Skip to main content

Cara Request PIN Google AdSense dan Pembahasannya

Kali ini saya akan membahas mengenai Google AdSense, yaitu PIN. Bagi yang sudah berpengelaman dalam dunia Google AdSense pasti tau itu Nomor PIN, bagi yang belum mengetahui apa itu PIN Google AdSense dan fungsinya akan saya jelaskan.

PIN dalam Google AdSense adalah singkatan dari Personal Identification Number yang berarti Nomor Pengenal Pribadi, mengenai fungsinya PIN ini untuk memverifikasi alamat akun Google AdSense sobat saat pendapatan dari mengiklan di YouTube maupun Blog mencapai ambang verifikasi.

Syarat


Berapa total pendapatan untuk merequest PIN tersebut? jawabannya tergantung tiap negara yang ditetapkan pihak Google, namun untuk mata uang dollar ($) minimal yaitu $10, sedangkan negara indonesia diperkirakan Rp. 130.000,- atau lebih. sobat bisa melihat tabel tiap negara yang disediakan tim support Google di link berikut.

Cara Request PIN Google AdSense


Saat mencapai ambang verifikasi tersebut, akun adsense melakukan request pin pertama secara otomatis tanpa kita mengaturnya secara manual,  di request kedua dan ketiga baru kita melakukannya secara manual. dan saat kita login akun adsense, akan ada timbul pesan di dasbornya bertuliskan pembayaran anda ditangguhkan dan belum verifikasi alamat, berlatar merah.


Lama Surat PIN Google AdSense Datang ke Alamat Kita


Setelah kita melalukan Request PIN, kita tidak langsung mendapatkan kode PINnya, tapi kita harus menunggunya sekitar dua sampai empat minggu. lamanya proses pengiriman tergantung Tukang POS mengetahui lokasi kita dan jangkauan lokasi kita.

Baca juga : Cara mencairkan Google AdSense Western Union di Kantor Pos

Jika PIN Google AdSense tidak kunjung datang


Bagi sobat yang sudah melakukannya namun tidak juga datang ke Alamat kita, jangan khawatir, karena masih bisa melakukan permintaan PIN baru. pastikan menunggunya hingga empat minggu atau tombol Permintaan PIN akan aktif kembali. jangan lupa periksa atau ubah terlebih dahulu alamat sobat sedetail mungkin.



Batas Request PIN


Perlu diketahui melakukan Request PIN ini ada batasannya hingga tiga kali, jika melebihi batas tersebut, cara terkahir sobat harus mengirim dokumen yang menampilkan alamat rumah kita, seperti E-KTP. lebih baik melalui Scan karena hasil lebih detail dan jelas saat di periksa Tim Google untuk verifikasi pin. 

Yang Terjadi jika tidak melakukan Verifikasi Alamat PIN


Jika sobat orang yang peduli pastikan untuk secepatnya melakukan verifikasi PIN, karena jika tidak melakukannya hingga empat bulan sejak PIN pertama dibuat, Iklan yang sobat pasang di YouTube maupun Blog akan tidak ditampilkan.


Resiko jika kesalahan memasukan PIN Google AdSense


Memasukkan PIN ini tidak boleh asal input. jika sampai salah hingga tiga kali, iklan yang ada di YouTube dan Blog akan dinonaktifkan. untuk mengaktifkannya kembali harus menghubungi Tim Google.

Cara Verifikasi PIN Google AdSense


Cara Verifikasi PIN lumayan simpel dan tidak memakan waktu. di dalam Suratnya diberikan langkah-langkahnya.

  1. Masuk akun AdSense Sobat menggunakan Email dan Password.
  2. Di bagian Beranda, pilih Setelan Akun
  3. Pada Informasi Akun, pilih tautan verifikasi alamat.
  4. Terakhir, Input PIN, harap mengisinya jangan sampai salah input hingga tiga kali. dan tekan tombol Kirim PIN.
  5. Selesai

Baca juga : Tips agar Surat PIN Google Adsense sampai ke alamat kita

Pengalaman NumpangJejak saat proses PIN Google AdSense



Rupa ukuran Surat PIN Google AdSense

Saya akan sedikit bercerita tentang pengalaman mendapatkan Surat PIN Google AdSense pada tahun 2015. saat itu saya belum menggunakan AdSense ini pada Blog, tapi YouTube. Saat sudah melebihi Ambang batas verifikasi, pada Beranda AdSense ada notifikasi merah yang memberitahu harus melakukan verifikasi PIN.

Jujur saja saya saat itu baru tau mengenai PIN itu, saya cari informasi melalui beberapa Blog-blog mengenai hal tersebut dan mulai mengerti. 

Seperti para pemain baru AdSense yang baru merasakan proses ini, kesabaran saya diuji dengan lamanya pengiriman Surat PIN Google AdSense ini, maklum saja Surat dikirim dari negara Amerika. sampai saya ingat hingga detik ini saya menerimanya yaitu hingga 31 hari.

Tampilan Depan

Tampilan Belakang

Tampilan Dalam Surat

Saat harinya tiba, setelah saya mandi, saya diberi surat kecil oleh kakak saya yang memberitahu ada kiriman surat dari Amerika. dan ya, Surat PIN Google AdSense akhirnya tiba. pengalaman yang sedikit bikin bahagia.

Oh Iya sedikit tambahan, tampilan Surat PIN Google AdSense milik saya berbeda dengan tahun sekarang, milik saya sedikit kecil sedangkan tahun sekarang lumayan besar. desainnya pun banyak perubahan.


Sekian dari Pembahasan saya mengenai topik Cara Request PIN Google AdSense dan Pembahasannya. Semoga menambah wawasan sobat sebagai publisher yang bekerja sama dengan Google AdSense.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar