Skip to main content

Dampak Buruk terkena Google Sandbox bagi sebuah Blog

Kali ini saya membahas hal yang berkaitan dengan SEO Blog Tips, yaitu Google Sandbox. Pembahasan ini berdasarkan pengalaman saya yang baru saja terjadi di blog ini, mungkin dalam pikiran sobat sandbox sebuah bak pasir. tapi rupanya sandbox memiliki arti yang berbeda dalam sebuah SEO Blog.

Sebelumnya akan saya jelaskan terlebih dahulu apa itu Google Sandbox, Google Sandbox adalah sebuah tindakan pinalti atau pelanggaran pada sebuah blog, jika blog tersebut melakukan optimasi seo secara berlebihan yang dapat berujung spam bagi Google. resikonya akan terkena Google Sandbox.

Baca juga : Perbedaan Platform Blogger vs Wordpress Self Hosted

Lalu, apa saja dampak buruknya jika terkena pinalti tersebut ?
Ada beberapa macam jenis dampak dari Sandbox, salah satu diantaranya saya merasakannya.

1. Deindexed


Pertama yang paling parah menurut saya, alamat domain blog akan dihapus atau tidak terindeks dari mesin pencarian google, sebanyak apapun kamu cari melalui berbagai macam cara tidak akan ketemu, tak hanya alamat domain, semua alamat url artikel dan laman yang berhubungan domain blog tersebut juga tidak ada di mesin pencarian google. sebutan yang paling menakutkannya adalah Banned.

2. Penalized 


Kedua ini pinalti yang saya rasakan, alamat domain blog atau home page masih ada di mesin pencarian google, hanya saja beberapa alamat url artikel akan hilang atau gagal terindeks, saya sendiri satu artikel saya terkena dampak ini, lalu saya cek di webmaster tool yang hari sebelumnya jumlah artikel terindeks 13 menjadi 12. saya perika di mesin pencarian google nihil.



3. Sandboxed


Terakhir ini tergolong pelanggaran ringan, kita tidak terkena deindexed dan penalized, hanya saja jenis sandbox ini biasanya berbarengan dengan penalized, karena efek ini menghasilkan traffic blog seperti jumlah visitor mendadak menurun yang tidak seperti biasanya.

Untuk itu saya menyarankan sobat untuk rajin-rajin mengecek kondisi blognya, banyak situs yang menyediakan untuk memeriksa blog sobat apakah terkena sandbox, namun saya sarankan gunakanlah fitur dari layanan google sendiri yaitu Webmaster Tools (Search Console).

Dari Tools ini Sobat bisa mengetahui artikel mana saja yang terkena sandbox dengan ciri artikel deindex, halamannya silahkan kunjungi berikut Google Search Console.

Cukup pilih property (situs yang ingin di periksa) di sudut kiri, tepatnya dibawah judul tulisan Google Search Console. Lalu pilih Menu StatusCakupan indeks (Index Coverage)Pilih Di Kecualikan (excluded).

Disinilah sobat bisa mengetahui artikel mana yang belum terindeks dalam bentuk url artikel. Saran saya sehari atau dua hari setelah melakukan posting artikel baru sobat harus mengeceknya.

Agar mengetahui apakah artikel tersebut melakukan pelanggaran atau tidak, karena lebih mudah mencegahnya dan resikonya sangat kecil, karena biasanya pemicu utama terkena sandbox adalah artikel blog.
Dari pada menyesal kedepannya saat artikel berjumlah ratusan kita repot untuk memeriksa satu persatu artikel mana yang terkena sandbox.

Sekian dari pembahasan ini, mohon maaf jika saya ada salah kata, karena saya sendiri baru belajar dari pengalaman ini. kedepannya saya akan membuat artikel cara menangani masalah dari sandbox ini, jika artikel ini bermanfaat buat sobat, share dan beritahu teman blogger lainnya melalui sosial media sobat. jangan lupa sertakan sumber.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar