Skip to main content

Ingin Sukses Menjadi Relationship Officer di Perbankan? Ikuti Kiat Ini

Pekerjaan di bank masih terus menjadi incaran masyarakat di Indonesia terlebih lagi lulusan baru. Bank selalu membuka lowongan besar-besaran setiap tahunnya untuk memberikan kesempatan bagi anak muda Indonesia. Salah satu posisi yang banyak diminati adalah relationship officer. Mengapa? Karena posisi ini terbuka untuk mahasiswa yang lulus dari jurusan manapun.

Seorang yang bekerja sebagai relationship officer di dunia perbankan memiliki tugas dan tanggung jawab yang cukup besar. Kamu akan bekerja untuk menganalisa pasar kredit, menjalin hubungan dengan nasabah, memberikan solusi kredit bagi nasabah dan membantu unit kerja lainnya. Program relationship officer BCA telah dibuka untuk kamu yang ingin belajar lebih lanjut tentang layanan bank dan mendapatkan jaringan luas.

Kiat Sukses Menjadi Relationship Officer di Dunia Perbankan

Menjadi seorang relationship officer di bank BCA membuka peluang besar dalam mengembangkan diri. Tak heran jika setiap tahunnya banyak fresh graduate yang berlomba-lomba untuk mendaftar. Apakah kamu salah satunya? Jika iya, sebaiknya persiapkan diri kamu untuk mendaftar posisi relationship officer BCA.

Ketika nantinya diterima kamu tentu harus mengembangkan skill yang dimiliki. Bagaimana cara sukses di posisi ini hanya kamu yang bisa berusaha. Kiat-kiat berikut ini akan membantu kamu untuk menjadi seorang relationship officer yang sukses.

  1. Mempelajari semua produk perbankan
  2. Saat berhasil diterima, pertama kali yang harus dilakukan adalah menghafalkan semua produk perbankan yang dimiliki. Khususnya mengenai produk kredit yang akan menjadi solusi bagi nasabah yang membutuhkan modal usaha.

    Supaya nantinya ketika kamu bertemu dengan nasabah sebagai relationship officer mampu menjawab pertanyaan dengan detail. Apalagi kamu menawarkan produk sebagai perwakilan dari perusahaan. Menguasai produk adalah kewajiban yang harus dilakukan dengan cepat.

  3. Tepat dalam menganalisis pasar
  4. Analisa harus terus dilakukan untuk mengetahui mana saja nasabah yang membutuhkan produk perbankan secara tepat. Dalam program relationship officer BCA kamu akan mengetahui nasabah mana saja yang memiliki potensi baik berdasarkan berbagai macam kategori.

    Kemampuan analisa relationship officer berpengaruh terhadap target sales dan marketing. Jadi kamu harus mempelajarinya secara teliti. Jangan ragu untuk bertanya ketika kamu masih belum bisa menganalisa karena dengan bertanya kamu akan tahu cara yang tepat.

  5. Kuasai kemampuan public speaking
  6. Bagaimana kemampuan berbicara di depan banyak orang atau ruang publik akan menentukan keberhasilan sebagai relationship officer. Tanggung jawab utamamu adalah membangun hubungan dengan nasabah, otomatis akan banyak orang yang mendengarkan penawaran.

    Kamu harus bisa membuat orang lain percaya dengan penjelasan dan tidak gugup dalam menyampaikan. Kemampuan ini juga menjadi syarat utama agar bisa berhasil menempati posisi relationship officer BCA.

  7. Melatih kemampuan negosiasi
  8. Selain public speaking kemampuan lain yang harus terus dilatih adalah negosiasi. Kamu akan menawarkan produk kepada nasabah, maka penting sekali mengetahui karakteristik lawan bicara.

    Menguasai produk perbankan saja tak cukup jika kamu tidak bisa bernegosiasi dengan baik. Supaya negosiasi berhasil, jaga sikap dan perilaku supaya nasabah memiliki kepercayaan. Kenali siapa dan apa target yang ingin kamu capai akan memperlancar negosiasi sebagai relationship officer.

    Tenang saja dan tak perlu ragu untuk mendaftar sebagai ke posisi ini di bank BCA. Karena selama bekerja kamu akan mendapatkan bimbingan selama satu tahun dan jaringan yang luas. Karir di dunia perbankan pun terbuka lebar, bagi kamu yang tertarik mengembangkan diri. Selamat mencoba!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar