Skip to main content

follow us

Power Bank saat ini mungkin sebagian dari sobat sudah mengetahuinya. alat ini banyak dibutuhkan karena sebagai alternatif untuk melakukan pengisian ulang daya seperti smartphone contohnya saat diluar jangkauan tempat memasang charger ke stop kontak.

Untuk saat ini sudah banyak penjual yang menjual power bank murah dengan berbagai macam merek, dari yang sudah brand ternama hingga tidak terlalu dikenal banyak orang.

Buat sobat yang sedang cari power bank murah, bisa mencarinya di e-commerce karena kadang terdapat promo power bank seperti potongan harga atau cashback yang dijual oleh para pelapak.

Kebetulan saya bisa menyarankan sobat untuk beli power bank murah yang dimiliki sebuah brand. apa namanya ? simak ulasan dibawah berikut.

Log On 690L Power Bank 10000 MAH


Merk power bank nya adalah Log-On. mungkin sebagian dari sobat masih terdengar asing termasuk saya sendiri pun juga memikirkan hal yang sama. kebetulan saya melihatnya disaat harga promo flash sale pada sebuah online shop, kesempatan yang sangat sayang sekali jika saya tidak beli power bank original ini.


Karena harga powerbank yang di jual sangat murah sebesar Rp 160.000 (saya beli disini) dengan spesifikasi lumayan bagus. Apalagi kalau saya bandingkan dari merek lainnya yang memiliki spesifikasi hampir mirip, harganya rata-rata sekitar diatas Rp 200.000.

Model power bank yang saya beli adalah 690L, dari jenis model tersebut, powerbank ini memiliki beberapa daya tarik tersendiri untuk menarik minat saya, diantaranya:

10000 MAH


Kapasitas Power Bank Log-On 690L memiliki daya tampung sebesar 10000 mAh. Terdapat tombol On/Off untuk menghidupkan lampu led indikator.


Dengan 4 lampu led indikator berwana hijau yang dimiliki, tiap lampu tersebut memiliki kapasitas 25%. Jadi sobat dapat mengetahui sisa berapa kapasitas baterai yang tersisa, misalnya lampu yang hidup 2 maka kemungkinan baterai tersisa dibawah 50%.

Tipe Baterai & Bahan Material


Tipe baterai yang ada di dalam powerbank ini adalah Li-Polymer, dengan body powerbanknya yaitu Aluminium Alloy yang bisa mencegah terjadinya goresan, debu, dan bekas sidik jari.

Total berat dari powerbank ini sekitar ± 260 gram, tergolong wajar karena berat rata-rata power bank pada umumnya.

Support Quick Charge 3.0 dan Power Delivery


Fitur yang dimiliki selanjutnya adalah mendukung Quick Charge 3.0 dari Qualcomm. Fungsinya adalah mengisi daya yang sangat cepat (istilah umumnya adalah fast charging), biasanya ini ada pada smartphone, tetapi untuk menggunakan fitur ini smartphone harus memenuhi syarat sudah mendukung fitur quick charge 3.0.

Saya sudah mencobanya pada Smartphone Xiaomi Mi Max 2, benar-benar mendeteksi otomatis dan mendukung Quick Charge 3.0. Dalam pengisian sekitar 30 menit sudah mengisi sekitar ± 40%, ini sudah tergolong cepat mengingat kapasitas baterai yang dimiliki Mi Max 2 adalah 5300 mAh, kalau untuk smartphone yang berkapasitas 3000an mAh (sudah mendukung QC 3.0) mungkin 30 menit sudah terisi diatas ± 50%.


Jadi pastikan sobat untuk mengetahui terlebih dahulu spesifikasi smartphone yang sobat miliki, apakah sudah mendukung Quick charge 3.0 atau tidak.

Selain Quick Charge 3.0, power bank ini juga mendukung Teknologi Power Delivery hingga 18W. Teknologi Power Delivery dapat mengisi daya perangkat 2 kali lebih cepat di bandingkan pengisian normal, hanya dengan 30 menit dapat mengisi daya perangkat hingga 50%. Sebenarnya sih hampir mirip Quick Charge 3.0 yah.

Baca juga : Review Ulasan Microphone Condenser Taffware BM 800

Kecepatan pengisian Power Delivery ini bisa berfungsi jika menggunakan kabel original yang memiliki fitur power delivery. Untuk saat ini kebanyakan kompatibel untuk perangkat seperti IPHONE X, IPHONE 8, IPHONE 8 PLUS dan charge USB-C Macbook.

Terdapat 3 Jenis Port


Power bank ini memiliki 3 jenis port yang bisa digunakan, diantaranya adalah Micro USB Port (Input), Type-C Port (Input & Output), dan USB-A Port (Output).


Dari 3 jenis port tersebut ada yang berfungsi sebagai input (recharging / isi daya powerbank) dan output (charging / mengeluarkan daya powerbank) dengan daya :

INPUT OUTPUT
Micro USB : 5V = 2.1A, 9V = 2.0A USB-A : 5-6V = 3A, 9V = 2.0A, 12V = 1.5A
TYPE-C : 5V = 2.1A, 9V = 2.0A TYPE-C : 5-6V = 3A, 9V = 2.0A, 12V = 1.5A

Powerbank Original


Untuk mengetahui apakah itu power bank asli atau tidak, log-on sudah memberikan ciri di produk power bank mereka. Dengan cara menyelipkan tanda hologram bertulisan LOG-ON di luar kemasan produknya.


Entah kenapa barcode yang di bawah hologram bukan untuk memeriksa keaslian produk malah digunakan untuk mempromosikan aplikasi Log-On Store.

Tapi ada lagi barcode tepat dibawah kemasannya, saat saya scan membuka halaman bergambar Log-On I ❤ Indonesia, nah mungkin bagian ini untuk mengecek asli atau tidaknya.


Kelengkapan isi Paket


Isi Kelengkapan power bank ini ada 3, yaitu Micro Cable sepanjang 30cm, Kartu Garansi, dan Power Bank Log-on 690L.


Kekurangan

Kemasan


Bicara mengenai kekurangan dari produk ini, saya hanya menilai 2 hal, pertama adalah kemasannya ini.

Kemasan dari power bank ini terbilang sederhana. bisa sobat lihat sendiri pada gambar dibawah, hanya dikemas dengan kertas dan bagian depannya plastik bening yang memperlihatkan isi kemasannya yang tidak lain Powerbank itu sendiri.


Rawan ? saya sendiri setuju, mengingat barang ini adalah powerbank, yang isinya adalah baterai. beda sekali powerbank dari brand lain yang memberi kemasan sangat aman.

Kurang Aksesoris tambahan


Kekurangan kedua, saya menilai bahwa aksesoris tambahan seharusnya juga diberikan pada powerbank ini, tidak banyak sih, hanya 1 yaitu konektor micro usb ke usb type-c, karena kabel data yang diberikan hanya micro cable.

Sehingga untuk pengguna misalnya smartphone yang portnya adalah type-c dapat mereka gunakan untuk mengisi daya smartphone mereka hanya dengan memasang konektor.

Tapi balik lagi ke soal harga, murah tentu menyesuaikan nilai produk itu sendiri.

Baca juga : Review Ulasan COGNOS DZ09 Smartwatch Jam tangan Pintar Murah Meriah

Kesimpulan


Itulah ulasan saya mengenai Log On 690L Powerbank. Power bank termurah yang saya temukan, namun fitur dan kualitas setara brand ternama.

Dengan kapasitas 10000mah disertai fitur Quick Charge 3.0 dan Power Delivery, sehingga bisa mengisi daya perangkat seperti smartphone menjadi sangat cepat, Semoga bisa menjadi rekomendasi buat sobat yang sedang mencari dan ingin membeli powerbank.

Sobat juga jangan cemas dengan maraknya powerbank abal-abal saat ini, log-on memiliki hologram dan barcode untuk validasi keasliannya.

Sobat mungkin tertarik artikel lainnya:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Kolom Komentar