Skip to main content

follow us

Membangun atau membuat situs web toko online bisa dilakukan di platform WordPress self hosted dengan bantuan beberapa plugin dan template.

Kebetulan pada kegiatan mata kuliah, saya memiliki tugas akhir untuk membangun toko online yang ada proses pembeliannya. apalagi deadline tugasnya tersisa 1 hari. dalam benak pikiran saya, Platform yang bisa menampilkan proses pembelian adalah WordPress.

Baca juga : Perbedaan dari Platform Wordpress Hosted dan Wordpress Self Hosted

Setelah sudah siap hosting dan domain, saya mulai mencari daftar plugin yang bisa digunakan untuk membangun toko online. Semoga saja ini bisa menjadi rekomendasi saya buat sobat, apabila juga ingin membuat toko online dari WordPress. berikut daftar plugin beserta template yang saya gunakan, diantaranya :

WooCommerce


WooCommerce adalah plugin utama membuat toko online, agar bisa menambah beberapa menu di dashboard WordPress layaknya toko online yang membuat beberapa fitur seperti pesanan, keranjang, checkout, laporan, fitur kupon, pengaturan stok barang, dan lain-lain.

WooCommerce pada umumnya gratis, tapi ada beberapa fitur lainnya yang berbayar.

Epeken-All-Kurir Plugin - Full Version



Epeken adalah plugin yang menentukan ongkos kirim barang dari beberapa kota yang berbeda untuk tiap-tiap kota tergantung dari kota mana pemasok atau penjual barang tersebut berasal. Terdapat beberapa pilihan asal kota pengiriman, diantaranya 3 Data Asal Kota, 6 Data Asal Kota, 9 Data Asal Kota dan Unlimited data asal kota.

Terdapat beberapa fitur lainnya yang juga lumayan lengkap seperti halaman cek resi (khusus JNE), konfirmasi pembayaran, pilihan ekspedisi pengiriman, metode pembayaran, dan lain-lain.

Epeken mendukung plugin WooCommerce dan hanya tersedia ekspedisi di negara indonesia.

Plugin ini berbayar mulai dari harga Rp. 25.000 hingga Rp. 1.100.000 tergantung pilihan lisensi (bulanan / tahunan), Multi Origin dan Opsi Pengiriman Internasional.

AfterShip - WooCommerce Tracking



AfterShip adalah plugin yang mendukung WooCommerce untuk secara otomatis menambahkan kolom Nomor Pelacakan dan Kurir ke panel admin WordPress.

Setelah pembeli memenuhi pesanan, cukup masukkan nomor pelacakan dan pilih kurir di menu WooCommerce, info yang sama akan ditampilkan di laman riwayat pesanan pembeli seperti email.

AfterShip mendukung lebih dari 360+ operator epskedisi pengiriman di seluruh dunia, termasuk indonesia. Sobat dapat memilih kurir dengan mendaftar akun AfterShip gratis.

Plugin ini bisa didapatkan secara gratis, tetapi hanya menerima maksimal 100 pengiriman. jika diatasnya harus bayar.

YITH WooCommerce Badge Management



YITH WooCommerce sama seperti aftership, plugin yang mendukung plugin WooCommerce. fungsi dari plugin ini adalah membuat situs web toko online sobat lebih menarik dengan lencana pada produk yang mengundang pelanggan untuk membeli.

Contohnya adalah produk yang sedang diskon, dengan memasang lencana pada produk dapat menarik minat pembeli yang terbukti meningkatkan penjualan

Baca juga : DomaiNesia Solusi Penyedia Web Hosting dan Domain Harga Terjangkau

Template TopShop


Sumber Gambar Kaira

Agar plugin WooCommerce dapat berjalan, dibutuhkan template yang juga mendukung WooCommerce. template yang saya gunakan adalah TopShop buatan Kaira.

Tampilan yang dimiliki lumayan simpel, dengan beberapa fitur seperti slider di homepage. selain bisa menampilkan produk, TopShop juga bisa didampingi dengan menampilkan artikel layanya blog.

TopShop bisa didapatkan gratis maupun berbayar (versi Premium).

Kesimpulan


Itulah daftar plugin WordPress yang saya rekomendasikan apabila sobat ingin membuat toko online. Tersedia berbagai jenis plugin yang dapat mendukung jalannya toko online, beberapa di antaranya telah saya sampaikan pada artikel ini.

Memang kadang sebagian plugin ada yang tidak gratis, tapi kalau sudah berkaitan berbayar pasti pembuatnya memberikan fitur yang terbaik untuk penggunanya.

Sobat mungkin tertarik artikel lainnya:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Kolom Komentar