Skip to main content

follow us

Review Ulasan CCTV Xiaomi Mijia Xiaofang 1s - Mengamati keadaan sekitar untuk keamaan seperti di lokasi rumah pasti sangat perlu dilakukan. Tapi kalau dilakukan setiap hari pasti lelah juga hanya sekedar bolak balik sekitar rumah, apalagi rumah yang dimiliki jika besar pasti akan membuat pingsan hehehe.

Tapi hal tersebut sudah jarang dilakukan, karena untuk zaman now telah terbantu dengan adanya Perangkat CCTV. Alat kamera pengawas yang dipasang tiap luar sudut area pantauan, namun untuk melihatnya cukup ada di dalam rumah, sehingga memudahkan pemilik rumah.

Bicara soal harga, pasti sobat berpikiran rata-rata harganya mahal sekali. memang saya akui CCTV kualitas terbaik akan mengikuti harganya yang akan semakin mahal. tapi semakin lama pasti akan banyak perusahaan yang menjual produknya dengan harga murah.

Baca juga : Review Ulasan Microphone Condenser Taffware BM 800

Seperti Xiaomi, sobat pasti sudah tau nama brand ini. terkenal dengan produknya yang murah, tapi kualitas dan layanannya setara brand terkenal lainnya. Apalagi Xiaomi ini juga memiliki beberapa produk CCTV loh.

CCTV Xiaomi Mijia Xiaofang 1s - Small Smart Camera


Salah satu dari tujuh produk alat cctv ipcam yang dimiliki oleh Xiaomi adalah Xiaofang 1s. Saya mendapatkan produk ini secara online dengan harga ± sekitar 200 ribuan. Ini bisa menjadi rekomendasi saya buat sobat yang sedang mencari cctv berkualitas dengan low budget.

Buat sobat yang juga ingin memilikinya, bisa beli cctv murah ini di halaman berikut. perlu sobat ketahui, untuk Mi Xiaofang ini ada yang versi lama dan versi baru. Untuk membedakannya cukup mudah.

Terdapat 4 perbedaan, yang paling mencolok versi baru terdapat penambahan 1s di nama produknya dan kelengkapannya disertai adapter, dan pada bagian pengaturan Setup dibagian kamera versi baru tidak memerlukan sim ejector melainkan berupa tombol fisik, lalu yang terakhir kemasannya. 

Jadi untuk versi lama sudah jelas kebalikan dari versi barunya yang tidak memiliki 1s pada nama, tidak disertai adapter pada kelengkapannya, di sertai sim ejektor, dan kemasannya yang berbeda. Tapi tenang sob, halaman yang saya berikan diatas adalah cctv xiaofang versi terbaru (tanggal produksi saya cek tahun 2018).

Spesifikasi Xiaofang 1s


Product model number iSC5
Resolusi 1920x1080 (1080P)
Spesifikasi lensa F2.0 aperture, 110 ° wide-angle
Jarak pandang mode malam 9 Meter
Daya Masuk 5V=1A
Koneksi Nirkabel Wi-Fi 802.11 b/g/n 2.4 GHz
Dukungan Sistem Minimal Android 4.2 keatas atau iOS 8.0 keatas
Dukungan Jenis Memori MicroSD Card
Minimal - Maksimal Kapasitas Memori 8GB (Min) - 32GB (Max)
Format Video MPEG-4 (MP4)
Suhu Kerja 0°C-40°C
Kelengkapan paket berisi 1 Kamera kotak kecil, buku manual, 1 power adapter, 1 kabel power sepanjang 1,8 meter

Kelengkapan Bentuk Fisik Xiaofang 1s


Kamera Xiaofang 1s memiliki rupa yang berbentuk kubus (kotak) dimana bagian depannya terdapat kamera dan lubang kecil sebagai microphone untuk suara masuk.

Bagian belakangnya terdapat lubang berbentuk panah mengarah keatas yang fungsinya sebagai speaker. tepat dibawahnya terdapat 2 slot USB-A sebagai penghubung apabila ingin menggabungkan ke cctv xiaofang lain jika sobat memiliki 2 cctv. Slot Micro USB sebagai penghubung kabel power untuk daya dari kamera ini sendiri. tepat disampingnya juga ada lubang kecil adalah lampu led yang fungsinya sebagai status indikator yang terdiri dari 2 warna orange dan biru.


Dibawahnya ada slot untuk memasang MicroSD Card dengan cara memasukannya menekan hingga mengunci sendiri, juga disamping kanannya ada tombol setup sebagai reset settingan kamera.


Cara pasang cctv ini sangat simpel sob. karena bagian alas bawah kakinya dapat ditekuk arahnya ke bawah atau keatas dan kita bisa memutarnya hingga hampir mendekati 360 derajat. tak hanya itu alas kakinya yang berwarna abu-abu ini sudah disertai magnet yang lumayan kuat, maka cukup tempelkan pada bagian dinding yang bermaterial besi sehingga kamera ini dapat menempel.


Dalam paket produk ini disertai kabel power berbentuk pipih sabagai penghubung antara adapter dengan kamera berwarna putih dengan panjang 1,8 meter. kalau buku manualnya kebanyakan bahasa mandarin jadi saya skip aja.

Juga disertai power adapter dengan spesifikasi

Model Number KA1540-0501000CN
Input 100-240V~50/60Hz 0.25A Max
Max Output 5V -- 1000mA


Fitur yang dimiliki Xiaofang 1s


Xiaofang 1s memiliki beberapa keunggulan fitur diantaranya adalah resolusi kamera sudah 1080P (Full HD), Mode Infrared night vision, Alarm cloud storage, Direct cell phone connection, Two-way voice call, Motion detection, Timelapse.

Kamera 1080P


Kamera yang dimiliki pada xiaofang 1s sudah tergolong bagus, karena resolusinya sudah 1080P atau istilah lainnya Full HD, dengan aperture F2.0 dan sudut lebar mencapai 110 ° sehingga hasil dari rekaman semakin lebar dan jelas tangkapannya.


Tak lupa dibawah kameranya disertai lubang kecil sebagai tempat microphone untuk mendengar suara hasil rekaman

Direct Cell Phone Connection


Kamera ini bisa terhubung dengan smartphone sobat, dengan syarat pada smartphonenya sudah terinstal aplikasi cctv bernama Mi Home dan sudah Daftar / Login menggunakan Akun Mi, sobat bisa mendapatkannya melalui Playstore (untuk pengguna android) atau App Store (untuk pengguna iOS).


Khusus pengguna smartphone merk xiaomi, jika sudah memasang ID akun MI akan secara otomatis aplikasi Mi Home login dengan sendirinya.

Proses instalasi cctv untuk menghubungkannya tidak perlu saya jelaskan yah pada artikel ini, karena pada aplikasinya akan diberikan tutorial pemasangannya step by step, disini kita tinggal memahami bahasanya yang menggunakan tulisan inggris.

Mode Infrared Night Vision


Mode malam pada umumnya hampir semua cctv memilikinya yah sob, dan di Xiaofang 1s ini juga termasuk cctv yang juga ada mode ini. Mode malam bisa diatur secara manual atau secara auto.


Secara default pada kameranya sudah di setting auto untuk mode malamnya apabila di ruangan sedang gelap / minim cahaya, tapi jika ingin dilakukan manual harus mengaturnya melalui aplikasi Mi Home.

Tanda kamera aktif mode night vision mudah diketahui, pada sekitar lensa kamera, jika hidup 4 lampu berwarna merah maka itu menandakan sedang mode malam.


Motion detection


Mengawasi cctv mungkin tidak bisa dilakukan setiap saat, tapi sebagai gantinya diberikanlah fitur deteksi aktivitas yang terekam. pada kamera ini sudah disertai deteksi pergerakan dan suara.

Misalnya jika di rekaman cctv terdapat pegerakan maka di smartphone pemilik akan timbul notifikasi melalui aplikasi Mi Home disertai jam kejadian. Sedangkan untuk deteksi suara saya masih belum mencobanya saat ini.

Alarm Cloud Storage


Alarm Cloud Storage adalah lanjutan motion detection, fungsinya menyimpan hasil rekaman motion detection dengan sistem cloud. Jadi setelah menerima notifikasinya di smartphone melalui Mi Home, dan saat sobat ingin membukanya akan pergi ke halaman untuk melihat hasil tangkapannya, disini kita harus melakukan pengunduhan terlebih dahulu.


Two-way voice call


Selanjutnya adalah fitur panggilan suara dua arah, sebagai pemilik cctv kita bisa mendengar suara aktivitas yang terlihat di kamera ini melalui aplikasi Mi Home. Bahkan kita juga bisa memberi tahu suara melalui Mi Home ke kameranya sob, Jadi orang yang terpantau di kamera bisa mendengar suara kita untuk saling berkomunikasi, hebat kan!

Dimana suara itu keluar ? tepatnya di belakang kamera itu sob yang terdapat lubang speaker berbentuk panah, diatas Slot USB-A.

Timelapse


Perekaman selang waktu (timelapse) bisa digunakan pada xiaofang 1s, untuk mengaktifkannya harus melalui aplikasi Mi Home, terdapat pengaturan yang bisa sobat atur sesuka hati.

Sobat bisa melihat playlist video Hasil Rekaman CCTV Xiaofang 1s dibawah berikut


Hasil Rekaman


Untuk melihat hasil rekaman pada MicroSD, didalam akan terbuat otomatis folder dengan nama berdasarkan tanggal rekamannya, pada folder tersebut berupa file video dengan format MPEG-4 (.mp4).

Yang saya kecewakan dari file video ini, Xiaofang hanya sanggup merekam dengan batas 1 menit tiap file videonya, jadi lumayan banyak file apabila misalnya kita ingin mencari rekaman yang dicari jika rekaman itu full 1 hari bahkan jika 1 bulan.

Kekurangan


Selama pemakaian, tidak adil jika saya hanya mengulas keunggulannya, apalagi harganya yang murah sangat mustahil jika tidak ada kekurangannya.

Saya menyimpulkan bahwa kekurangan yang dimiliki dari Xiaofang 1s 1080p diantaranya :

Tidak bisa dipasang selain bermaterial besi


Memang tidak semua cctv harus dipasang pada tempat yang bermaterial besi. Bisa saja dipasang pada material kayu atau semen. sayangnya xiaofang 1s alas kakinya ini diberi magnet yang hanya bisa dipasang ke material besi.

Sehingga apabila ingin dipasang misalnya dinding semen atau kayu, mau tidak mau kita harus menggunakan alat tambahan lainnya.

Sulit menghubungkan Smartphone ke Kamera


Selanjutnya kekurangan kedua yang hingga membuat saya jengkel pada kemera ini. bagaimana tidak, selama pemakaian pertama saya kesulitan untuk mencoba menghubungkan smartphone ke kamera xiaofang ini melalui aplikasi mi home.

Bukan hanya saya, rata-rata pengguna kamera ini yang bahkan jenis cctv xiaomi lainnya juga merasakannya. bisa sobat lihat sendiri pada penilaian (rating) aplikasi Mi Home. Banyak yang memberi rating rendah karena rata-rata kesulitan menghubungkan smartphone ke kameranya. banyak yang mengatakan bahwa apabila kita melakukan update firmware akan sulit untuk terhubung dan mereka menyarankan untuk tidak melakukan update firmware.

Akan tetapi, masalah ini terjadi pada saya hanya pada pemakaian selama kurang lebih 4 hari. menurut saya apabila device kamera ini sudah terdaftar di akun Mi Home kita, maka sudah tidak kesulitan lagi untuk menghubungkan kamera melalui smartphone, walaupun kita melakukan reset melalui setup.

Masih banyak Bug


Bug masih terjadi pada aplikasi mi home, seperti yang saya rasakan dimana mencoba menghubungkan secara langsung menggunakan wifi yang terpancar dari Xiaofang.

Saat pada tahapan pengaturannya di aplikasi, saya disuruh menggunakan sinyal wifi yang terpancar dari Xiaofang dengan nama "isa-camera-isc5-miapB0CC", namun saat kembali ke aplikasinya malah balik lagi ke pengaturan awal.

Baca juga : Review Ulasan Power Bank Log-On 690L 10000 mAh

Ditambah lagi kejanggalan selanjutnya saya pernah melakukan logout akun mi pada aplikasi Mi Home menggunakan server mainland china, saat mencoba untuk login kembali saya gagal masuk dengan timbul pesan error, anehnya saat mencoba mengganti server negara lain saya bisa login, tetapi masalah ini terjadinya tidak menentu, kadang bisa kadang tidak bisa login.

Rawan dicuri Tidak Anti Air


Karena bentuk yang simpel dan mudahnya dalam pengaturan kamera ini, otomatis pasti akan mudah menarik minat orang lain untuk mengambil kamera xiaofang. mustahil kamera unik seperti ini tidak akan dicuri, apalagi cara memasangnya menggunakan alas magnet, tinggal copot aja deh.

Apalagi dengan harga murah, mustahil buat kamera ini bisa anti air.

Kesimpulan


Itulah review dari saya mengenai Xiaomi Xiaofang 1s 1080P, salah satu cctv yang bagus buat sobat untuk memiliknya. CCTV dari Xiaomi adalah merk cctv yang sudah tidak diragukan lagi akan kualitasnya, selain pengeluaran biaya cctv ini untuk mendapatkannya sangat murah, cara settingnya pun tidak ribet.

Tinggal menghubungkan daya, cctv sudah bisa merekam tanpa diatur secara manual. untuk memantau secara live juga bisa dilakukan melalui smartphone ke cctv ini dengan bantuan aplikasi. fitur yang dimiliki juga berbagai macam.

Namun karena harganya murah, saya tidak bisa menjanjikan barang ini bakal tidak ada masalah. karena banyaknya pengguna cctv jenis ini termasuk saya mengeluhkan mengenai beberapa problem yang terjadi seperti pembahasan diatas. kekurangan lainnya bisa saja terjadi pada sobat, semoga aja tidak ada sama sekali masalah yang terjadi.

Sobat mungkin tertarik artikel lainnya:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar