Skip to main content

follow us

Sebelum melakukan penarikan Google AdSense, kita biasanya diperintahkan untuk memilih terlebih dahulu metode pembayarannya. terdapat beberapa pilihan metode yang disediakan, salah satunya adalah Western Union.

Western Union atau WU adalah salah satu metode pembayaran yang menurut saya paling mudah, tidak memakan waktu, dan syaratnya tidak banyak selain metode lainnya seperti melalui rekening bank.

Namun untuk saat ini WU lumayan langka, karena kebijakan baru dari Google bagi setiap publisher yang menggunakan alamat negara indonesia, jenis mata uang yang digunakan pada akunnya adalah IDR atau Rupiah. Sedangkan metode pembayaran WU tidak ada untuk akun yang berjenis mata uang Rupiah. hanya akun yang terdaftar sebelum tahun 2015 bisa memiliki mata uang dollar, namun bisa menggunakan alamat negara indonesia.

Syarat ini juga berdampingan dengan verifikasi pin, jika belum melakukann verifikasi pin, maka kita tidak bisa menarik hasil pendapatan.
Tempat agen yang menyediakan penarikan uang WU lumayan banyak, seperti Beberapa Bank, Pegadaian, Indomaret dan Kantor POS. Setiap agen memiliki beberapa persyaratan berbeda-beda, dan jumlah untuk penarikannya kadang memiliki batasan.

Di artikel ini saya akan memberi cara menarik pembayaran Google AdSense dengan WU di Kantor Pos. berikut pembahasannya

Cari Lokasi Agen


Carilah lokasi agen yang menyediakan penarikan Western Union, jika jumlah nominal penarikan sobat lumayan besar, usahakan Kantor POS Pusat. sobat bisa mencarinya melalui situsnya langsung berdasarkan negara dan kode posberikut.

Jam Operasional


Usahakan saat hari pengambilannya bukan hari libur, lebih baik hari senin sampai kamis, sedangkan hari jum'at dan sabtu biasanya hanya jam-jam tertentu saja agen Kantor Pos menerima penarikan WU.

Syarat


Sebelum pergi ke Kantor POS Sobat harus membawa beberapa syarat karena nanti akan diminta oleh pihak Kantor POS. diantaranya adalah :
  1. Membawa E-KTP Asli
  2. Fotocopy E-KTP 1 atau 2 lembar
  3. dan Lembar Print Tanda Terima Pembayaran yang disertai kode atau nomor MTCN.

Jika ketiga persyaratan tersebut sudah siap, tinggal pergi ke alamat Kantor Pos yang dituju, setelah sampai di lokasi, kita harus bertanya terlebih dahulu ke mbak atau masnya dibagian loket apakah bisa penarikan uang Western Union dari luar negeri.

Alasannya seperti pembahasan diatas tadi, sebagian agen kadang ada yang tidak nerima penarikan, tapi hanya menerima pengiriman.


Jika pihak pos mengatakan bisa, kita biasanya diminta beberapa persyaratan seperti yang saya sebutkan diatas. diantaranya fotocopy E-KTP 1 lembar dan E-KTP asli. Jika sudah akan diberi formulir untuk kita isi. Jika ada bagian formulir yang kurang dimengerti, sobat lebih baik untuk bertanya.

Untuk mengisi data terdapat dua data yang harus kita isi, yaitu penerima data kita dan kedua data pengirim yaitu Google. Usahakan menulisnya agak kuat agar juga tertulis di lembar belakangnya karena itu lembar Customer copy untuk kita sendiri. Yang sangat perlu di isi dan jangan sampai salah adalah kode MTCN (Nomor Transfer atau Money Transfer Control No) tepatnya di bawah kolom Kota, Propinsi, Negara pengirim uang.

Berdasarkan pengalaman saya, jika data di formulir itu masih tidak muat untuk mengisi data kita maupun data pengirim kita bisa memberi alasan bahwa kolom yang disediakan tidak cukup.

Nah sebagai ganti kita bisa memberi lembar print yang sobat bawa yaitu Tanda Terima Pembayaran dari Google AdSense yang disertai kode MTCN, di atas nomor identifikasi pajak itu data pengirim yaitu Google dan dibawah nomor identifikasi pajak data berupa alamat sobat.

Dengan alasan itulah dapat membantu sobat dalam proses pencairan. jika data sudah terpenuhi sobat di suruh untuk menunggu.

Baca juga Google Menambah Tema Baru Blogger 2017

Setelah saya berikan formulir ke mba yang bertugas. Ternyata jumlah nominal pada formulir yang saya isi kurang dari yang di sebutkan mbaknya. selisihnya sekitar seratus ribu lebih, bahkan 400 rupiah pun diberi. lumayan juga nambah hehehe.

Di Momen ini saya sebenarnya ada kekeliruan disaat mengisi jumlah nominal uang yang saya terima. karena saat penarikannya mengisi formulir menggunakan mata uang Rupiah, sedangkan di akun saya itu Dollar, maka saya harus melakukan konversi mata uang melalui internet di smartphone. 

Saya sedikit takut antara salah atau benar karena tiap situs yang menyediakan konversi mata uang berbeda-beda, ditambah lagi sistemnya online, bisa naik bisa turun. jadi saya turunkan sedikit penarikannya.



Saat pendataan sudah benar, kita tinggal menunggu sekitar 5-10 menit, lalu disuruh untuk tanda tangan terima pembayaran, dan dana pun cair. sobat akan diberi 2 kertas yaitu formulir Customer copy dan resi pembayaran (H2H WU).

Kesimpulan


Sungguh suatu pengalaman yang membanggakan, bagi saya sebagai seorang pengangguran. karena selama proses penarikannya sangat kita rasakan. sekian dari pembahasan artikel saya yang mana saya ambil dari pengalaman saya sendiri. semoga dapat membantu sobat dalam proses pencairan.

Sobat mungkin tertarik artikel lainnya:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar