--> Skip to main content

Review Belanja Barang di Amazon Melalui HargaDunia

Belanja Barang Secara online didalam negeri mungkin sudah biasa bagi sebagian orang lain, termasuk saya. Namun untuk belanja online dari luar negeri bagaimana rasanya ?

Sebenarnya saya sendiri sudah pernah belanja barang dari luar negeri, yaitu di Situs yang berasal dari negeri tirai bambu atau China bernama AliExpress, namun saya belum pernah belanja barang dari negara asal eropa, contohnya Amerika.

Salah satu dari beberapa situs belanja barang online terbesar di Amerika yaitu ada Amazon, Saya sebenarnya sudah dari dulu ingin mencoba beli barang di situs tersebut, namun didalam benak pikiran saya terdapat hal yang saya takuti, yaitu TAKUT BARANG TIDAK SAMPAI, ditambah lagi proses bea cukai yang belum saya mengerti.

Ketakutan tersebut berawal dari saya searching mengenai pengalaman beberapa orang indonesia yang membeli barang di amazon mengalami kejadian tersebut. Alasan saya searching ini karena apabila saya ingin membeli barang disitus belanja online yang sama sekali belum saya gunakan, saya cari tau dulu informasi dari pengalaman orang lain.

Baca juga : Review SSD Hikvision C100 3D Nand 240GB

Takut iya, Tapi ujung-ujungnya tetap nekat belanja juga. Nekat saya ini disebabkan karena harga barang di Amazon ini yang benar-benar sangat menggoda saya, bisa dibilang Racun Sultan meski saya sebenarnya gak berduit amat hehehehe. kebetulan saya mencoba cari barang yang membuat saya tertarik, yaitu Kamera Insta360 Air. itu tuh kamera yang bisa mengabadikan momen dengan sudut 360 derajat, secara sederhana menangkap foto/video diseluruh objek.

Niat awal saya membeli kamera tersebut sebenarnya mencoba membelinya pada situs belanja online di Indonesia saja. Tapi yang menghambat niat saya membeli adalah harganya yang menurut saya mahal. Seperti kebiasaan yang saya lakukan, kalau ingin membeli sesuatu melakukan survey harga dulu, agar mengetahui apakah harganya sesuai dengan harga pasaran.

Kebetulan barang yang saya cari ini rupanya ada 2 model, salah satu modelnya coba saya cari, hingga saya menemukan di situs Amazon dengan harga dibawah pasaran yang ada di Indonesia. Perbandingannya bisa sobat lihat / cari sendiri harga kamera Insta360 Air ini. Rata-rata harga di Indonesia sekitar 1,5 juta - 2 jutaan. sedangkan di Amazon justru dibawah, kalau dari yang saya lihat pas sekali momennya barang tersebut lagi diskon, gak nanggung-nangggung diskonnya sampai 61%, $49.95 kalau dirupiahkan IDR 738,300. Kalau harga aslinya itu $129 (IDR 1,906,720) seperti harga pasaran di indonesia. oh iya harga barang tersebut belum termasuk biaya tambahan seperti biaya pengiriman dan pajak jika harga barang yang kita beli ini melebihi batas bebas bea cukai.

23 Juli 2019 Hari Pertama Beli Barang di Amazon lewat HargaDunia.com

Setelah saya sudah pasti ingin membeli kamera di Amazon, muncul lagi masalah baru saya. Metode pembayaran yang disediakan Amazon tidak ada yang bisa saya gunakan. Pilihan pembayaran yang tersedia di Amazon ada 4, yaitu :

  • Kartu Kredit / Debit
  • Bayar Cash menggunakan Amazon PayCode (Western Union)
  • Gift Cards & Kode Promosi
  • Personal Checking Accounts (ini kurang tau, sepertinya khusus yang tinggal di Amerika)

Sebenarnya saya bisa menggunakan pilihan Gift Cards, karena di indonesia banyak yang menjual vouchernya, tapi harganya ditambah lagi harga modal si penjual gift card tersebut, jadinya agal mahal. Oleh sebab itu, saya mencoba menggunakan alternatif jasa pihak ketiga yang bisa membantu membelikan barang di Amazon.

Banyak berbagai pihak jasa titip beli barang luar negeri yang bisa membelikan barang di Amazon, Salah satunya adalah HargaDunia. Pada awalnya saya cari tau juga informasi mengenai jasa ini. Meski terdapat penilaian negatif, seperti ada yang mengatakan hargadunia.com penipu. tapi itu isu yang sudah beberapa tahun yang sudah lama, HargaDunia.com sudah melakukan perubahan, hal tersebut terjawab di halaman testimoninya yang beberapa akhir ini mendapat respon positif. Akhirnya saya yakin untuk belanja di hargadunia.com

Untuk melakukan permintaan pembelian caranya cukup mudah, terlebih dahulu sobat mendaftar akun, jika sudah masukan halaman url barang yang ingin kita beli dari situs Amazon, lalu taruh di halaman pencarian situs HargaDunia. Apabila barang tidak ada di situs HargaDunia, bisa melakukan Product Request dengan tujuan agar bisa membelinya dan mengetahui harganya dalam bentuk mata uang rupiah.

https://hargadunia.com/product/request

Jika barang yang kita beli sudah ada di HargaDunia, kita lakukan pembelian seperti Situs belanja online pada umumnya, Add to Cart >> Proceed to Checkout >> Pilih / Buat Alamat Kita >> bagian Detail Order, kita bisa menentukan menggunakan Asuransi dan Prioritas Pengiriman atau tidak, Jika sudah Buy Now >> Kita tinggal pilih metode pembayaran, yang saya suka dari HargaDunia ada Pembayaran otomatis (Virtual Akun BCA) dan cicilan tanpa kartu kredit.

Setelah saya membayar, tinggal menunggu barang sampai, ditanggal 23 Juli 2019 adalah hari saya membeli barangnya. Untuk mengetahui proses pengiriman bisa melihat di Menu My Account lalu pilih My Order. Selama pengiriman, sobat jangan cemas dengan lamanya pengiriman. Karena barang ini adalah barang dari Luar Negeri, jadi wajar saja pengiriman agak lama. Ditambah lagi HargaDunia sudah memberi jaminan uang kembali apabila barang tidak sampai.

Tanggal 29 Juli 2019

Pada tanggal 29 Juli, status yang sebelumnya Sedang diproses oleh HargaDunia, berubah menjadi Sedang Diproses Oleh Pihak Seller, artinya tinggal menunggu penjual mengirim barangnya ke Gudang Amerika. Setiap hari status pengiriman saya bakal periksa agar mengetahui informasinya, hal ini sebagai antisipasi jika barang misalnya hilang, kita sudah mengetahui posisi terakhir barang.

Tanggal 8 Agustus 2019

Pada tanggal 8 agustus status barang berubah menjadi "sudah tiba di gudang Amerika", selanjutnya tinggal pengiriman ke Gudang di Indonesia.

Tanggal 10 Agustus 2019

Selang 2 hari seperti dugaan saya status pengiriman di website HargaDunia berubah menjadi pengiriman tujuan indonesia. disini pada awalnya saya berpikir prosesnya lumayan lama karena dari amerika langsung ke indonesia.

Tanggal 16 Agustus 2019

Bertepatan hari sebelum kemerdekaan Indonesia tepatnya tanggal 16 agustus saya mendapat pesan email masuk dari HargaDunia bahwa status barang sudah tiba di Indonesia, Disini saya sedikit kaget selama proses pengiriman dari amerika ke indonesia rupanya hanya memakan 6 hari, lumayan cepat untuk sekelas pengiriman yang jaraknya jauh sekali.

Tanggal 19 Agustus 2019

Setelah 3 hari melewati status terakhir, saya mendapat email baru lagi dari HargaDunia status berubah dengan pesan "Barang yang saya beli telah dikirim ke alamat rumah saya", pesan tersebut juga saya cek di websitenya, namun sayangnya saya tidak diberikan nomor resi agar bisa saya lacak secara mandiri. Awalnya saya berpikir mungkin resi bakal diberi belakangan jika sudah masuk ke sistem ekspedisinya, tapi sudah melewati 3 hari belum juga diberikan.

Saya coba untuk menghubungi pihak HargaDunia melalui kontak whatsapp, akhirnya diberikan juga nomor resi pelacakan, ekspedisi yang dipilih yaitu REX. Oh iya, Mitra logistik HargaDunia itu hanya ada 2 yaitu JNE dan REX. saya awalnya berharap JNE karena selama ini saya belum pernah menggunakan REX dalam hal pembelian barang, tapi tidak masalah juga yang penting barang pesanan saya sampai dengan selamat.

Baca artikel lainnya : DomaiNesia Solusi Penyedia Web Hosting dan Domain Harga Terjangkau

Tanggal 22 Agustus 2019

Selama menunggu barang sampai, saya sedikit mengeluhkan proses pengiriman ekspedisi REX ini, karena ternyata barang saya sudah langsung dikirim pihak HargaDunia tanggal 16 Agustus bersamaan saat status barang telah tiba di Indonesia. Pengiriman agak lama mungkin ini terjadi karena proses pengiriman sedikit terhambat bertepatan hari kemerdekaan indonesia 17 agustus.

Tepat tanggal 21 saya menanyakan ke pihak REX mengenai kejelasan status paket saya melalui Instagram resminya, beruntung sekali saya dibalas oleh adminnya, dan saat itu juga status terbaru kiriman saya berubah telah sampai di Kota saya yaitu Samarinda.

Besoknya tanggal 22 Agustus, Di siang hari saya mendapat telepon dari kurir REX yang ingin menanyakan lokasi saya, saya pun gembira bukan main barang yang saya pesan akhirnya datang. Dan yah barang yang saya beli akhirnya saya terima. Rupanya barang pesanan saya dikemas kembali oleh HargaDunia menggunakan kardus dan dipasang tulisan HargaDunia.com

Didalamnya saya buka isi karsus, barang yang saya terima sesuai dengan permintaan. selain barang yang saya terima, hargadunia juga memberikan 2 lembar kertas yang terdiri dari bukti invoice (faktur) dan keterangan tanggal quality control, quality control ini sebagai bukti sudah dilakukannya proses pengecekan barang oleh pihak hargadunia sebelum diteruskan ke konsumen / pembeli, dengan alasan quality control mungkin ini penyebab kenapa tidak ada kemasan dari amazonnya.

Kesimpulan

Dari pembahasan diatas terjawab sudah dari pertanyaan sebagian orang, apakah hargadunia.com terpercaya ? Setelah saya merasakan sendiri gimana beli barang di amazon melalui jasa pihak ketiga bernama HargaDunia. Saya dengan yakin bahwa HargaDunia bukanlah jasa yang menipu konsumennya, mungkin menurut saya dari beberapa keluhan yang tersebar di Internet terjadi karena miskomunikasi antara pembeli dengan pihak HargaDunia.

Saya bersumpah bahwa artikel ini bukanlah bayaran dari pihak HargaDunia. selama proses awal saya mendaftar akun di HargaDunia hingga barang yang saya beli sampai tidak ada satupun hambatan yang terjadi, ini murni pengalaman belanja di hargadunia dari saya.

Kedepannya saya berharap, HargaDunia selalu melakukan perbaikan yang lebih baik agar tidak membuat konsumennya merasa khawatir, pertama untuk mitra logistiknya kalau bisa ditambah lagi agar proses pengiriman lokal ke konsumen lebih cepat, karena menurut saya 2 ekspedisi masih belum cukup, misalnya saja jika salah satu ekspedisi libur/ terhenti untuk menerima pengiriman, otomatis mitra yang beroperasi kemungkinan bakal kewalahan. lalu contoh pada kasus saya yaitu tidak diberikannya nomor resi pelacakan di website HargaDunia saat barang sudah di Indonesia dan dikirim ke alamat saya.

Namun dari kasus saya tersebut, Intinya kita sebagai pembeli harus aktif selama proses pembelian berjalan, jangan malu untuk bertanya, karena HargaDunia sudah menyediakan layanan komunikasi untuk konsumennya, baik itu melalui email/line dan WhatsApp. ditambah lagi diberikannya jaminan pergantian produk atau pengembalian uang apabila ada kerusakan barang dengan syarat ketentuan yang ada.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar