Skip to main content

follow us

Setelah satu tahun lebih saya menantikan selama ini, akhirnya saya mendapatkan sebuah fitur di Google AdSense, yaitu bernama Matched Content. fitur yang saya inginkan selama ini, bahkan mungkin juga para blogger lainnya yang belum mendapatkannya saat ini.

Apa itu Matched Content ?


Matched Content (Konten yang sesuai) adalah fitur unit iklan yang diberikan adsense, untuk mempromosikan konten yang relevan dari situs / blog milik publisher kepada pengunjungnya. Fitur ini dapat membantu meningkatkan Page views (tampilan laman) dan waktu yang dihabiskan oleh pembaca di situs / blog.

Istilah sederhananya mirip related post (artikel rekomendasi) sob, tampilannya masih menampilkan layaknya iklan tapi tidak menghasilkan pendapatan. dan iklan yang tampil itu mengambil artikel-artikel yang ada di blog kita.

UPDATE !!! Sekarang, iklan jenis matched content sudah bisa dimonetasi (menghasilkan pendapatan baik itu klik atau impresi), karena fitur monetasi ini berbarengan dengan iklan artikel lainnya, cukup mudah untuk membedakannya.

Di bawah gambar akan akan disertai lambang bertulisan Iklan maka itu adalah iklan yang dimonetasi pada matched content, contohnya bisa dilihat pada gambar dibawah berikut.


Dan ini adalah hasilnya


Baca juga : Penyebab iklan Google Adsense tidak muncul

Bagaimana untuk mengetahui jika kita mendapatkan fitur Matched Content ?


Matched Content untuk mengetahui dapat atau tidaknya bisa sobat lihat dengan berbagai cara. seperti di menu Home akan memberitahu ada product update seperti gambar berikut.

Jika sobat menggunakan dan memasang iklan dengan banyak alamat blog, dapat mengetahuinya blog mana saja yang terdaftar bisa menggunakan matched content. dengan pergi ke menu SettingsMy SitesMatched Content.

Cara Mendapatkan Fitur Matched Content dari Google Adsense


Untuk mendapatkan fitur ini, apakah syaratnya mudah ? bicara mengenai syarat yang harus dipenuhi, saya pribadi Tidak Mengetahuinya sob, karena sifatnya ini hoki-hokian, hanya blog terpilih saja diberikan.

Tapi, saya sempat menonton dari channel resmi Google Adsense yang di tayangkan secara live streaming. bahwa fitur Matched content memiliki requirement, diantaranya :


Sumber Channel Google AdSense
  • 1000 unique pages
  • 1000 daily page visits
  • Memiliki setidaknya 1 gambar unik di tiap artikel.

Mitos dan Fakta mengenai Matched Content


Tapi !!! dari persyaratan diatas saya berani mengatakan tidak sepenuhnya wajib, loh mengapa ? beberapa alasan bisa saya jawab dengan apa saja yang saya lakukan dalam menjalankan blog ini NumpangJejak ditambah dengan beberapa sumber informasi lainnya.

Saya juga sebenarnya berniat mematahkan beberapa isu yang ada di berbagai informasi berikan dengan cara mendapatkan matched content sekecil mungkin dari persyaratan yang ada.

  1. Trafik Kunjungan

  2. Di persyaratan resmi mengatakan setidaknya harus memiliki 1000 kunjungan halaman harian (Page Views) yang stabil, sedangkan beberapa sumber mengatakan bahwa mendapatkan matched content setidaknya diatas 3000, ada diatas 5000 bahkan 10.000, bagaimana dengan saya ?

    Saya lebih setuju dengan persyaratan dari google, karena faktanya blog saya ini rata-rata per harinya 1000 sampai 1500 kunjungan halaman. tapi kadang publisher lain ada yang belum mendapatkannya padahal ciri-cirinya sama dengan milik saya, karena masih ada alasan lain yang berkaitan di point selanjutnya.

  3. Jumlah Artikel

  4. Selanjutnya jumlah artikel, dan ini sangat banyak menjadi topik utama dalam hal perbincangan mengenai matched content. Ada yang mengatakan artikel harus diatas 100, 200 , 450 bahkan dari Google sendiri mengatakan 1000 halaman unik. entah apakah saya salah dalam mengartikannya, karena 1000 artikel adalah jumlah yang tidak sedikit.

    Sekali lagi saya berani bahwa informasi diatas hanyalah mitos, faktanya blog saya saat mendapatkan matched content tepat dengan jumlah 50 artikel. apa sobat kaget ? yang saya katakan ini adalah sebenar-benarnya, jadi mendapatkan fitur ini artikel tidak harus sampai ratusan. percuma banyak artikel tapi belum mendapatkannya, bisa saja karena alasan lain di point selanjutnya.

  5. Kualitas Konten

  6. Kualitas konten benar-benar saya katakan harus diperhatikan, karena semakin baik kita memberikan konten yang bermanfaat buat pengunjung, google akan menilai bahwa blog kita memberikan informasi yang relevan kepada pembacanya.

    Disini google pasti tidak akan menyia-nyiakan dan membuat publisher yang baik ini akan pergi, dengan memberikan fitur spesial agar semakin betah menggunakan produk mereka, seperti matched content.

    Tips dari saya buatlah artikel minimal 300 kata disertai minimal 1 gambar sebagai ilustrasi artikel, semakin banyak jumlah kata semakin baik. Tapi juga harus sesuai dengan pembahasan artikel yang dibuat, jangan dibuat ngawur yang mementingkan asal jumlah kata banyak,

    Baca juga : Cara memblokir iklan Google Adsense yang tidak relevan

  7. Mengikuti TOS Google

  8. Kita tentu boleh membuat konten semau kita, tapi kalau sudah bekerja sama dengan pihak lain seperti Google Adsense kita harus menghargai mereka dengan mengikuti persyaratan mereka. Hindarilah sifat plagiat konten, gunakan gambar yang relevan dengan isi artikel (bukan clickbait).

    Jika kita membuat konten yang bernilai rendah, tentu google akan mikir-mikir atau tidak akan tertarik untuk memberikan fitur spesialnya.

Kesimpulan


Itulah ulasan dari saya mengenai cara mendapatkan matched content. Matched Content bukan iklan yang bisa menghasilkan pendapatan, selain itu juga sebuah iklan yang mempromosikan konten artikel lainnya pada situs / blog yang menggunakan fitur tersebut.

Untuk mendapatkannya bisa sobat ambil dari pengalaman yang saya katakan berdasarkan fakta yang saya alami di blog NumpangJejak. tapi dari itu semua mungkin bisa berbeda buat sobat. bisa saja sobat baru mendapatkannya dengan jumlah Page Views diatas 1000 dan jumlah artikel diatas 50.

Intinya kita harus konsisten dalam membuat konten yang bermanfaat, saya sendiri tidak terlalu mengincar fitur matched content ini. hanya saja dengan pemberian fitur spesial ini dapat menambah semangat saya dalam membuat konten. Semoga saja ada fitur spesial lain lagi yang akan diberikan Google kedepannya untuk publisher yang rajin.

Sobat mungkin tertarik artikel lainnya:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar