Skip to main content

follow us

Mungkin sebagian dari sobat banyak yang penasaran, bagaimana rasanya pertama kali berhasil Payout ( mendapatkan uang ) dari hasil pasang iklan google adsense pada blog pribadi ?

Kalau dari pendapat saya sendiri, yang pasti membawa kesan positif dong. Karena pembayaran dari google adalah sesuatu yang keren, membanggakan, menyenangkan atau suatu hadiah dari hasil jerih payah kita selama membuat konten.

Pengalaman Pertama Kali NumpangJejak Gajian AdSense


Saya akan bercerita bagaimana rasanya selama proses gajian google adsense, sebenarnya bukan pertama kali, melainkan sudah kedua kali, tapi karena yang pertama adalah hasil dari YouTube, maka ini adalah hasil dari Blog.

Bukan bermaksud sombong atau pamer, saya disini ingin memberikan pengalaman yang mungkin nanti sobat akan merasakan hal sama (amin, saya doakan hehehe), Apalagi saya tidak cocok untuk dikatakan mastah, karena pendapatan adsense masih kecil, dibandingkan mastah blogger lainnya.

Balik ke pembahasan, Dalam sistem kesepakatan antara Google dengan Publisher (kita sebagai pemilik blog yang memasang iklan), bahwa jika saldo melebihi batas ambang pembayaran akan bisa dicairkan dan ditransfer ke rekening publisher. Batas ambang pembayaran minimal sebesar 1.300.000 rupiah kalau untuk negara Indonesia.

Di Pendapatan saldo adsense saya sudah melebihi 1.300.000 rupiah, maka sudah dipastikan akan ditransfer oleh Google.

1. Persyaratan sebelum dibolehkan Gajian AdSense


Namun sebelum proses pencairan google adsense, ada 2 persyaratan yang harus dilakukan sebelumnya. Syarat Pertama adalah melakukan request pin untuk verifikasi alamat, sobat bisa membaca artikel Cara Request PIN Google AdSense dan Pembahasannya.

Dan Syarat kedua adalah menambah nomor rekening bank yang dimiliki ke akun adsense, agar nantinya google bisa melakukan transfer saldo hingga sampai ke publisher. Saya juga sudah menyediakan artikelnya bagaimana Cara menambah dan verifikasi rekening Bank di Google Adsense

Apabila kedua persyaratan diatas sudah dilakukan, kita hanya tinggal menunggu waktu Gajian adsense.

2. Tanggal resmi Gajian AdSense


Sama seperti dalam dunia kerja offline yang kita ketahui, Adsense ada tanggal gajiannya yang sudah ditetapkan. Yaitu antara tanggal 21 hingga 26 ditiap bulannya. Kebetulan saat itu saya gajiannya dihari weekend / akhir pekan (istilah hari libur sebagian negara, yaitu hari sabtu & minggu).

Apabila tanggal gajiannya disaat akhir pekan atau hari libur, maka statusnya masih "Tertunda". Kalau diartikan sudah ditransfer namun belum masuk ke rekening. Sobat baru akan menerimanya di hari selanjutnya yang bukan akhir pekan atau hari libur.

Bisa sobat lihat dicontoh gambar dibawah ini, Saya sudah menerima pemberitahuan gajian melalui email di tanggal 21, tapi dikarenakan saat itu adalah hari minggu, maka statusnya masih "Tertunda".



Dihari selanjutnya pada tanggal 22 adalah hari senin dan untungnya bukan hari libur, maka saldo masuk dihari tersebut, Google melakukan pembayaran masal kepada Publisher yang menjalin kerjasama seperti contohnya saya. Untuk pengguna rekening BCA biasanya di siang hari sudah bisa dicek.


Untuk pengguna rekening bank selain BCA, bisa dicek di jam tertentu, karena sering saya temukan di grup-grup, ada yang dipagi hari saldo sudah masuk ke rekening, bahkan ada yang sore atau malam.

3. Apakah dikenai potongan ?


Apakah nantinya dikenai potongan seperti halnya biaya admin ataupun pajak oleh bank tiap rekening yang dimiliki oleh publisher. Dari pengalaman saya yang menggunakan rekening BCA tidak ada potongan sepersen pun sob. Diperkuat lagi dari beberapa pengakuan publisher lain yang menggunakan rekening bank yang beda memiliki jawaban yang sama.


Menurut pengamatan saya, untuk biaya potongan seperti pajak sudah ditanggung oleh Google sendiri. Bisa kita lihat dari formulir Tanda Terima Pembayaran (Payment Receipt), bahwa terdapat bagian kolom yang menyantumkan Nomor identifikasi pajak.


Tapi ada sebagian yang mengaku bahwa dikenai potongan oleh bank, namun yang membedakan adalah mata uang akun adsensenya menggunakan dollar ($) yang dibuat dibawah tahun 2015. Sedangkan saya adalah tahun 2016 menggunakan mata uang Indonesia Rupiah (IDR).

Dapat disimpulkan bahwa akun adsense yang dibuat sebelum tahun 2015 tepatnya masih menggunakan mata uang dollar ($) sudah pasti akan dikenai potongan oleh bank yang mereka gunakan.

Kesimpulan


Jadi itulah pengalaman dari saya mengenai gajian google adsense dari hasil ngeblog, prosesnya dilakukan pada tanggal 21 hingga 26 ditiap bulannya. Tapi Pembayaran baru akan diproses Google apabila sebelumnya sudah melalukan 2 persyaratan yang diwajibkan untuk publisher, diantaranya request pin dan menambah rekening bank.

Pencairan ini tidak dikenai potongan baik dari Google ataupun pihak Bank yang digunakan publisher sebagai rekeningnya, asalkan mata uang akun adsensenya menggunakan Indonesia Rupiah (IDR) bukan Dollar ($) keluaran tahun sebelum 2015.

Referensi :
https://support.google.com/adsense/answer/7164703?hl=id

Sobat mungkin tertarik artikel lainnya:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Kolom Komentar