--> Skip to main content

Rekomendasi Komponen Untuk Rakit Komputer Gaming Kelas Menengah Kisaran Dibawah 8 Juta

Memiliki Personal Computer (PC) atau kalau diartikan komputer untuk kebutuhan gaming memang suatu yang di idamkan sebagian orang, termasuk saya sendiri. sejak dulu dari masa SMA selalu ingin punya PC Gaming sendiri, tapi disaat dalam proses menabung uangnya dipakai untuk hal lain yang dibutuhkan, akhirnya impian tersebut baru tercapai sekarang. tentu tidak langsung saya borong perangkatnya, melainkan saya lakukan dengan cara di cicil. Di sini maksud dari cicil bukan hutang terus bayar bulanan yah, tapi membeli perangkatnya satu per satu jika uang yang dimiliki sudah tersedia.

Proses saya dalam men-cicil ini memakan waktu 3 bulan. Menurut saya komponen yang saya pilih ini untuk kelasnya di level menengah. Sanggup dimainkan untuk game yang sedang ramai digunakan saat ini ditahun 2020 seperti PUBG Mobile, Fortnite, Point Blank, Game emulator, dan lainnya. sebagian perangkat yang saya beli ini ada kondisi baru dan bekas.

Rakit PC Komputer Gaming

(Baru) AMD Ryzen 5 2600 Gen 2 Pinnacle Ridge Wraith Cooler - 1.900.000

AMD Ryzen 5 adalah processor generasi 2 dengan codename Pinnacle Ridge yang bisa menjadi pilihan buat sobat yang ingin merakit pc kelas menengah, karena cocok untuk dimainkan game-game ditahun sekarang. kelengkapannya sudah disertai Wraith Spire Cooler / heatsink fan (pendingin), jadi sobat tidak perlu repot mencari pendingin processor lagi. untuk socket jenisnya yaitu AM4, jadi jika sobat ingin mencari mobo (motherboardnya), carilah yang dikhususkan untuk processor AMD dengan socket AM4. caranya mudah, biasanya tiap processor akan diberi tahu jenis chipset yang didukung, seperti mencari tau di website processor itu sendiri.

Alasan saya memilih processor ini karena dari segi harga murah, dan spesifikasi bisa menyaingi kompetitornya yaitu intel. processor ini sudah memiliki 6 core dengan jumlah thread 12, Kecepatan Clock 3.5-3.7 GHz, 16 MB L3 Cache dan TDP/Daya Maks. 65W.

(Baru) Asrock B450M Steel Legend - 1.525.000

Motherboard termurah dikelasnya untuk gaming dalam kondisi baru, saya pilih merek Asrock jenis chipset B450M, dengan seri steel legend. untuk sekarang harga 1,5 juta tergolong murah, apalagi arsitekturnya terkesan gaming banget dengan adanya heatsink pendingin disertai lampu RGB. motherboard ini dikhususkan untuk processor jenis AMD dengan socket AM4, jadi apabila sobat memilih rakit pc dengan jenis processor AMD, motherboard ini bisa menjadi pilihan sobat.

oh iya, seri steel legend ini ada 2 varian, yaitu B450 dan B450M, perbedaannya di beberapa desain fitur dan ukuran mobonya, B450 ini ukuran ATX lebih besar dari B450M yaitu Micro ATX. jadi sobat bisa nentuin sendiri pilih yang mana, tapi jika misalnya sobat memilih yg versi ATX carilah casing komputer yang mendukung ukuran mobo ATX (jangan sampai salah beli contohnya malah beli Micro ATX, bakalan gak muat), sedangkan jika memilih versi Micro ATX sobat bisa tetap memilih casing komputernya yg versi ATX atau sebaliknya versi Micro ATX juga bisa.

(Bekas) Geil DDR4 Evo Potenza 8GB (2x4) PC4-21330 2666MHz Dual Channel Kit - 400.000

Saya sangat beruntung mendapatkan memori ram merek Geil Evo Potenza. meski bekas, barang ini masih tergolong muda masa pemakaiannya. karena dari pengakuan penjual baru dipakai sekitar 1 bulan. Apalagi penjual membelinya di salah satu toko yang terkenal di online shop yang dijamin keasliannya. ditambah lagi, ram ini sudah dual channel kit dengan kapasitas masing-masing sebesar 4GB yang mana memang banyak digunakan untuk gaming dengan kecepatan 2666Mhz. Jenis slot ram ini yaitu DDR4, karena motherboard sebelumnya yang saya jelaskan tersedia slotnya jenis DDR4.

Baca juga : Review Mouse Logitech M221 Silent Wireless Indonesia

Kalau harga barunya ram ini rata-rata sekitar 550-600 ribuan yang setara dengan ram ternama seperti V-GEN/Kingston/Corsair dll, beruntung sekali saya mendapatkannya dengan harga 400rb. Jika sobat ingin mencari barang bekas murah yang sama seperti saya, pastikan carilah ram bekas umur pemakaian minimal 1-2 bulan. hanya saja pemakaian ram ini hanya terhitung selama 6 bulan, alasannya karena pemakaiannya selama saya bermain game dan kegiatan lainnya, memory usage (pemakaiannya) hampir penuh, untuk itu saya mencoba menambah kapasitasnya menjadi 16GB, dan pilihannya saya jatuh pada merek V-Gen, pembahasannya ada di point selanjutnya.

(Baru) V-Gen Tsunami DDR4 16GB (8GBx2) 3333Mhz Dual Channel Kit Non Led - 1.369.000

Melanjut kaitan pembahasan sebelumnya, saya mengganti ram untuk tujuan menambah kapasitas sizenya, yang sebelumnya 8GB menjadi 16GB. merek yang saya pilih V-Gen, memang V-Gen tidak seterkenal brand Ram khusus Gaming lainnya, tapi saya akui V-Gen memang sudah berubah. dan banyak reviewer mengapresiasi kualitas dari ram milik V-Gen. speed ram yang saya pilih 3333mhz, sudah tergolong cepat untuk saat ini. salah satu fitur yang saya suka adalah tersedia XMP 2.0, dimana cocok digunakan pengguna yang tidak paham cara overclock ram. contoh kasus saya pada awalnya speed ram v-gen ini di komputer saya pada setingan default yaitu 2666mhz, karena saya tidak ingin menyia-nyiakan speed yang tidak terpakai, saya overclock melalui XMP 2.0 yang sudah disediakan oleh V-Gen sebesar 3333Mhz, tinggal pilih XMP 2.0 dan settingan sudah diatur secara otomatis dan berjalan di speed 3333Mhz.

Selain itu tiap pembelian ram seri Tsunami dan Tsunami X dari V-Gen kita juga bakalan mendapat bonus baju secara cuma-cuma dengan ukuran random (tidak bisa direquest).

(Bekas) Asus DUAL RX580 8GB GDDR5 OC Edition - 1.900.000

Selanjutnya adalah VGA Card atau video grafik card, agar bisa menjalankan aplikasi yang membutuhkan grafis besar, seperti editing / main game. RX 580 bisa menjadi pilihan sobat. VGA ini seri dari milik AMD, sedangkan Asus adalah vendor yang bekerjasama dengan amd untuk membuat VGA tersebut. jika sobat mencari seri RX 580 di online shop mungkin bakalan bingung mengapa ada di tiap brand berbeda memiliki seri VGA yang sama, karena hal ini sudah wajar. tiap brand adalah vendor yang sudah memiliki izin untuk membuat VGA seri misalnya RX 580 sesuai arsitektur yang diberikan AMD. jenis slotnya yaitu DDR5 dengan kapasitas 8GB. memang rata-rata untuk sekarang VGA jenis slotnya yaitu DDR5.

Disini saya perlu peringatkan buat sobat, hati-hati dalam mencari VGA khususnya di online shop. karena terdapat beberapa hal yang bisa merugikan sobat. Carilah dalam kondisi baru, jika ingin mencari yang bekas, pastikan bekas pemakaian yang normal, karena banyak VGA bekas yang dijual bekas pemakaian bermacam-macam. seperti bekas gaming, editing, dan mining. untuk mining biasanya sering bermasalah. karena VGA digunakan dengan performa yang sangat maksimal, sehingga bisa membuat umurnya menjadi pendek.

Selanjutnya garansi, banyak VGA yang dijual murah padahal dalam kondisi baru. namun ternyata yang membuat murah adalah garansinya yang bukan dari dalam negeri, melainkan luar negeri (barang impor). keuntungan VGA Card dengan garansi luar memang dari harganya yang murah, namun kekurangannya apabila jika sobat ingin melakukan upgrade VGA dan ingin menjualnya kembali harganya bakal lebih murah daripada VGA bekas dengan garansi resmi dalam negeri.

(Baru) PSU Corsair VS 550 Series 80 Plus - 500.000

Untuk soal daya saya menggunakan power supply merek Corsair VS Series dengan pilihan 550 watt, lumayan besar karena ini disebabkan VGA Card yang saya gunakan mewajibkan PSU minimal 500 watt keatas (VGA dari AMD kebanyakan memiliki daya besar), PSU adalah hardware yang paling utama untuk memberi daya pada semua komponen di komputer sobat, seperti motherboard, ram, processor, VGA, dan aksesoris seperti kipas pendingin dan lampu jika sobat ingin menambahnya. jadi pastikan sobat carilah PSU yang bukan abal-abal, minimal PSU itu bermerek sudah dikenal dan banyak digunakan, seperti Corsair ini, PSU ini sudah dibekali sertifikat 80 Plus, artinya sudah mendukung hemat daya penggunaannya.

Sobat jika menemukan PSU yang dirasa ingin dibeli dengan spesifikasi yang memiliki sertifikat 80 Plus, baik itu white, bronze, gold, platinum. pastikan PSU tersebut sudah terdaftar di website sertifikatnya secara resmi, bisa lihat di halaman Plug Load Solutions

Untungnya saya mendapatkan PSU Corsair ini dalam keadaan murah, milik orang yang sudah open box tapi tidak jadi dipakai dan masih dalam keadaan baru. harga pasarannya di online shop untuk baru kisaran 750.000 - 800.000

(Baru) Case VenomRX Thanos Micro ATX Tempered Glass - 440.000

Untuk casing pc sobat boleh menggunakan merek lain, karena selera orang lain bisa berbeda-beda. tapi untuk PC gaming pastikan sobat memiliki hal penting untuk memilihnya. Yaitu wajib memiliki ventilasi udara yang cukup, karena pc gaming biasanya memiliki proses yang besar sehingga membuat perangkat cepat panas, otomatis dibutuhkan ventilasi udara untuk mengeluarkan udara panas dari dalam.

Contohnya Casing merek VenomRX seri Thanos ini, ventilasi udaranya tidak hanya dibelakang, bagian lain juga ada seperti diatas, depan dan bawahnya tersedia. sayangnya Casing ini hanya mendukung jenis Motherboard ukuran Micro ATX dan Mini ATX, untuk jenis mobo Standard ATX tidak bisa.

Untuk kabel management dari casing ini lumayan lega dan sangat cocok sekali untuk power supply yang jenis kabelnya pipih. Sedangkan Build quality sudah terjamin kokoh, bagian depan terdapat lampu RGB garis vertikal yang bisa diganti ganti warnanya, panel sisi kirinya terdapat kaca transparan yang membuat komponen didalam komputer mudah terlihat, dan diakui dari pihak VenomRX kaca ini berjenis tempered glass.

(Bekas) Hardisk Laptop Toshiba 320GB - ???

Untuk media penyimpanan sebenarnya saya tidak membelinya, makanya diketerangan diatas harganya tanda tanya. saya menggunakan hardisk laptop saya yang tidak terpakai dengan kapasitas 320GB merek toshiba. kalau di pasaran harganya sekitar 150rb-250rb. kecepatannya yaitu 5200Rpm, sangat lambat memang, dan tidak cocok digunakan untuk membaca data yang cepat seperti editi video dan foto, saya sarankan beli saja hardisk baru agar dalam hal kecepatan membaca masih fresh, dan kecepatannya 7200rpm, Kalau perlu sobat membeli jenis SSD agar lebih cepat lagi dalam hal membaca ataupun menulis data.

Baca juga : Review SSD Hikvision C100 3D Nand 240GB

Dari total komponen komputer diatas, kalau dihitung-hitung totalnya sebesar 7,6 juta lebih, itupun kalau kita menggunakan ram sebesar 16GB dan menggunakan hardisk bekas pribadi. berbeda jika menggunakan ram sebesar 8GB, mungkin bisa lebih murah. tapi dari total tersebut komputer belum sepenuhnya dapat beroperasi, karena masih ada lagi perangkat aksesoris tambahan lainnya agar komputer dapat dijalankan.

Perangkat Tambahan

Untuk bagian aksesoris ini bisa sobat tentukan sendiri, karena ini hanya alternatif jika sobat ingin mencari kebutuhan yang sama seperti saya. dan ini tidak termasuk hitungan pada rakit PC pembahasan diatas.

(Baru) Mouse Logitech M221 Silent Wireless Indonesia - 155.000

Mouse yang saya gunakan saat ini sudah lama sekali pemakaiannya. Merek yang saya gunakan adalah Logitech seri M221 Silent. Salah satu keunggulan mouse ini tidak menggunakan kabel, melainkan wireless. dan juga memiliki fitur silent, sehingga setiap klik kita tidak terdengar. Saya sudah menggunakan mouse ini 1 tahun lebih, baterai masih bawaan asli dari mouse ini.

(Baru) Monitor Armaggeddon Pixxel+ Pro PF22HD Black - 1.414.000

Armaggeddon memang masih awam dikenal karena brand pendatang baru dalam kebutuhan gaming pc. Tapi saya akui sudah bisa menandingi brand ternama. Tipe yang saya beli Pixxel+ Pro PF22HD warna black, ini cocok untuk gaming, karena spesifikasinya sudah mendukung respone time 5ms dengan refresh rate 75hz. layar flat ini memiliki ukuran 21.5 inch dengan resolusi Full HD 1920 x 1080.

Panel yang digunakan AHVA (diakui setara panel IPS). Desain dari kaki monitor ini simpel namun bahan materialnya kokoh karena terbuat dari besi. untuk slot port yang tersedia 2 buah yaitu 1 HDMI dan 1 VGA.

Untuk harga sekarang monitor ini semakin turun dipasarannya, apalagi jika membeli di toko officialnya kadang sobat bisa mendapatkan bonus.

(Baru) Keyboard Imperion Sledgehammer 7 - 115.000

Keyboard gaming ini seperti keyboard gaming pada umumnya, menurut saya cukup saja untuk kebutuhan gaming maupun pengetikan biasa. bisa diatur tingkat kecerahan cahaya pada keyboard dan mengganti mode warna. kabel nya sudah dilindungi benang nilon yang lumayan tebal.

(Bekas) Webcam Logitech C922 Pro - 850.000

Webcam ini sebenarnya tidak wajib jika sobat tidak memerlukannyam, ini hanya alternatif saran jika sobat memang membutuhkannya. Kalau saya pribadi, webcam digunakan untuk streamer di facebook. sebenarnya webcam yang saya gunakan pertama bukan merek Logitech seri C922 Pro, melainkan merek NYK. alasannya karena harga murah, dan saya penasaran sama kualitasnya di beberapa contoh di youtube. namun disaat modal sudah cukup saya membeli merek Logitech, beruntungnya saya mendapatkannya dalam kondisi bekas dengan harga Rp 850.000 tapi masih mulus (hanya penyok di kemasan kotaknya). Kalau dari segi kualitas memang tidak diragukan. sudah mendukung kualitas 1080p dengan 30 fps, di 60 fps sebenarnya bisa, tapi hanya bisa untuk kualitas 720p. Kelengkapan webcam ini juga disertai Tripod mini.

(Baru) Webcam NYK Nemesis Night Hawk A80 960P HD - 198.000

Seperti point sebelumya, NYK adalah webcam pertama yang saya gunakan sebelum menggunakan Logitech C922 Pro. serinya adalah Nemesis Night Hawk A80 960P HD. meski kualitasnya tidak sebaik brand ternama seperti logitech ataupun razer. webcam ini sangat mudah dalam pemasangannya, tinggal sambung kabel USBnya ke komputer sudah bisa berjalan. hanya saja tidak ada pengaturan lebih dalam terutama software yang disediakan. terdapat 1 fitur yang disediakan pada webcam ini, dibagian kameranya bisa kita putar untuk mengatur tingkat fokus dari webcam ini. seperti judulnya, kualitas terbaik resolusinya yaitu 960p dengan 30 fps. kekurangan webcam ini hanya di tingkat pengoptimalan di pencahayan. sangat disarankan gunakan penerangan agar wajah sobat terlihat jelas dan tidak terjadinya noise dalam pengambilan video.

Fantech MP292 Vigil Waterproof Mousepad Gaming

Untuk alas mouse saya menggunakan Fantech MP292, dengan ukuran 290x250x3mm, karena lebarnya sudah pas banget dengan meja saya. saya rasa untuk mousepad tidak perlu yang mahal-mahal, karena hanya diperuntukkan sebagai alas mouse agar bisa digunakan.

Kesimpulan

Jadi itulah daftar komponen komputer gaming milik saya, yang bisa menjadi rekomendasi buat sobat apabila ingin build pc komputer gaming, bahkan spesifikasi ini juga cocok multimedia dan streaming. tiap komponen bisa sobat cari dengan kondisi baru, tapi tentu harganya bakalan lebih mahal, namun terjamin dengan garansinya. berbeda dengan kondisi bekas pakai yang kadang ada garansinya sudah habis, dimana akan membuat sobat khawatir jika salah satu komponennya bermasalah karena tidak bisa mengajukan klaim garansi.

Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar