Skip to main content

follow us

Di awal tahun 2018 ini, sepertinya google melakukan penambahan besar-besaran di berbagai fitur platform blog miliknya bernama blogger atau blogspot.

Pada artikel saya sebelumnya google sudah memberikan layanan SSL (HTTPS) gratis untuk blog yang berdomain custom di blogger.

Kini ada fitur baru bernama ads.txt, sebenarnya pada bulan akhir di tahun sebelumnya isu ini sudah diketahui, dan akhirnya di akhir di tahun 2018 sudah disediakan.


Apa itu ads.txt ?


Kalau menurut sumber resmi google sobat bisa membacanya di halaman berikut. tapi berdasarkan analisa saya ads.txt adalah sebuah layanan wewenang publisher (kita), kepada situs penyedia iklan (contohnya google adsense), menampilkan iklan berdasarkan ID yang didaftarkan di ads.txt.

Lebih singkat lagi contoh gambarannya gini, kan ada berbagai macam tuh penyedia iklan selain Google Adsense, contohnya media.net (milik microsoft).

Sedangkan kita mau memasang iklan pada blog hanya Google Adsense, nah dengan adanya ads.txt kita bisa memiliki otoritas iklan mana yang boleh dipasang.

Penggunaan ads.txt tidak wajib, namun direkomendasikan, khususnya pengguna Google Adsense.

Baca juga : Cara Mengaktifkan HTTPS di Blogger atau Blogspot pada Custom Domain

Cara Mengaktifkan ads.txt pada blogger / blogspot


Untuk mengaktifkannya pada blogger pergi ke Setelan → Preferensi Penelusuran → Bagian Monetasi , pilih edit bagian ads.txt kustom menjadi Ya → lalu isi teks berikut

google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0


Untuk pub-0000000000000000 ganti menjadi id pub google adsense sobat. untuk mengetahuinya buka akun google adsense → Settings → Account Information → Nomor penayang (Publisher ID) adalah idnya.


Jika sudah Simpan. untuk mengecek apakah sudah berhasil, buka url di address bar dengan mengikuti tulisan berikut.

http://urlblog/ads.txt

Ubah urlblog sesuai dengan domain blog sobat, jika menggunakan SSL gunakan https://

Untuk sobat yang saat login akun adsense, mungkin ada ada pesan peringatan teks berikut disaat belum mengaktifkan ads.txt.

Penghasilan Anda berisiko - Satu atau beberapa file ads.txt Anda tidak berisi ID penayang AdSense. Perbaiki masalah ini sekarang juga untuk menghindari dampak yang serius pada pendapatan Anda.

Jika ada pesan tersebut, berarti sobat diwajibkan untuk mengaktifkannya sesuai cara diatas. jika pesan peringatan masih ada walau sudah mengaktifkannya, jangan khawatir karena memerlukan waktu 1x24 jam pesan akan hilang.

Efek sementara setelah mengaktifkan ads.txt


Jika sobat kaget bahwa iklan adsensenya tidak timbul setelah mengaktifkan ads.txt ini, jangan khawatir, karena sistem adsense memerlukan waktu hingga 24 jam untuk mendaftarkan perubahannya.

Namun jika belum juga timbul, bisa mendaftarkan alamat blog sobat untuk verifikasi site di adsense, bisa membacanya di artikel berikut..

sekian dari saya, jika ada yang masih belum dimengerti bisa menanyakannya di kolom komentar disqus.

Sobat mungkin tertarik artikel lainnya:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar