Rabu, 14 Februari 2018

Cara Membuat Rekening Bank BCA Tahapan Xpresi

Tags

Pengalaman Cara Buka Rekening Bank BCA Tahapan Xpresi

Rekening Bank sudah pasti orang-orang pada tau, tapi mungkin sobat ada yang belum memilikinya.

Sudah bingung tidak tau cara membuatnya, ditambah lagi banyak nama nama bank, sehingga Bank mana yang bagus untuk dipilih. Apalagi syarat-syarat yang diperlukan pada tiap Bank berbeda-beda. 

Tapi mungkin saran saya boleh sobat pilih, kebetulan saya adalah nasabah pada suatu bank. Perlu diketahui artikel ini murni dari saran pribadi saya, bukan dibayar pihak bank terkait.

Saya boleh menyarankan untuk menggunakan Bank BCA. Jenis rekening BCA ada berbagai kategori sebutannya. Lebih baik pilih Tahapan Xpresi. Kenapa tahapan xpresi ? Tenang saja, saya akan memberikan beberapa point alasannya dibawah.

Tidak ada batasan umur

Karena penggunaan rekening bank juga banyak digunakan kalangan muda, maka disediakan lah jenis rekening khusus kalangan tersebut, seperti pelajar dan mahasiswa. sehingga buat sobat yang masih pelajar jangan khawatir, Bank BCA juga menerima pembukaan rekening sesuai umurnya.

Tahapan Xpresi sebenarnya juga bisa untuk orang dewasa, namun persyaratan pembukaannya jelas berbeda.

Setor tunai bisa di mesin ATM

Ini yang membedakan dari bank lain bagi saya rasakan. namun saya belum tau apa Bank lain juga memilikinya. Sobat biasanya untuk melakukan setor tunai taunya harus ke teller bank kan ?

Di BCA bisa tidak harus melakukannya loh, kenapa ? karena selain menyediakan mesin tarik tunai, mereka juga memiliki mesin untuk setor tunai yang disebut CDM. Jadi tiap nasabah BCA apapun jenis produk yang digunakan tidak perlu melakukan setor ke teller.

Biasanya mesin CMD ada di tiap lokasi atau cabang bank terdekat. Pecahan yang bisa disetor adalah 20 ribu, 50 ribu, dan 100 ribu. Maksimal jumlah lembar uang yaitu 50 lembar, jika lebih sisanya dikeluarkan oleh mesin.

Gimana ? mantap bukan ? hal seperti ini jelas membantu banget menurut saya, apalagi kalau sedang mengantri, jelas gak banget.

Setoran awal ringan

Biasanya tiap bank menerapkan setoran awal untuk membuka rekening baru, rata-rata sebesar 100 ribu, tetapi khusus Tahapan Xpresi hanya sebesar 50 ribu, rekening sudah bisa dibuat. murah kan ? sebenarnya dana yang masuk tidak sebesar itu sih, karena 25 ribu nya akan terpotong untuk biaya pembuatan kartu atm, jadinya hanya sisa 25 ribu.

Biaya Administrasi bulanan rendah

Sama seperti setoran awalan, biaya admin yang dikenakan di Tahapan Xpresi sangat rendah. yaitu sebesar 5000. kurang apa lagi ? nih saya tambah lagi, untuk saldo minimum yang ditahan hanya 10 ribu loh. jelas murah sekali, biasanya pada tiap bank menerapkan saldo minimum untuk ditahan pada rekening rata-rata 50 ribu.

Tetapi, ada kekurangannya

Bener nih ada kekurangannya ? apa itu ? yup, ada sob kekurangan di Tahapan Xpresi ini, kita tidak memiliki buku tabungan, hanya kartu ATM yang diberikan.

Jadi untuk cek saldo, mutasi atau transaksi hanya bisa di e-Banking BCA.

Cara membuat / membuka rekening Tahapan Xpresi



Dokumen

Kali ini saya akan memberikan bagaimana membuka rekening tahapan xpresi, pertama menyiapkan dokumen. agar memudahkan sobat dalam prosesnya, saya menyarankan juga membawa kartu keluarga asli dan yang sudah di fotocopy. karena tiap cabang kadang bisa menentukan persyaratan yang berbeda-beda.

Pengalaman saya begitu, terutama untuk mahasiswa. apalagi yang belum bekerja dan tidak mempunyai kendaraan pribadi.

Persyaratan dokumen sudah ditetapkan BCA berdasarkan umurnya, bisa lihat di tabel berikut
Kelompok UmurPersyaratan Dokumen Pembukaan Rekening
Perorangan Dewasa (diatas 17 tahun)Identitas Diri Asli (KTP/SIM/Paspor)
NPWP (jika ada).
Perorangan Belum Dewasa yang Tidak Diwakili (12 - 17 tahun)Kartu Pelajar Asli/Surat Keterangan dari Sekolah Asli *
Identitas Diri salah satu Orang Tua (KTP/SIM/Paspor)
Membawa NPWP salah satu Orang Tua (Jika Ada).
Surat Persetujuan salah satu Orang Tua untuk Pembukaan Rekening.
Formulir Data Nasabah Perorangan (untuk data salah satu Orang Tua **).
Perorangan Belum Dewasa yang Diwakili *** ( dibawah 12 tahun)Identitas Diri salah satu Orang Tua (KTP/SIM/Paspor) Asli
Akte Kelahiran Anak/Kartu Keluarga/Kartu Identitas Anak
NPWP salah satu Orang Tua (Jika Ada).
Perhatikan tulisan bertanda * karena diberi penjelasannya
*    Jika tidak memiliki Kartu Pelajar/Surat Keterangan dari Sekolah, calon nasabah harus mengikuti ketentuan pembukaan rekening untuk usia < 12 tahun.
**   Jika Orang Tua belum memiliki rekening di BCA.
***  Kehadiran salah satu Orang Tua/Wali diperlukan.

Saat sampai di cabang bank, lebih baik sobat tanyakan dulu ke satpam. biasanya banyak membantu dalam pertanyaan buat yang ingin bertanya seperti pembukaan rekening baru.

Berdasarkan pengalaman saya, pada umumnya untuk indetintas diri yang diminta KTP, SIM, dan NPWP. Saya langsung menjelaskan saja tidak memiliki motor (SIM) dan belum bekerja (NPWP), bilang saja alasannya masih mahasiswa.

Di tempat saya yang diminta kartu identitas sesuai tabel, karena tidak memiliki SIM dan NPWP, sebagai gantinya yang diminta adalah kartu keluarga asli dan versi fotocopy, juga kartu mahasiswa.

Ini ditempat saya yah, saya kurang tau kalau ditempat sobat apa saja yang diminta, tapi ini bisa sebagai antisipasi.

Oh iya, jangan lupa bawa materai 6000 sob, sebenarnya di bank BCA juga menyediakannya sob harganya 7000 kalau tidak salah, sobat boleh nentukan sendiri bawa sendiri atau beli di tellernya langsung saat membuat rekening.

Pengurusan Formulir

Setelah dokumen siap, kita mengantri hingga giliran kita untuk maju ke teller. disini kita ditanya ingin membuka rekening, biasanya dijelaskan jenis rekening layanan di BCA, salah satunya Tahapan Xpresi, pilih itu.

Lalu yang sudah siap tadi diminta untuk pendataan, sobat juga diberi formulir untuk mengisi data, saya saat itu juga sambil ditanya kuliah dimana, semester berapa. 

Nah untuk setoran awal sobat bisa diatas 50 ribu kok, saya aja menyetor 150 ribu. lalu untuk kartu atm kita disuruh pilih, macam-macam loh jenis kartunya saya milih gambar bola hehehe.

Sehabis memilih kartu kita sobat disuruh tanda tangan di beberapa formulir, seperti kesepakatan gitu, harus sama yah tanda tangannya sesuai yang di ktp, karena pernah kakak saya harus mengulang tanda tangan karena beda di ktp.

Selain itu juga diminta uang setoran dan materai seperti yang saya jelaskan diatas. disini ada juga ditawarin asuransi, sobat bisa menolaknya kok.

Memasukan PIN

Tidak lupa sobat disuruh memasukan pin buat rekening berjumlah 6 angka, jangan gunakan angka yang mudah ditebak sob seperti tanggal lahir atau alamat rumah.

Sobat juga difoto, dan tanda tangan di belakang kartu atm milik sobat. dan sampai sini rekening sudah Jadi. 

Mengetahui Nomor Rekening 

Karena Tahapan Xpresi tidak memiliki buku rekening, otomatis bagaimana cara mengetahui nomor rekeningnya ?

Saat sobat menandatangani kartu atm, pasti disampingnya ada tulisan 10 angka yang ditulis tellernya terlebih dahulu, nah itulah nomor rekeningnya sob. 

Lebih baik sobat catat di tempat lain seperti handphone atau buku. takutnya tulisannya bisa terhapus karena hanya bermodalkan pulpen. berikut tampilannya 

Pengalaman Cara Buka Rekening Bank BCA Tahapan Xpresi


Kapan Rekening bisa digunakan ?

Setelah rekening jadi, sobat akan diberitahu oleh tellernya bahwa untuk saat ini hanya bisa melakukan cek saldo, sedangkan untuk transaksi harus menunggu hingga 1 x 24 jam baru bisa sobat gunakan.

Artikel Terkait

Mahasiswa yang hobi download movie genre action dan comedy, ngesosmed yang sering lupa waktu, apalagi makan. Manga favorite

One Piece.


EmoticonEmoticon