Skip to main content

follow us

Cara rekam audio suara menggunakan Magic Vegas Pro 15 - Banyak pilihan buat kita untuk bagaimana cara merekam suara di pc / laptop kita. karena berbagai macam software (aplikasi) tersedia dari yang gratis dan berbayar.

Kebetulan saya sedang mencoba menggunakan software bernama Magic Vegas Pro 15, versi terakhir dari versi sebelumnya yang bernama Sony Vegas series lainnya. Banyak yang berpikir vegas pro hanya digunakan untuk editing video, faktanya juga bisa digunakan untuk perekaman suara.

Jadi apabila sobat sudah memiliki software ini, tidak perlu lagi memasang software lainnya yang dikhususkan untuk merekam suara.

Tutorial merekam suara dari software vegas pro akan saya lampirkan di artikel ini, tapi sebelumnya akan saya beritahu dulu bahwa tutorial ini untuk merekam suara eksternal seperti menggunakan microphone, dan vegas pro 15 yang saya gunakan ini mungkin akan berbeda dari versi terdahulu dari segi tampilannya.

Oleh sebab itu sobat bisa mencobanya, apakah masih ada tampilan dan function yang sama dari tutorial saya ini. langsung saja ke pembahasan tutorialnya silahkan disimak agar tidak ada ketertinggalan bagian yang saya jelaskan.

Buat slot untuk Audio Track dengan cara buka menu InsertAudio Track. Atau pada area kota merah yang disebut Timeline seperti gambar dibawah klik kanan pada mouseInsert Audio Track. juga bisa untuk cara simpel menggunakan tombol kombinasi keyboard tekan CTRL+Q.


Hasilnya akan muncul slot audio track seperti contoh dibawah.


Dibagian kiri slot audio track atau disebut Track ini cari tombol bergambar 3 garis horizontal → pilih menu Arm For Record (lihat contoh gambar dibawah bagian BEFORE).


Akan muncul pesan Project Recorded Files Folder, disini sobat menentukan dimana lokasi file rekaman disimpan, secara bawaan software lokasinya di Documents, jika ingin merubah lokasi penyimpanan klik browse, jika sudah ok.


Nantinya akan berubah tampilan di bagian kiri slot audio track (Track) berwarna hijau (lihat gambar dibawah bagian AFTER). sobat bisa tes suara menggunakan microphone apabila nada berwarna hijau bagian Track naik turun mengikuti suara kita ,berarti microphone sudah terhubung dan bekerja.


Selanjutnya tahap merekam, untuk memulai rekaman dibagian bawah Timeline cari icon microphone (seperti contoh gambar dibawah), atau sobat juga bisa menekan tombol kombinasi keyboard CTRL+R.


Jika sudah menekan tombolnya maka proses perekaman sedang berjalan dan muncul sound wave / gelombang suaranya (lihat contoh gambar dibawah). Apabila sobat ingin menghentikan proses rekaman cari dan klik icon kotak (lihat contoh gambar dibawah), bisa juga menggunakan tombol keyboard ESC atau SPASI.


Akan muncul pesan recorded files, yaitu file hasil rekaman suara kita yang disimpan dilokasi folder yang sudah kita tentukan sebelumnya, format file rekaman dalam bentuk tipe .wav sobat bisa merubah (Rename) nama file ataupun menghapus (Delete) file rekamannya. jika sudah Done.


Sampai sini jika sobat sudah mengikuti langkah terakhir diatas maka tutorial merekam suara sudah berhasil di vegas pro 15. itu saja artikelnya dari saja, jika ada yang masih dibingungkan dari tutorial diatas, jangan malu-malu untuk bertanya melalui kolom komentar dibawah (klik tombol buka kolom komentar)

Sobat mungkin tertarik artikel lainnya:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Kolom Komentar