Skip to main content

Fitur yang bermanfaat tapi jarang digunakan oleh Pengguna Blog

Kali ini saya akan membahas mengenai Blog, yaitu fitur-fitur didalam blog yang sebenarnya bermanfaat, tapi jarang digunakan oleh sebagian pengguna blog. kenapa saya mengambil judul tersebut. karena saya sendiri pernah mengalaminya dan setiap kali melihat blog orang terkadang ketemu blog yang tidak menggunakannya fitur tersebut baik itu di grup sosial media maupun mengunjungin blog orang lain.

Ada sebelas fitur yang akan dibahas, mulai dari Icon, Mobile Version, Pratinjau, Image Properties, Insert jump break (More Article), Search Description (Deskripsi Penelusuran), Meta tag, Domain, Tautan permanen, Backup Template, Backup Konten.

Baca juga : Alasan mengapa harus mengganti Domain Blog menjadi Domain Pribadi

Untuk beberapa contoh gambar yang ditampilkan hampir semua menggunakan Platform Blogspot. tapi jangan khawatir karena sebagian platform blog lain hampir memiliki fitur yang sama, namun cara pengaturannya yang berbeda.

1. Icon



Icon adalah salah satu fitur yang ada dan selalu tersedia pada tiap platform baik itu Blogspot , Wordpress, Joomla, dan lainnya. biasanya Icon akan tampil pada tab browser di samping kiri nama blog, Manfaat icon sebagai penanda bahwa blog kita memiliki ciri khas lambang tersendiri agar diketahui dan di ingat pengguna.

Secara default atau bawaan tiap icon blog jika belum diubah akan menampilkan logo platform yang digunakan, seperti Blogspot sebutannya yaitu favicon jika belum merubahnya akan menampilkan logo blogspot yang terdiri huruf B yang identik dengan warna background orange dan font putih.

2. Image Properties


Image Properties adalah atribut pada image atau foto berupa title text dan alt text. manfaat title text adalah menampilkan judul gambar saat kursor mengarah ke gambar artikel. sedangkan alt text sebagai alternatif jika koneksi buruk dan gambar tidak terbaca maka akan menampilkan teks. selain itu menurut senior blog Image Properties juga bermanfaat untuk optimasi SEO dalam mesin pencarian.

3. Pratinjau



Pratinjau adalah fitur pada tiap blog untuk melihat hasil tampilan artikel yang bersifat sementara. Tiap paltform blog menyediakan fitur tersebut seperti Blogspot dan Wordpress. Pratinjau biasanya disediakan berdekatan dengan tombol Edit dan Hapus pada saat melihat seluruh list artikel atau saat membuat artikel baru.

Banyak pengguna blog yang tidak menggunakan atau mengetahuinya, biasanya jika sudah membuat artikel langsung mempublikasikan, lalu saat melihatnya terjadi kesalahan kata atau lainnya, mau tidak mau diedit kembali hingga hasilnya sempurna, namun tidak disadari bahwa itu menghasilkan pengunjung blog yang sumbernya melalui pemilik blog sendiri.

4. Mobile Version

Mobile version adalah salah satu pengaturan pada template untuk mendukung mengatur tata letak ukuran lebar maupun tinggi untuk responsif jika blog dibuka melalui smartphone. Tanpa merusak font, foto, menu dan lainnya. untuk sekarang fitur mobile version diwajibkan dimiliki pada tiap blog. karena mayoritas pengguna smartphone sangat tinggi hingga tahun kedepannya.

Baca juga : Mengatur Google Drive sebagai media penyimpanan Unlimited gratis untuk Foto dan Video

5. Insert Jump Break (More Article)



Insert Jump Break adalah fitur pada tiap blog untuk memotong atau meringkas artikel agar dapat mengatur jumlah kata yang akan ditampilkan. sebutan lain Insert Jump Break yaitu More Article. biasanya yang diambil yaitu paragraf pertama dan jika dilihat di halamana utama blog akan menampilkan tombol Read atau Read More.

Terkadang secara default tiap Platform blog tidak meringkas artikel yang dipublikasikan sehingga artikel yang tampil di halaman utama blog akan menampilkan keseluruhannya. banyak pengguna blog yang tidak memanfaatkannya dan hal ini bisa sangat merugikan, karena para senior blog mengatakan Insert Jump Break sebagai salah satu pencegah niat kurang baik pengguna AGC.

6. Search Description



Search Description adalah fitur yang berisi deskripsi berkaitan isi artikel, juga sebagai deskripsi artikel saat dishare ke media sosial seperti facebook. Selain itu deskripsi penelusuran ini juga salah satu cara untuk membuat SEO di mesin pencarian.

7. Meta Tag


Meta Tag adalah element atau tag yang memberi informasi metadata dari blog ke mesin pencarian Google. selain Meta Tag ada juga Meta Tag untuk Sosial Media seperti memberi informasi Nama Penulis artikel dan akan terlihat jika di share ke sosial media.

8. Domain



Domain adalah nama alamat unik pada sebuah blog yang diawali http:// atau Hypertext Transfer Protocol. pada awalnya alamat sebuah blog berupa IP namun beralih menjadi domain untuk saat ini. jenis-jenis domain pun berbeda-beda. yang paling dikenal dan banyak digunakan yaitu Top Level Domain atau disingkat TLD. seperti .com .net .org .info .biz ada juga domain untuk indonesia namun disertai beberapa syarat seperti .id .web.id .my.id .co.id

9. Tautan Permanen / Permalink



Tautan Permanen adalah pengaturan pada url atau alamat artikel blog yang bisa diatur pemilik blog agar tidak menampilkan url atau alamat yang asal-asalan. pengguna bisa mengaturnya seperti menyesuaikan dengan judul artikel. dan ini salah satu cara menjadikan artikel menjadi SEO.

10. Backup Template



Backup Template adalah fitur mengambil file data template ke penyimpanan lain sebagai data cadangan untuk pencegahan jika template yang di blog terjadi error, kesalahan script, bug dan lainnya. banyak pengguna blog yang tidak memanfaatkan fitur ini disaat melakukan kesalahan edit script template.

11. Backup Konten



Backup Konten hampir sama dengan backup template, Namun fungsinya berbeda. Backup konten adalah fitur mengambil file konten seperti laman, artikel, komentar dan bisa juga gambar tanpa perlu memindahkannya melalui copy paste. ini cocok untuk migrasi blog.

Pada tiap Platform blog memiliki perbedaan apa saja yang bisa di backup, dan kadang size filenya bisa kecil bisa juga besar. Banyak pengguna blog yang hampir tidak mengetahuinya, biasanya ini terjadi jika ingin mengganti blog baru dan hal tersebut sayang sekali jika salah satu artikelnya sudah ramai pengunjung. 

Sekian dari artikel Fitur yang bermanfaat tapi jarang digunakan oleh Pengguna Blog semoga tips ini menjadi informasi tambahan yang membantu sobat untuk menjalankan blog. Jika artikel ini sangat membantu, sobat bisa mensharenya ke sosial media ataupun menginformasikannya ke teman sobat yang lainnya sebagai bentuk support kepada NumpangJejak, dan jangan lupa menyertakan sumbernya dari www.NumpangJejak.com
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar