Skip to main content

follow us

Dalam sebuah penyampaian informasi, bermacam-macam cara penyampaiannya, seperti yang sedang ramai saat ini yaitu melalui konten video.

Selain memanfaatkan konten teks melalui blog, saya juga menggunakan konten video melalui situs ternama YouTube. tentu  untuk memulainya dibutuhkan peralatan agar bisa dipahami oleh banyak orang.

Pada inti pembahasan artikel ini saya akan mereview sebuat alat untuk membantu kebutuhan dalam pembuatan konten video. yaitu Microphone.

Jenis Microphone ini adalah Condenser. alasan saya memilih jenis mic condenser, karena tangkapan suaranya lebih baik, suara bising yang mengganggu tidak akan terekam.



Ini cocok sekali buat pengguna pengisi suara dubber, youtuber, dan lain-lain. brand yang saya pilih adalah Taffware tipe BM 800. sebenarnya ini sudah lama saya beli, tapi karena sayang sekali jika tidak saya bagikan buat sobat.

Saya belanja pada bulan oktober di situs online shop Tokopedia dengan harga Rp. 424.900  belum juga ditambah ongkos kirimnya, saat saya cek harganya untuk saat ini semakin naik, buat sobat yang ingin melihat barangnya di alamat berikut.

Barang yang saya beli sudah dalam satu paket dengan stand, pop filter tambahan dan bonus splitter untuk menghubungkan mic ke colokan jack 3,5mm. jika ingin membeli hanya microphonenya, sobat juga bisa mencarinya di toko yang sama saya berikan.

Baca juga : Alasan Utama Tokopedia Sebagai Rekomendasi Situs Jual Beli Online

Berikut bentuk kotak dan isi dalam paket mic BM 800





Mengenai kabelnya ini pada bagian XLR terdapat kuncian agar tidak mudah lepas saat dihubungkan


Sedangkan untuk perlengkapan tambahan yang mendukung Mic ini, seperti Stand + Pop Filter yang saya dapatkan, mulai dari kotak dan isinya bisa dilihat pada bagiah bawah. selain kedua itu juga ada stand untuk smartphone jika ingin sebagai alat perekaman.



Agar bisa menggunakan standnya, sobat harus memiliki meja atau alas untuk mount meja atau penjepitnya, maksimal selebar 5cm.


Kelebihan


Kelebihan dari BM 800 ini tangkapan suaranya baik, meski tidak sebaik mic yang seharga jutaan, tetapi sudah layak disebut mic condenser. saat saya coba, suara bising disekitar sudah terminimalisir. padahal saat proses perekaman, banyak suara kendaraan disamping rumah karena dekat jalan raya.

Harga murah sudah pasti banyak dicari, seperti saya yang memang membutuhkan mic condenser dengan kualitas lumayan tapi harga bersahabat.

Kabel yang digunakan BM 800 ini XLR-to-Jack 3,5mm sehingga bisa juga digunakan langsung ke smartphone.


Kekurangan


Kekurangan yang saya dapat selama menggunakan mic bm 800 ini yaitu disaat saya mencobanya di laptop yang sedang di charger, ini bisa menyetrum. karena bagian kepala mic terbuat dari logam.

Saran saya sobat harus hati-hati dalam menggunakannya jika menghubungkan mic dengan komputer atau laptop yang sedang terhubung arus listrik. lebih baik gunakan alas agar tidak tersentuh tanah.

Selain itu kekurangan selanjutnya, jarak mulut kita harus dekat dengan microphone ini. semakin jauh jarak suara kita, semakin kecil tangkapan suaranya.

Meski suara bising sudah terminimalisir, kadang masih ada tangkapan dari suara bising yang masuk, maka diperlukan perangkat tambahan seperti soundcard usb agar lebih optimal.


Sedangkan jika sobat ingin tau kualitas tangkapan suaranya bisa melihat videonya di channel Youtube saat membahas pin google adsense di halaman


Sampai sini saja review dari saya, moga saja bisa menjadi rekomendasi sobat yang ingin menjadi Youtuber ataupun pengisi suara.

Sobat mungkin tertarik artikel lainnya:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar