Skip to main content

follow us

Mobil Toyota Hiace memang sangat melegenda di Indonesia. Pada tahun 70 hingga 90 an, biasanya mobil ini dapat ditemukan dalam desain kendaraan pick-up. Meski sempat berhenti beberapa tahun, pihak Toyota Astra Motor akhirnya kembali merilis mobil komersial dalam bentuk mini bus. Mobil ini menggunakan mesin diesel yang memiliki kapasitas sama dengan fortuner diesel hilux. 2,5 liter tanpa VNT.

Sejarah Toyota Hiace


Toyota Hiace merupakan sebuah kendaraan yang diproduksi oleh Toyota dibawah brand auto2000.co.id. mobil ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1967 dengan model taksi, pick-up, van, dan kendaraan komuter. Mobil-mobil tersebut dipasarkan dua tahun setelah pengenalan Nissan Homy. Karena mudah sekali berkarat apabila terkena pergantian cuaca, maka mobil ini sangat jarang sekali ditemukan.

Mobil Van Hiace ini pertama kali dijual di pasar eropa dan sebagian diekspor ke Afrika. Kedua benua ini menggunakan mobil jenis ini sebagai angkutan umum. Mobil Toyota Hiace pada generasi ini juga dikenal di Sri Lankaa sebagai Rukmani. Hal ini disebabkan bahwa konon penyanyi dan aktris terkenal bernama Rukmani Devi sedang melakukan sebuah perjalanan dan mengalami kecelakaan setelah bertemu mobil ini.

Generasi kedua mobil Toyota Hiace diluncurkan pada tahun 1977 dengan kabin lebih ramping dan menggunakan lampu tunggal. Selain menggunakan bensin, mobil ini juga menawarkan penggunaan mesin diesel 2,2 liter pada pasar-pasar tertentu. Setelah generasi ketiga dirilis pada tahun 1982, varian tertentu pada mobil generasi ini masih tetap diproduksi hingga beberapa tahun ke depan. Sama halnya dengan generasi pertama, tipe ini juga sangat jarang ditemukan di pasaran.

Terobosan baru pada generasi ketiga meluncurkan truk Toyoace dengan kebin umum lebih besar. Selain itu, generasi ini juga mengeluarkan truk pick-up Hiace bertipe van. Nomor model van sendiri berisi informasi mengenai wheelbase dengan berbagai spesifikasi. Sebanyak 50 jenis van memiliki seri wheelbases pendek, sedangkan 60 jenis van lainnya memiliki wheelbases jenis lama. Tak hanya itu, sebanyak 70 seri memiliki wheelbases super panjang. Sementara itu, The Longue Toyota Mobile ditampilkan di motor Tokyo show pada tahun 1987 dan didesain ulang pada tahun 1989. Mobil-mobil pada generasi ketiga ini berlangsung hingga pertengahan tahun 1990 an dan merupakan generasi Hiace yang bertipe pick-up.

Model generasi keempat ini muncul pada tahun 1989. Mobil-mobil tersebut tersedia dengan wheelbase standar dan panjang. Hiace pada generasi ini hanya dibuat dalam bentuk van dan minibus saja. Di jepang sendiri Hiace hadir dalam versi van mewah super lounge dan mesin penggerak 4WD. Hiace pada generasi ini merupakan produk yang sangat sukses dan laris di Australia.

Pada generasi kelima, mobil Hiace memindahkan tuas transmisi Hiace ke dasbor mobil. Hal ini bertujuan untuk mempermudah gerak di dalam kabin. Transmisi yang tersedia diantaranya manual 5 percepatan dan otomatis 6 percepatan. Semua model tersebut menggunakan mesin 4 silinder DOHC.

Itulah pembahasan mengenai sejarah dari kendaraan Toyota Hiace, kendaraan yang sampai saat ini masih eksis saat ini sejak diluncurkan tahun 60an.

Sobat mungkin tertarik artikel lainnya:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Kolom Komentar