Skip to main content

follow us

Untuk meramaikan pengunjung Blog, Salah satu faktor yang berperan penting adalah Domain. Terdengar sederhana, namun faktanya memang sudah banyak terbukti dikalangan beberapa blogger, terutama para pemain yang sudah senior.

Baca juga : Cara Redirect Url Artikel Lama ke Artikel Baru di Blogger

Alamat Domain Blog bisa berperan besar karena memiliki faktor yang mempengaruhinya, diantaranya adalah :

1. Membangun Internal link



Internal Link cara mudah bahkan bisa dibilang gratis untuk melakukannya, Karena hanya dengan mamasukkannya ke halaman konten yang ada di blog itu sendiri, sudah menjadi penilaian positif dari mesin pencari seperti Google dan Otomatis nilai suatu alamat domain blog menjadi meningkat.

Namun kita tidak harus selalu menggunakan alamat utama blog (yang menuju home) sebagai internal link. Kita bisa juga menggunakan artikel blog sebagai backlink internal.

2. Membangun Backlink


Backlink berbeda dengan internal link, karena cara menyelipkannya diluar konten yang kita miliki. Bisa dibilang kita menaruh alamat domain blog kita di web / blog milik orang lain.

Tentu cara ini sedikit tidak mudah, beberapa alasan diantaranya pemilik blog kadang tidak memberi izin link aktif ada di blognya, karena takut mempengaruhi nilai blog dia sendiri. Kalaupun ada besar kemungkinan link tersebut nofollow.

Oleh sebab itu mungkin sobat pernah melihat, ada beberapa orang yang rela membayar agar bisa menaruh backlink dofollow yang menuju blognya. Dampak positif backlink dofollow ini bisa besar sekali sob, misalnya jika blog yang memberi akses backlink tersebut memiliki pengunjung yang besar, besar kemungkinan akan dikunjungi link tersebut, ditambah lagi jika konten tersebut memiliki topik yang sama pasti sangat cepat akan ramai pengunjung.

3. Mengaktifkan SSL



Berikutnya adalah SSL, lebih dikenal dengan HTTPS. Dalam dunia blogging SSL adalah solusi untuk meningkatkan kepercayaan pengunjung. Karena berfungsi untuk melindungi data, pemalsuan pesan, Hingga Virus yang berbahaya.

Bahkan sebagian browser populer sudah dapat menandai situs yang belum mengaktifkan SSL, Ditambah lagi kadang bisa melakukan pemblokiran otomatis apabila blog dinilai tidak aman. SSL bisa dibilang sangat wajib digunakan terutama seperti web penjualan online, karena dapat mengamankan data pembelinya.

Dari Google sendiri mengatakan bahwa keamanan dengan SSL merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi peringkat SEO suatu web / blog. Jika ingin menggunakan SSL ini sobat bisa membelinya, saya merekomendasikan sobat untuk beli SSL di Hostinger karena harganya murah, apalagi ada jangka waktu seumur hidup dengan 1 kali pembayaran.

4. Menggunakan Domain TLD dan Unik


Faktor terakhir yang bisa menentukan banyaknya pengunjung adalah ekstensi domain blog yang digunakan. Mengapa bisa ?

Berikut penjelasannya, sebagai contoh misal saya ingin mencari informasi mengenai suatu review produk melalui mesin pencarian, terdapat beberapa pilihan dengan alamat domain yang ditampilkan ada domain TLD, ada juga yang menggunakan domain gratisan.

Tentu saya akan memilih alamat domain yang sedikit berkelas (domain TLD) karena si pembuat konten terlihat sedikit memberi gambaran bahwa informasi yang diberikan benar-benar sesuai dan tidak menjebak hanya karena domain, ditambah pada domain tersebut memiliki kata kunci yang berkaitan dengan topik yang dibahas, sudah pasti pengunjung memilih blog yang ber-domain unik tersebut.

Baca juga : Alasan mengapa harus mengganti Domain Blog menjadi Domain Custom

Berbeda dengan domain gratisan, pasti sebagian pencari informasi seperti saya akan beranggapan bahwa isi informasi yang dipublikasi memiliki sifat sama seperti domain yang digunakan (gratisan). faktanya memang saat ini orang beranggapan seperti tersebut, domain yang berkelas akan lebih terpercaya dibandingkan domain yang masih gratisan.

Kesimpulan


Itulah pembahasan dari saya mengenai Faktor penting yang berkaitan dengan Alamat Domain Blog Agar banyak Pengunjung. Dari 4 point diatas, menurut saya masih bisa dilakukan dengan mudah terutama blogger pemula yang ingin mengoptimalkan blognya. Mohon maaf apabila ada kesalahan kata, dan jika ada yang ingin ditanyakan silahkan ajukan melalui kolom komentar dibawah.

Sobat mungkin tertarik artikel lainnya:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Kolom Komentar