Skip to main content

Cara Mengganti Template Blog di Blogger

Template selalu melekat pada sebuah website atau blog, para blogger pasti tahu bagian ini. banyak situs-situs menyediakan template yang bisa didapatkan secara gratis hingga berbayar. namun mengenai artikel ini bagi kamu yang masih belum mengetahui apa itu template blog akan dijelaskan pengertian template blog.

Penjelasan tentang Template Blog

Template blog adalah sebuah desain yang di struktur oleh beberapa kode script atau bahasa pemrograman berupa html, css, php, javascript dan jenis script lainnya yang saling berkaitan pada halaman blog atau web untuk menghasilkan desain berupa warna, ukuran, posisi letak, tulisan,  baik itu dinamis maupun statis yang disimpan pada satu file.

Di blogger atau blogspot pada awalnya saat kita membuat blog baru menggunakan template default atau bawaan yang harus kita pilih, namun setelahnya kita bisa mengganti template secara leluasa maupun merubah sebagian tampilan blog melalui pengaturan edit html asalkan kita mengerti bahasa pemrograman web. jika ingin mengetahui cara mengganti template blog di blogger atau blogspot simak tutorial berikut

Baca juga : Fitur yang bermanfaat tapi jarang digunakan oleh Pengguna Blog

1. Pastikan sudah memiliki file template yang ingin dipakai, jika mendapatkanya sebuah file rar ekstak filenya lalu pilih tipe filenya .xml

2. Login atau masuk akun blogger terlebih dahulu

3. Pada menu dasbor pilih Tema (Theme)

4. Lalu di bagian kanan atas tepatnya dibawah gambar akun Google sobat pilih Cadangkan / Pulihkan (Backup / Restore)

5. Lalu timbul kotak berisi beberapa pilihan, pada bagian atas backup untuk mengambil template untuk kita simpan di penyimpanan lainnya berupa file .xml, lalu yang bagian bawah untuk unggah file template kita. Pilih file (Select file)

Baca juga : Mengatur Google Drive sebagai media penyimpanan Unlimited gratis untuk Foto dan Video

6. Cari file template yang sudah kita sediakan seperti no. 1, lalu pilih Open

7. Setelah di pilih Akan tampil nama file berserta tipenya, juga tombol upload yang awalnya berwarna orange pudar menjadi terang seperti no. 5 Lalu pilih upload tunggu beberapa detik.

8. Dan lihat sebelum template menggunakan template bawaan menjadi template yang kita unggah atau upload.

Sekian dari tutorial dari saya mengenai Cara Mengganti Template Blog di Blogger, share jika artikel ini ke sosial media sobat jika bermanfaat dan jangan lupa sertakan sumber dari www.numpangjejak.com

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar