Skip to main content

follow us

Dalam dunia komputer, mouse adalah salah satu perangkat keras yang banyak dibutuhkan hingga saat ini. Salah satu jenis yang sekarang dominan digunakan adalah optical mouse. Mouse banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti kegiatan normal atau bahkan gaming.

Bicara mengenai kenyamanan tidak semua mouse sesuai dengan yang dibutuhkan. seperti halnya suara klik setiap kita menekan tombol pada mouse. Mungkin mengenai suara klik ini tidak dipermasalahkan, tapi bagaimana jika mouse digunakan untuk suasana yang tenang, bahkan tidak diperbolehkan untuk ribut di ruangan, tentu hal tersebut menjadi sangat mengganggu.

Baca juga : Review Baseus & UGREEN Kabel Data Micro USB Mirip Type-C

Untuk itu saya mencoba mencari mouse yang memiliki fitur yang tidak menghasilkan suara setiap kliknya, ditambah lagi kebetulan saya sangat membutuhkan mouse dengan spesifik tersebut, dan juga bakal saya jadikan pembahasan di blog sebagai ulasan pada artikel ini. Setelah mencari di berbagai situs online shop, pilihan saya jatuh pada merek Logitech.

Logitech M221 Silent Mouse Wireless

Tipe seri yang saya pilih adalah M221, versi terbaru dari pendahulunya M220. Sesuai pada topik pembahasan, M221 memiliki keunggulan utama yaitu fitur silentnya yang diyakini dapat meredam suara klik hingga 90%.

Saya pun mencoba membuktikan dari pengakuan Logitech, dan hasilnya adalah benar, suara klik pada mouse m221 ini benar-benar tidak terdengar, kecuali kita mendekatkan jarak telinga ke mouse, masih terdengar suara klik yang kecil. Ditambah lagi produk ini memiliki Garansi jaminan perangkat keras terbatas 3 tahun.

Pilihan Warna dan Isi Kemasan

M221 tersedia 3 macam warna, diantaranya adalah Charcoal, Blue, dan Red. Saya sendiri memilih warna red. tidak seluruhnya itu hanya 1 warna, sebagian ada balutan warna hitamnya.

Meski kemasannya tergolong sederhana, karena tidak dikemas didalam kotak melainkan plastik, hal ini bukan menjadi masalah. Pada kelengkapan mouse ini tersedia diantaranya mouse, nano receiver, 1 baterai AA (pra-instal), dan kertas dokumentasi pengguna. untuk nano receiver dan baterai, sudah ada didalam mouse, kita tinggal membukanya di bawah mouse dengan cara menggeser sesuai arah panah pada mouse.

Spesifikasi Teknikal

Tipe Koneksi Koneksi wiereless 2,4GHz
Jangkauan wireless 10 meter
Connect / Power Ya, tombol on/off
Rincian Baterai 1 x AA
Daya tahan baterai hingga 18 bulan* (*tergantung pengaturan komputasi, pola penggunaan, dan kondisi lingkungan sekitar)
DPI (Min./Maks.) 1000±
Teknologi sensor Logitech Advanced Optical Tracking
Resolusi sensor 1000 dpi
Scroll Wheel Ya, 2D, optik
Jumlah tombol 3
Tombol Standar dan Spesial Klik tengah

Persyaratan Sistem

Windows RT, Windows 7, Windows 8, Windows® 10 atau versi terbaru
Mac OS X 10.5 atau versi terbaru
Chrome OS™
Linux Kernel 2.6+2
Koneksi : menggunakan Port USB.

Cara menggunakan

Cara mengoperasikan mouse M221 ini sangat mudah, alasannya karena kita tidak membutuhkan instalasi software.

  1. Pertama baterai pada mouse diwajibkan sudah dalam keadaan terpasang.
  2. Lalu kita tinggal mengambil nano receiver di dalam mouse dan mencolokkannya ke port usb laptop / komputer
  3. Selanjutnya dibawah mouse jangan lupa kita geser tombol menjadi ON untuk menghidupkan mouse
  4. Otomatis pada laptop / komputer akan membaca perangkat mouse, disini akan menginstal driver jika mouse baru pertama kali digunakan
  5. Cukup menunggu proses instal driver selesai hingga bisa kita gunakan

Kekurangan M221

Mouse ini tentu tidak hanya saya bahas keunggulannya, kekurangannya pun saya coba cari pada produk ini. sesuai dengan pengalaman saya dan beberapa orang terdekat yang mencoba menggunakan mouse ini, kekurangannya terletak pada ukuran dimensinya.

Dimana ukurannya yang tergolong kecil dengan dimensi tinggi 99 mm x lebar 60 mm x tebal 39 mm, sehingga kurang nyaman untuk digunakan pengguna yang memiliki tangan besar. Dari pengakuan orang terdekat saya yang memiliki ukuran tangan besar, mereka mengakui setelah memakai mouse ini sekitar setengah jam, membuat pergelangan tangan menjadi letih atau bahkan sakit. berbeda dengan saya yang memang tangan kecil sangat cocok saya gunakan dan tidak merasakan rasa letih ataupun sakit.

Baca juga : Sejarah Toyota Hiace Dari Masa Ke Masa

Kesimpulan

Itulah review dari saya mengenai logitech m221 silent wireless, mouse yang memiliki keunggulan dalam fitur silent dimana setiap kali tidak terdengar suara kliknya pada mouse, harga yang saya dapatkan seharga 155 ribu rupiah (belum termasuk ongkos kirim). Jika sobat ingin membelinya, bisa melalui halaman berikut. Sayangnya mouse ini memiliki satu kekurangan, yaitu ukuran dimensinya kurang nyaman apabila digunakan bagi pengguna yang memiliki tangan besar, karena jika digunakan akan membuat pergelangan tangan letih.

Informasi lebih lanjut bisa membuka di website resmi Logitech

Sobat mungkin tertarik artikel lainnya:

Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Kolom Komentar