Skip to main content

follow us

Di artikel ini admin akan membahas mengenai Domain, namun buat sobat yang masih belum mengetahui apa itu domain akan sedikit diberi penjelasannya dan penjelasan berikut berdasarkan pemikiran admin sendiri sesingkat mungkin namun dapat dipahami.

Domain adalah sebuah nama alamat blog yang berisi IP untuk mengedentifikasi sebuah blog biasanya berupa nomor-nomor agar pengunjung bisa mengakses terhubung dengan web server. namun untuk sekarang tidak menggunakan cara tersebut, domain sekarang sudah banyak menggunakan kombinasi huruf dan angka yang diawali http:// atau kalau dibaca disebutHypertext Transfer Protocol dan diakhiri ekstensi domain tersebut.

Setiap Platform memberi kebebasan untuk mengganti domain gratis bawaan seperti mengganti domain blogspot salah satu platform yang admin gunakan pada blog ini. contohnya yaitu http://numpangjejak.blogspot.com menjadi https://www.numpangjejak.com 

Nah di domain itu ada beberapa jenis, diantaranya seperti TLD. TLD adalah singkatan dari Top Level Domain yang berekstensi tingkat atas seperti .com .net .biz .org dll, domain ini paling banyak digunakan seluruh pengguna blog maupun website. lalu domain ID, ini domain khusus negara Indonesia berekstensi .id .my.id .web.id .co.id .ac.id tak hanya indonesia, hampir sebagian negara memiliki ekstensi sendiri seperti negara tetangga kita malaysia yaitu .my dan filiphina .ph

Baca juga : Cara mengganti domain blogspot di Niagahoster

Lalu apakah merubah domain blog menjadi domain custom merupakan hal yang wajib dilakukan ?

Jawabannya adalah tentu wajib, jika sobat memang memiliki fokus dalam mengembangkan sebuah blog, domain salah satu langkah yang wajib diperhitungkan.

Selain wajib, ada beberapa alasan lainnya di artikel ini diantaranya yang saya berikan berdasarkan penilaian pribadi :

Mudah dan selalu di ingat


Jika sobat memiliki isi konten yang bermanfaat atau menarik, pasti selalu dikunjungi oleh banyak pengguna internet, karena sering dikunjungi tersebut lama-lama mereka menjadi pembaca setia yang pada akhirnya alamat domain blog sobat selalu di ingat.

Tidak Murahan


Blog yang memiliki domain custom pasti berbeda dengan domain gratis seperti berekstensi sub domain .blogspot.com dan .wordpress.com yang dimiliki wordpress. Domain custom bisa saja dianggap pengguna internet maupun mesin pencarian google sebagai blog berkelas. sudah banyak pembaca yang beranggapan blog yang masih menggunakan sub domain adalah konten yang biasa saja.

SEO Friendly


Blog yang beralamat domain custom memiliki tingkat kepercayaan yang baik dimata Google, apalagi salah satu faktor penentu SEO pada ranking di SERP. sehingga sobat bisa bersaing dengan blog lainnya.

Diketahui tanpa diberitahu


Maksud dari hal tersebut adalah jika sobat orang yang sangat dikenal oleh orang lain ataupun memiliki nama produk terkenal,  orang-orang akan mencari tahu biasanya dari nama sobat atau nama produk sobat. salah satu diantaranya adalah melalui blog atau web. biasanya yang paling banyak dicari dalam benak pikiran orang seperti contohnya namasobat.com namasobat.id. Tanpa diberitahu lewat promosi pengunjung datang dengan sendirinya. namun itu tergantung dari bantuan mesin pencarian google untuk merekomendasikan nama domain yang mendekati dan ekstensi domain sobat.

Masih banyak alasan yang bisa admin beritahu, pada intinya empat point tersebut yang paling penting kenapa domain sangat berpengaruh pada blog.


Salah satu penyedia yang admin rekomendasikan untuk membeli domain murah adalah Niagahoster, admin sendiri membeli domain .com untuk blog ini di Niagahoster.

Baca juga :Review ulasan membeli domain di Niagahoster

Sobat bisa mengunjunginya melalui gambar Niagahoster diatas atau link berikut Niagahoster yang sudah admin sediakan. Gunakan kode kupon a-numpangjejak untuk mendapatkan potongan harga khusus saat membeli hosting.

Sekian dari pembahasan mengenai Alasan mengapa harus mengganti Domain Blog menjadi Domain Pribadi Semoga membantu wawasan mengenai blog buat sobat jika ingin mengembangkannya lebih dalam. jika artikel ini bermanfaat sobat bisa membantu saya untuk men-share artikel ini ke akun sosial media sobat dan memberitahu teman-teman terdekat. jangan lupa sertakan sumber dari NumpangJejak.com

Sobat mungkin tertarik artikel lainnya:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Kolom Komentar