Skip to main content

follow us

Kabel data saat ini banyak pilihan nama brandnya, dari yang terkenal hingga brand yang baru diperkenalkan. Jenisnya pun ada diantaranya seperti Micro USB dan USB Type-C. Perlu sobat ketahui Saat ini Type-C sudah mulai banyak digunakan pada smartphone yang sudah mendukung fitur quick charger atau dalam istilahnya pengisian daya cepat.

Ditambah lagi keunikan USB Type-C ini pada ujung kepalanya yang memiliki bagian sisi bawah dan atas yang sama, berbeda dari micro usb memiliki sisi bagian atas dan bawah yang berbeda, sebutan istilah pada usb type-c ini disebut dengan reversible, yaitu jika kita memasang terbalik pun kabel usb tetap bekerja.

Baca juga : Sejarah Toyota Hiace Dari Masa Ke Masa

Tapi saat ini saya baru mengetahui sebuah inovasi yang unik dari beberapa brand pembuat kabel data. Yaitu mereka mencoba meniru sifat reversible dari usb type-c untuk diterapkan pada micro usb. Jadi tidak hanya type-c yang bisa memasang kabel usb bolak balik ke smartphone, tapi micro usb juga bisa.

Saya menemukannya pada sebuah situs online shop, dan tertarik untuk membelinya. Terdapat 2 brand yang saya pilih sebagai ulasan. Pertama adalah BASEUS dan kedua UGREEN.

BASEUS Data Cable Reversible


BASEUS mungkin brand ini belum sobat tau, sayapun demikian. Karena brand ini dibuat oleh perusahaan yang berasal dari Tiongkok. Jadi wajar negara ini memang terkenal memiliki banyak nama brand yang memproduksi barang bermacam-macam, saking banyaknya membuat bingung negara lainnya.


Tapi balik lagi bicara mengenai kabel USB, BASEUS mempunyai produk kabel yang memiliki fisik reversible yang saat ini saya bahas. Pada ujung kepala kabelnya bisa kita hubungkan ke smartphone tanpa harus khawatir akan terbalik posisinya. Karena fisik reversiblenya yang seperti usb type-c.

Selain itu pada bagian build qualitynya baik dan kuat, alasannya pada luar kabel memiliki pelindung kain seperti celana jeans, sehingga tidak membuat kabel mudah kusut dan lebih awet.
Bentuk Kepala USB Reversible
Bahan pelindung luar kabel seperti dari bahan jeans, kuat dan tidak mudah kusut.
Pada keterangan kemasannya bisa sobat lihat bahwa kabel ini sudah mendukung quick charge, tapi sayangnya tidak diberi informasi lebih detail sampai mana mendukung versi quick chargenya. Tapi menurut saya sepertinya maksimal hanya sampai mendukung quick charge 2.0.

Panjang kabel ini ada pilihan 50cm dan 100cm, warna tersedia biru dan hitam. Saya membelinya di situs online shop JD.ID dengan yang tersedia panjang 100cm berwarna hitam, harga 39.000 rupiah, kebetulan saat itu promo jadi saya mendapat diskon setengahnya.

Baca juga : Review Ulasan CCTV Xiaomi Xiaofang 1s 1080P

UGREEN Reversible Micro USB Cable


Selanjutnya adalah brand UGREEN, kalau ini menurut saya memang sudah dikenal banyak orang. Asal negara juga sama dengan produk sebelumnya, dan kabel data dari UGREEN memiliki kepala fisik reversible.


Namun ada keunikan lagi pada kabel data ini, selain kepala micro usbnya yang sudah reversible, bagian USB-A nya juga memiliki fisik reversible. Jadi kita tidak perlu harus khawatir untuk selalu melihat disaat menghubungkan kabel ke smartphone ataupun kabel ke kepala chargernya.
Bentuk Kepala USB Reversible.
Bagian USB-A untuk menghubungkan ke charger juga memiliki fisik reversible yang mana bisa dibolak balik.
Warna pada konektornya ini berwarna gold (emas), membuat terkesan nilai dari kabel ini premium. Tapi sayangnya bagian luar kabelnya hanya berlindung plastik. Sehingga kesan premiumnya hanya 50:50.


Kabel ini tersedia pilihan panjangnya, yaitu 50cm, 1m, 1,5m dan 2m, untuk warna ada Merah muda atau hitam. Di situs online shop yang saya beli hanya tersedia 1m berwarna hitam. Jika sobat juga ingin memilikinya seperti saya bisa membelinya di JD.ID dengan harga 49.000 rupiah.

Sobat mungkin tertarik artikel lainnya:

Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Kolom Komentar