kelau lebih teliti letak perbedaannya dari bentuk pinnya (sobat bisa mencari gambar bentuk pinnya di pencarian internet).

Masa garansi pada produk ini 2 tahun dari distributor resmi transcend yaitu PT. Alfa Artha Andhaya, memang lebih kecil dari brand lain yang rata rata diatas 3 tahun bahkan ada sampai 5 tahun yah. Jika sobat ingin melihat spesifikasinya lebih detail bisa mengunjungi situsnya.

Lalu untuk hasil kecepatan setelah dipasang bagaimana ? sudah jelas cepat sekali sob, sangat beda sekali rasanya dibandingkan menggunakan hardisk, beberapa percobaan yang saya lakukan seperti menghidupkan komputer sampai melewati booting windows sebelumnya (memakai hardisk) membutuhkan sekitar 2-5 menit, saat menggunakan NVME menjadi sekitar 20-30 detik saja. melalukan copy paste file sangat cepat. tidak hanya itu, sesekali saya melakukan editing foto atau video tiap renderingnya tidak lama.

Sebagai bukti saya menggunakan aplikasi pihak ketiga bernama CrystalDiskMark, fungsinya sebagai alat benchmark kecepatan tiap media penyimpanan yang diuji. disini saya menyertakan perbandingan antaran SSD NVME Transcend 220S dengan Hardisk 5400 RPM. Kalau dari klaim transcend berdasarkan informasi situsnya, mereka mengakui kecepatan yang dihasilkan hingga 3,500MB/s read (untuk baca data) dan 2,700MB/s write (untuk menulis data) berdasarkan pengujian menggunakan CrystalDiskMark v5.0.2. Sedangkan pengujian dari saya sendiri menggunakan CrystalDiskMark v8.0.1 hasilnya 3,400MB/s read dan 2,500MB/s write, cukup tipis dari informasi situs tersebut.

Keunggulan

Seperti biasa, selama penggunaan NVME ini saya melakukan penilaian dari kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. meski tidak banyak, setidaknya bisa membuat sobat juga tertarik untuk menggunakan Transcend MTE220S.

  1. Murah dikelasnya
  2. NVME memang terkenal mahal dari segi harganya hingga sekarang dibandingkan SSD jenis SATA, tapi untuk Transcend 220S ini menurut saya tergolong sedikit murah di kelasnya dibandingkan produk brand lain, yang mana rata-rata disekitar harga 1,3 sampai 1,6 jutaan. tapi harga mahal belum tentu kualitasnya lebih bagus dari harga murah, masih ada produk murah yang kualitas produknya bagus kok sob, salah satunya milik transcend ini.

  3. TBW Tinggi
  4. Nah sesuai pada pembahasan yang saya singgung sebelumnya, fokus utama saya adalah TBW (TeraByte Written) yaitu seberapa banyak data yang bisa di tulis oleh SSD NVME ini. dari informasi yang saya telusuri termasuk situs resmi Transcend, seri 220s ini memiliki TBW tertinggi dibandingkan produk brand lain yang mana untuk kapasitas 512GB memiliki 1100TBW. sangat besar sekali sob, karena rata-rata produk NVME brand lain memiliki TBW dibawah 1000TBW dengan kapasitas yang sama dan fitur yang sama memiliki DRAM Chace, apa itu DRAM Chace ? simak poin selanjutnya.

  5. Memiliki DRAM Chace
  6. Fitur DRAM Chace tidak semua ada di SSD ataupun NVME, kalaupun ada biasanya hanya di kapasitas besar. berdasarkan kesimpulan dari survei informasi yang saya temui, fungsi DRAM Chace ini berperan sebagai data yang pernah diakses akan tetap tersimpan secara sementara selama media penyimpanan masih beroperasi, jika data tersebut dibuka kembali proses pencarian data yang dibuka masih sama cepatnya saat data dibuka seperti awalnya. namun ketika tidak beroperasi penyimpanan sementara ini akan hilang. jadi sebagai contoh misalkan kita membuka aplikasi editing foto, kita tutup dan membuka kembali kecepatan membukanya akan konsisten dan tidak menurun.

    Peran DRAM Chace ini sangat membantu sekali pada NVME atau SSD, karena membantu dalam memperlambat berkurangnya penggunaan TBW (umur SSD), mantap sekali kan sob, sudah TBW tinggi, punya fitur DRAM Chace pula. Sayangnya tiap DRAM Chace memiliki kapasitas masing-masing, pada MTE220S ini tidak diberitahu berapa kapasitas DRAM Chacenya.

Baca juga : Review SSD Hikvision C100 3D Nand 240GB

Kekurangan

Dibalik kelebihan pasti ada kekurangan, yup sebuah produk tidak menutup kemungkinan memiliki kekurangannya juga.

  1. Tidak disertai Heatsink
  2. Semua produk SSD NVME jika bekerja berat dipastikan akan menghadapi satu masalah, yaitu SUHU PANAS. dimana sebuah problem yang pasti terjadi tidak hanya pada Transcend 220S, produk brand lain pun bakal sama. jika panas yang dihasilkan pada SSD NVME diatas normal (menurut saya 50 derajat keatas), efeknya membuat kinerja kecepatan SSD NVME akan menurun.

    Solusinya apa ? kita harus menambahkan heatsink sebagai penghantar panas agar tidak menetap di NVME, kadang hanya sebagian produk brand tertentu yang sudah memberi paket produk NVMEnya beserta heatsink, lagi-lagi sangat disayangkan pada transcend 220S tidak disertai heatsink. padahal ini masalah yang sudah jelas pada SSD NVME.

    Akan tetapi jika motherboard sobat memiliki slot SSD NVME yang sudah disertai heatsink, maka masalah ini bisa teratasi. menurut saya peran heatsink ini penting sekali, jadi pastikan sobat juga memiliki heatsinknya walaupun harus membeli lagi secara terpisah.

Oke setelah penjelasan diatas, apakah sobat tertarik menggunakan media penyimpanan NVME ? jika ya Transcend 220S salah satu rekomendasi dari saya dimana memiliki kemampuan transfer data cepat yang dapat menyaingi brand lawannya, dengan keunggulan umur TBW nya yang tinggi, disertai fitur dram chace agar lebih lama lagi keawetannya. Dan tentunya soal harga sangat murah dikelasnya. Saya yakin jika sobat selama ini pengguna setia media penyimpanan hardisk dan mencoba SSD NVME, tidak menutup kemungkinan bakalan meninggalkan pengunaan media penyimpanan jenis hardisk.

Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar