Skip to main content

follow us

Apa kabar sob, mohon maaf sekali saya sudah jarang untuk mengupdate artikel karena kesibukan kegiatan diluar. akhirnya saya bisa membuat artikel baru yang bisa saya bilang membawa kabar baru buat penulis blog mengenai Ads.

Tidak perlu dijelaskan juga sobat pasti tau Facebook kan ? bicara mengenai adsense pada umumnya milik google lah yang paling banyak diketahui. tapi rupanya, facebook juga memiliki layanan iklan ini yang diperuntukan Penulis Blog atau Publisher.

Iklan ini namanya adalah Audience Network, baru-baru ini sudah banyak dibincangkan didunia blogger, dan salah satu yang menyebabkan menjadi trend ini menurut para dunia marketing dikarenankan sebuah kebijakan baru untuk mengaktifkan iklan di YouTube.


Hal ini menyebabkan banyak pemain youtube yang beralih ke berbagai jenis online marketing yang salah satunya adalah blog. disaat itu pula timbulah saran dari para blogger untuk memanfaatkan layanan Facebook ini.

Sebenarnya selain karena penyebab diatas ada lagi faktor lainnya, yaitu fitur milik facebook bernama Instan Article. Instan article dan Audience Network ini sangat berkaitan sob.

Baca juga : Memahami cara kerja Facebook Ads to Adsense

Sayangnya banyak kekeliruan di beberapa orang dalam penyebutannya, bahkan sudah sampai masuk di Media koran. Iklan yang seharusnya adalah audience network tapi disebut instan article. tapi saya tidak mempermasalahkan ya.

Lalu seperti apa itu Instan article ? instan article ini layaknya sebuah fitur bernama AMP dalam template blog. layanan untuk membuka konten secara cepat hingga 10 kali lipat saat diakses melalui aplikasi facebook di mobile atau handphone. kalau AMP secara keseluruhan blog, maka Instan article hanya pada artikel yang dirubah sob.

Perbedaannya bisa dilihat dibawah ini
AMP
INSTAN ARTICLE
Aktif secara keseluruhan dari template Homepage maupun artikelAktif Hanya di artikel
Aktif saat dibuka melalui mesin pencarian di browserAktif saat dishare di Facebook
Bisa dibuka melalui Browser Handphone Hanya bisa dibuka melalui aplikasi Facebook
Menampilkan url layaknya addres barTidak menampilkan Url
Dibuat melalui TemplateDibuat melalui Fanpage facebook
terbaca di mesin pencarianterpisah sehingga tidak terbaca oleh mesin pencarian
Langsung dari artikel aslitidak langsung dari artikel asli (hanya mengambil feed rss)
-Hanya bisa berpindah ke artikel lain yang sudah dibuat secara manual melalui url atau related post

Dalam kategori apa jenis iklan Audience Network ?

Audience Network ini adalah iklan berjenis PPC dan CPM.

Apa ada proses review ?

Tidak sob, proses review terjadi hanya pada saat pertama kali membuat artikel di instan article. untuk menggunkan Audience network, kita hanya perlu membuat data akun penerima pembayaran. jika sudah saat dibuat slot iklan saat itu juga aktif. 

Apakah pengaturan audience network susah ?


Susah tidak mudah juga tidak, caranya sama seperti pada umumnya kita menaruh kodenya. menurut saya yang ada sih ribetnya. karena kita harus menaruh kode iklan secara manual pada tiap artikel yang dibuat di instan article.

Dari mana perhitungan pendapatan iklan Audience Network ? 


Ada 2 sob, yaitu dari perhitungan jumlah Klik dan eCPM (pendapatan per 1000 tayangan)

Contoh laporan saat saya memulai menggunakan Audience Network

Apakah Audience Network terbukti membayar dan menjanjikan? 


Menurut para blogger yang sudah berhasil melakukan penarikan dana dari memasang iklan ini sangat sekali menjanjikan. Kalau dari saya, mohon maaf belum tau karena saya baru memulai mencoba ini sob.

Baca juga : Cara Mendaftar Instant Articles Facebook untuk Blogger

Kedepannya apakah Audience Network ini ramai digunakan ? 


Menurut saya sangat pasti banyak digunakan, bahkan media-media ternama sudah mulai menggunakan Instan article dan memasang Adsnya.

Saya berani berkata kalau Audience Network ini bahkan bisa bersaing dengan Iklan milik Google, karena pengguna sosial media Facebook semakin meningkat tiap tahunnya. juga tingkat kebutuhan pengunjung dalam mengakses sebuah konten harus cepat dan tidak banyak memakan data internet.

Sampai disini saja dan sekian dari pembahasan saya untuk memperkenalkan Audience Network. jika ada kesalahan kata sobat bisa memberitahu saya untuk mengoreksi penjelasan diatas. tidak lupa kedepannya saya juga akan membuat tutorial membuat instan article dan memasang iklannya yang bernama audience network.

You Might Also Like:


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar