Memahami cara kerja Facebook Ads to Adsense

FB Ads to Adsense sedang ramainya digunakan para blogger untuk blog atau websitenya. Rasa penasaran saya semakin tinggi untuk mencobanya. karena beberapa orang di grup komunitas blogger banyak mengatakan hasil dari memasang iklan di facebook lebih cepat menghasilkan dalam pendapatan Iklan.

Selain yang katanya bisa meningkatkan pendapatan juga bisa meningkatkan pengunjung blog atau website secara instan. tentu ini suatu yang selalu diinginkan para blogger.

Sebelum mencoba, saya mencari cara untuk memasang iklan di facebook tersebut. mulai dari pembayaran, target audience dan lainnya. Rupanya cara kerja ini hampir mirip seperti Google Adwords.

Baca juga : Tips mencegah Kode Iklan Google Adsense diambil pengguna lain

Hanya saja yang membedakan sedikit adalah sobat harus memiliki fanspage terlebih dahulu. biaya yang saya keluarkan untuk mencoba iklan ini sebesar 25.000,- selama 3 hari. semakin besar biaya pengeluaran maka semakin besar juga target audience yang tertarget. metode pembayaran yang disediakan untuk membayar iklan ini bisa melalui Kartu Kredit atau Bank Transfer.

Jujur saja saat melakukan ini saya tidak berharap mendapatkan pengunjung yang ramai dari beriklan facebook ini karena sekedar percobaan.

Iklan ini mendukung beberapa mode seperti mobile version, dan juga ternyata bisa dipasang di Instagram tanpa harus memiliki akun Instagram. 

Tipe tampilan iklan bisa melalui video slide, gambar slide, melalui post sebelumnya yang sudah ada di fanspage, atau membuatnya terlebih dahulu. lalu jika sudah membuatnya akan ada tahap proses review dari pihak facebook. mungkin untuk mencegah terjadinya fake ads yang seperti ngemis like, komen amin, fake clickbait (umpan balik palsu), gambar menyesatkan yang tidak sesuai dengan isi blog yang dipromosikan.

Setelah menggunakannya banyak keuntungan dan kerugiannya menurut saya pribadi, diantaranya dimulai dari respon audience, respon klik, jumlah yang dijangkau, traffic, dan hubungan adsense.

Keuntungan


Untuk keuntungan mungkin gak banyak, yaitu Meningkatkan Pengunjung secara Instan dan Menambah penghasilan Adsense.


Kerugian


Kerugian ini tergolong banyak, ditambah lagi bisa membuat hal yang fatal pada akun adsense sobat. simak secara seksama

1. Traffic tidak alami


Memasang iklan di facebook jika bicara mengenai sumber trafik pengunjung blog, tentu akan dianggap tidak alami, karena sumber kunjungannya melalui sosial media yang bukan termasuk mesin pencarian. namun dengan memanfaatkan iklan ini bisa membuat keuntungan tersendiri. meski tingkat persentasinya kecil, kemungkinan sebagian orang yang masih mengingat blog kita, pasti akan mencoba mencarinya kembali melalui mesin pencarian google.

2. Hanya musiman


Yang dimaksud musiman adalah misalnya disaat sobat memasang iklan blog di facebook tersebut pada bulan ramadhan, pengunjung tentu ramai, namun ramai yang dimaksud hanya saat bulan tersebut. Jika tidak memasang kembali pada hari selanjutnya pengunjung tidak akan lagi mengunjungi, bahkan bisa sepi pengunjung. kembali seperti nomor 1, pengunjung akan mencari kembali blog sobat melalui pencarian google jika masih mengingatnya.

3. Jarang ada yang mau mengunjungi iklan di facebook yang dipasang


Berdasarkan pengalaman saya, jangan pernah berharap bahwa ada orang yang mau mengunjungi iklan yang terpasang, walaupun target jangkauan mencapai ribuan, seperti yang saya rasakan sudah mencapai 17.000 lebih jangkauan hanya mendapat belasan yang mau mengunjungi blog saya. disini mungkin saja saya ada kesalahan setting untuk memancing minat orang, contohnya seperti gambar diatas.

4. CPC Adsense kecil


Ini sudah lama menjadi pembicaraan para senior blog dan memang terbukti, traffic yang berasal dari facebook pasti akan mendapatkan nilai CPC (biaya klik tiap iklan adsense) menjadi rendah dibanding traffic yang berasal dari Organic Search Engine seperti Google Search.

Baca juga : Menarik pendapatan Google Adsense dengan Western Union di Kantor Pos

5. Invalid Traffic


Pada Adsense terdapat istilah Invalid traffic, biasanya karena disebabkan klik atau tayangan yang bisa meningkatkan penghasilan penayang dengan cara yang tidak semestinya. Traffic tidak valid mencakup traffic yang menipu untuk melakukan aktivitas secara sengaja serta klik yang tidak disengaja (invalid activity). berdasarkan informasi berbagai grup yang saya ikuti banyak yang mengatakan bahwa mengiklan di blog di facebook bisa membuat invalid traffic. di peraturan google adsense ini sebenarnya dilarang sekali.

Untuk dampaknya jika masih tergolong wajar biasanya estimasi penghasilan akan dikurangi sesuai aktivitas traffic yang tidak valid pada laporan penghasilan akhir transaksi pembayaran adsense.

6. Akun Adsense Dibanned karena Invalid Activity


Ini lanjutan dari Invalid traffic, jika sebelumnya masih tergolong wajar, maka disini kebalikannya. yaitu tingkat yang paling parah sering disebut Invlid Activity, jika tingkat traffic dan aktivitas klik tidak valid sangat tinggi pada akun sobat, google akan menonaktifkan (Banned) akun adsense sobat.

Kesimpulan


Dari kesimpulan pembahasan diatas, menurut saya bahwa fb ads to adsense ini sah-sah saja digunakan untuk blog, namun menurut saya ini cenderung lebih cocok digunakan untuk mengiklankan sebuah produk. karena tujuannya hanya menargetkan audience yang sesuai diinginkan, memang ini sama dengan penyedia masang iklan lainnya, tapi sumber lalu lintasnya bukan melalui mesin pencarian, melainkan melalui facebook itu sendiri.

Hal ini kurang disukai oleh Google, yang lebih mementingkan sumber lalu lintas original. untuk itu jika sobat memang mau sekali menggunakan iklan facebook untuk mempromosikan blognya, lebih baik perlu melakukan pemikiran yang matang apa saja resiko yang akan dihadapi.

Sekian dari pembahasan saya, dan jika saja ada kekeliruan dalam pembahasan ini mohon maaf sekali jika ada kesalahan dalam penjelasannya ini. sekian dan terima kasih.

You Might Also Like:

Disqus Comments