Skip to main content

follow us

Dalam membuat tulisan, ataupun desain gambar. Font sudah pasti tidak lepas dari kaitan hal ini.

Bahkan juga tak jarang digunakan untuk membuat sebuah brand seperti logo blog. Pasti sobat setidaknya pernah mencoba mencari font yang sesuai, bahkan sudah menemukan yang bagus, tapi sayangnya tidak mengetahui nama fontnya.

Sayapun beberapa kali mengalami masalah ini yang kebetulan orang tua saya memiliki usaha sablon. Kadang ada anak muda yang meminta sablon baju sesuai permintaan mereka yang memberikan kertas contohnya. Orang tua pasti tidak mengerti masalah ginian, akhirnya saya membantu.

Baca juga : 10 Channel rekomendasi untuk mengetahui informasi mengenai Smartphone

Cara menemukan jenis nama font yang tidak diketahui


Bagaimana cara untuk mengetahui jenis font yang kita cari tetapi belum mengetahui nama fontnya ?

Jawabannya adalah dengan menggunakan sebuah aplikasi smartphone. Namanya adalah Find my Font, yang dibuat oleh Softonium Develompents. Perlu diketahui aplikasi ini hanya mengidentifikasi jenis / nama font yang kita cari, tidak sekaligus dengan mengunduhnya.

Sobat bisa menginstal aplikasi ini secara gratis melalui Playstore (untuk Android) atau App Store (untuk iOS).

Cara menggunakan aplikasi Find my Font


Setelah menginstal aplikasinya, kita tinggal menggunakannya untuk mencari nama fontnya.
  • Sebelum memulai, pastikan aplikasi Find my Font di izinkan untuk bisa mengakses kamera smartphone kita, biasanya saat pertama kali membuka aplikasinya ada pesan untuk minta izin akses kamera.
  • Di menu awalan terdapat 2 pilihan cara untuk mengidentifikasi font, yaitu Melakukan foto secara langsung dan mengambil foto yang sudah ada di galeri smartphone kita, tapi tenang, akan saya beri masing-masing caranya. sebagai percobaan saya mencoba mengidentifikasi font di sebuah kupon.

Cara 1#
  1. Saya mencoba cara melakukan foto secara langsung.

  2. Saat memilih cara tersebut kita seperti layaknya membuka kamera smartphone, cukup arahkan kamera ke tulisan font yang kita cari. sesuaikan tulisan dengan kotak Align Text. jika proses pengambilan gambar gelap, sobat bisa mengaktifkan cahaya flash yang berlambang petir. jika posisi sudah benar ambil gambar.

  3. Setelah mengambil gambar akan ke proses Select Letters (pilih huruf), sobat tinggal memilih huruf yang ingin dicari, tulisan berwana biru bergaris kotak putus adalah huruf yang bisa dipilih. akan tampil diatasnya daftar tulisan yang sudah dipilih, jika sudah pilih next berlambang panah ➔ di sudut kanan atas.


  4. Dibagian text to match isi tulisan menyesuaikan font yang dipilih tadi agar cocok, pastikan apakah tulisan tersebut huruf besar atau kecil. jika sudah pilih Search yang berlambang kaca pembesar 🔍 di sudut kanan atas.

  5. Hasilnya akan terlihat nama-nama font yang hampir mirip (kotak biru). disini disertai tingkat persen keakuratannya (kotak merah).


Baca juga : Review dan cara mendapatkan Kuota Internet Telkomsel Gratis dari ROLi

Cara 2#
  1. Pilih indentifikasi mengambil gambar dari galeri.

  2. Cari dan pilih gambar yang akan sobat identifikasi, misalnya seperti berikut

  3. Setelah memilih gambar akan ke proses Select Letters (pilih huruf), mungkin tidak perlu saya ulang lagi pada bagian ini karena sama seperti di Cara 1# pada point 2 hingga point 4. tapi apabila saat pemilihan huruf agak campur aduk, sobat cukup melakukan zoom layaknya melihat gambar di galeri.

Itulah cara bagaimana menemukan nama font yang tidak kita ketahui, dengan cara mengidentifikasinya melalui aplikasi Find my Font. apabila tutorial ini masih ada yang membingungkan sobat, jangan malu untuk bertanya.

You Might Also Like:


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar