Cara Mengaktifkan HTTPS di Blogger atau Blogspot pada Custom Domain

Kabar gembira buat sobat yang memiliki blog berdomain Custom, atau biasa disebut domain TLD. bahwa Blogger sudah mendukung sertifikat SSL atau biasa diketahui HTTPS untuk Custom Domain.

Dukungan sertifikat SSL ini sebenarnya belum diberitahu secara resmi di situs officialnya, tetapi saat saya masuk ke pengaturan basic, sudah ada pengaturannya yang sebelumnya tidak bisa dilakukan.

Namun disaat ramainya diperbincangkan, pengaturan tersebut kembali di sembunyikan. entah maksud dari pihak blogger untuk menyembunyikannya karena apa, apa masih dalam tahap percobaan atau alasan lainnya.

Baca juga : Cara mendaftar dan memasang sitemap blog ke Bing Webmaster

Tetapi, sebenarnya masih bisa kita aktifkan sob, cara ini dengan memanfaatkan melalui alamat url. jika sobat ingin mengaktifkannya bisa mengikuti cara ini.

Mengaktifkan HTTPS (SSL)


Login, ubah url blog www.blogger.com/blablabla menjadi draft.blogger.com/blablabla , dan Enter.


Pergi ke menu Setelan → Dasar → Bagian HTTPS di Ketersediaan HTTPS ubah menjadi Ya.


Tunggu hingga 3 menit atau bahkan lebih lalu Refresh (F5) pada browser, hingga pengaturan Pengalihan HTTPS tidak disable, jika sudah tidak disable ubah menjadi Ya.


Mengubah semua URL pada Template


Selanjutnya tahapan mengubah url awalan pada template HTTP: menjadi HTTPS: pergi ke menu Tema → Edit HTML


Cari tiap url yang berawalan HTTP: lalu ubah menjadi HTTPS: untuk memudahkan pencarian tekan kombinasi CTRL+F pada keyboard, jangan lupa jika sudah diubah Simpan Tema.


Daftar ulang properti url blog di Google Webmaster


Lakukan pendaftaran ulang alamat blog di Google Webmaster / Google Search Console dan juga membuat sitemapnya, jangan lupa saat pendaftaran alamat url diawalin https:

Sobat bisa mengikuti tutorial saya pada artikel berikut. jika sudah hapus properti blog sebelumnya yang sudah dibuat (yang masih menggunakan http:).

Efek sesudah mengaktifkan SSL (HTTPS)


Jika semua langkah diatas sudah dilakukan, maka tahap pengaktifan SSL ini sudah selesai. sobat bisa memeriksanya saat mengunjungi blog. disamping kiri url, jika ada lambang gembok dan bertulisan secure berwarna hijau, maka SSL aktif dan berhasil.


Bicara dari efek dari pengaturan ini tentu akan ada efek sampingnya, seperti jumlah visitor dan pendapatan adsense menurun (iklan tidak muncul).

Tapi sobat jangan khawatir karena ini hanya dalam tahap proses pengalihan, biasanya memerlukan 1-3 hari. Karena mesin pencarian google membutuhkan perayapan ulang url baru blog sobat.

Baca juga : Pembahasan dan Cara mendapatkan Sitelink Blog dari Google

Mengatasi iklan adsense yang kadang tidak muncul


Mungkin ini bisa sobat gunakan, jika iklan tidak muncul saat sesudah mengaktifkan SSL. dengan mengubah atau mengaktifkan robot.txt

Pergi ke Setelan → Preferensi Penelusuran → Bagian robot.txt khusus pilih edit.


Isi dengan mengikuti teks berikut.

User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /

Sitemap: https://urlblogsobat/sitemap.xml

Jika sebelumnya sobat sudah mengisi robot.txt mengikuti sumber refrensi lainnya, tinggal diganti seperti punya saya.

Sampai disini saja tutorial dari saya, jika sobat masih ada merasa kurang mengerti pada langkah-langkahnya, bisa menanyakan ke saya melalui kolom komentar dibawah. atau jika ada pertanyaan yang bersifat privasi juga bisa melalui kontak.

You Might Also Like:

Disqus Comments