Skip to main content

follow us

Banyak berbagai macam cara agar artikel bisa tetap bertahan di page one (halaman pertama). Diantaranya dengan membuat artikel tidak kadaluarsa atau usang. Yang dimaksud "kadaluarsa" adalah membuat waktu perilisan artikel menjadi terbaru, dengan cara mengubah tanggalnya.

Hal ini dikarenakan tidak sedikitnya pembaca konten untuk mencari artikel berdasarkan tanggal terbaru. Sebagian dari mereka beranggapan bahwa artikel lama sudah tidak layak untuk dijadikan bahan referensi mereka.

Karena artikel lama tersebut masih tercatat di mesin pencarian untuk beberapa hari. Tentu cara mengubah tanggal artikel lama menjadi terbaru ini, akan membuat halaman menjadi tidak ditemukan (not found) jika dikunjungi oleh pembacanya.

Baca juga : Dampak Buruk terkena Google Sandbox bagi sebuah Blog

Dan apabila posisi artikel yang diubah tersebut berada di halaman terbaik, dampaknya akan merugikan sekali karena bisa menggeserkan posisi rank artikel lama yang sebelumnya ramai disebabkan not found.

Lalu bagaimana solusi yang agar tidak menurunkan posisi rank artikel yang sudah diubah tanggalnya?

Mengalihkan link artikel lama ke link artikel baru


Jawaban yang tepat dari pertanyaan diatas adalah dengan cara redirect (mengalihkan) url artikel lama ke url terbaru. bagaimana tutorialnya ? simak dibawah berikut, namun ini dikhususkan untuk pengguna platform blogger (blogspot).

  1. Login Blogger → Menu Settings (Setelan)
  2. Bagian sub menu pilih Search preferences (Preferensi Penelusuran).

  3. Ke bagian Custom Redirects (Pengalihan Khusus).
  4. Buka menu Edit dan isi sesuai dengan link URL artikel sobat

  5. Terdapat 2 bagian kolom yang harus diisi, Bagi yang masih bingung bisa mengikuti seperti berikut ini. Disini saya sudah menyediakan 1 artikel lama yang ingin saya redirect (pengalihan), 1 juga artikel terbaru yang dituju. dibawah berikut adalah artikel lama.

    
    https://www.numpangjejak.com/2017/03/contoh-artikel-redirect.html

    Dan kedua ini adalah artikel baru yang dituju

    
    https://www.numpangjejak.com/2018/05/contoh-artikel-redirect.html


    Untuk mengisinya, bagian From (Dari) isi artikel lama, cukup ambil url setelah alamat blog, dengan berawalan / (lihat yang berlatar kuning).

    
    /2017/03/contoh-artikel-redirect.html

    Sedangkan bagian To (Kepada) isi url artikel baru. caranya juga sama, cukup ambil url setelah alamat blog, dengan berawalan / (lihat yang berlatar kuning)

    
    /2018/05/contoh-artikel-redirect.html

    Selanjutnya jika sobat ingin redirect (pengalihan) ini menjadi permanent jangan lupa untuk centang ✅, Lalu Save (Simpan) tepat dibawah tulisan permanent.

  6. Terakhir klik Save changes (Simpan Perubahan)

Baca juga : Tips membuat agar Blog SEO Friendly

Fitur redirect ini tidak ada batasan, jadi jika ingin menambah lagi artikel yang ingin di redirect, cukup buat lagi di tombol New redirect (Pengalihan baru).


Sekian dari saya, jika masih ada yang dibingungkan dari tutorial ini, bisa menanyakannya melalui halaman kontak atau di kolom komentar langsung. Sobat jangan malu-malu untuk bertanya.

You Might Also Like:


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar