Penyebab iklan Google Adsense tidak muncul

Dalam memasang iklan adsense pada blog, kadang ada problem yang timbul untuk dihadapi tiap publishernya. seperti tampil tidaknya iklan, hal ini akibatnya membuat tingkat penghasilan sobat sebagai blogger menurun. Lalu apa masalah yang menjadi penyebab iklan tidak muncul atau blank ini ?

Mari kita bahas. menurut pengalaman saya juga beberapa sumber terpercaya, iklan tidak tampil pada blog bisa disebabkan oleh berbagai macam pemicunya, diantaranya :

1. Kesalahan Implementasi Iklan


Dalam proses penerapan iklan sering terjadi kesalahan pada tiap publisher saat memasangnya ke blog. seperti contohnya kesalahan copy-paste kode script id atau ad slot, kurang penambahan script, tidak secara keseluruhan meng-copy kode script.

2. Terlalu Banyak Ad-Kategori yang di blok


Iklan yang ada di adsense, bisa kita tentukan sendiri dalam pengaturannya yang mana saja boleh tampil di blog, caranya dengan memblokir fitur-fitur yang ada, namun dari cara ini memiliki kekurangan yang bisa berdampak pada jumlah iklan yang akan tampil.

Baca juga : Cara memblokir iklan Google Adsense yang tidak relevan

Misalnya sobat dari tipe iklan yang ada terdapat 2 pilihan yaitu teks dan gambar. sobat hanya memilih iklan tipe gambar. selain memilih tipe, juga bisa dikarenakan sobat memblokir kategori iklan. maka pengaturan ini membuat permintaan iklan yang tampil di blok semakin berkurang.

3. Mengatur Ad Balance


Ad balance hampir sama seperti point nomor 2, namun cara ini memfilter iklan berdasarkan persenan iklan potensial. ad balance memiliki keuntungan iklan yang tampil bernilai cpc besar. namun semakin kecil persenan ini maka potensi iklan yang tampil semakin berkurang.


Pengalaman saya menggunakan fitur ini mengurangi potensi iklan menjadi 52%, peningkatan iklan memang besar sekitar 30%-50%, namun iklan kadang hanya sebagian yang tampil.

4. Page Level Violation


Pelanggaran tingkat halaman, adalah pelanggaran yang terjadi pada salah satu halaman artikel. apabila salah satu artikel sobat iklannya tidak tampil. bisa saja iklan tidak tampil disebabkan hal ini. level pelanggaran ini masih terbilang rendah.

Penyebab pelanggaran ini disebabkan karena copy artikel blog orang lain, mengandung kata-kata terlarang, hak cipta, dan lain-lain. untuk mengetahui ini, biasanya pada pemberitahuan akun adsense atau di menu policy center.

Untuk menghilangkan pelanggaran ini harus memperbaiki artikel dan melakukan banding.

5. Crawler


Crawler kalau diartikan adalah perayapan. kemungkinan penyebab ini masih kecil karena biasa terjadi pada artikel yang baru dipublikasi. menurut berbagai sumber adsense seperti halnya mesin pencarian. jika iklan belum di rayapi oleh mesin pencarian maka iklan bisa tidak tampil.

Baca juga : Tips mencegah Kode Iklan Google Adsense diambil pengguna lain

6. Tidak ada iklan yang relevan pada blog


Yang terakhir penyebab yang menurut saya tidak sering terjadi, namun kemungkinan ada. biasanya karena iklan tidak relevan yang disebabkan ad unit memiliki view ratenya sangat kecil sehingga tidak ada pemasang iklan yang menaruh iklannya di blog sobat.

7. Akun di blacklist


Ini adalah penyebab yang sudah pasti tidak akan bisa tampil di blog sobat. iklan tidak akan tampil jika akun adsense sobat di blacklist atau banned karena melakukan pelanggaran besar.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar