Kamis, 30 Maret 2017

Dampak Buruk terkena Google Sandbox bagi sebuah Blog

Dampak Buruk terkena Google Sandbox bagi sebuah Blog

Kali ini saya membahas hal yang berkaitan dengan SEO Blog Tips, yaitu Google Sandbox. Pembahasan ini berdasarkan pengalaman saya yang baru saja terjadi di blog ini, mungkin dalam pikiran sobat sandbox sebuah bak pasir. tapi rupanya sandbox memiliki arti yang berbeda dalam sebuah SEO Blog.

Sebelumnya akan saya jelaskan terlebih dahulu apa itu Google Sandbox, Google Sandbox adalah sebuah tindakan pinalti atau pelanggaran pada sebuah blog, jika blog tersebut melakukan optimasi seo secara berlebihan yang dapat berujung spam bagi Google. resikonya akan terkena Google Sandbox.

Lalu, apa saja dampak buruknya jika terkena pinalti tersebut ?
Ada beberapa macam jenis dampak dari Sandbox, salah satu diantaranya saya merasakannya.

1. Deindexed
Pertama yang paling parah menurut saya, alamat domain blog akan dihapus atau tidak terindeks dari mesin pencarian google, sebanyak apapun kamu cari melalui berbagai macam cara tidak akan ketemu, tak hanya alamat domain, semua alamat url artikel dan laman yang berhubungan domain blog tersebut juga tidak ada di mesin pencarian google. sebutan yang paling menakutkannya adalah Banned.

2. Penalized 
Kedua ini pinalti yang saya rasakan, alamat domain blog atau home page masih ada di mesin pencarian google, hanya saja beberapa alamat url artikel akan hilang atau gagal terindeks, saya sendiri satu artikel saya terkena dampak ini, lalu saya cek di webmaster tool yang hari sebelumnya jumlah artikel terindeks 13 menjadi 12. saya perika di mesin pencarian google nihil.

Dampak Buruk terkena Google Sandbox bagi sebuah Blog

Efek Buruk terkena Google Sandbox bagi sebuah Blog
3. Sandboxed
Terakhir ini tergolong pelanggaran ringan, kita tidak terkena deindexed dan penalized, hanya saja jenis sandbox ini biasanya berbarengan dengan penalized, karena efek ini menghasilkan traffic blog seperti jumlah visitor mendadak menurun yang tidak seperti biasanya.

Untuk itu saya menyarankan sobat untuk rajin-rajin mengecek kondisi blognya, banyak situs yang menyediakan untuk memeriksa blog sobat apakah terkena sandbox, namun ada sebuah situs rekomendasi yang masih saya kurang tau apa itu milik google atau pihak ketiga.

Namanya Google Sandbox and Penalty Checker Tool. Caranya menggunakannya sangat simpel, cukup memasukan alamat url domain blog sobat lalu akan tampil pesannya, biasanya akan diberitahu jenis pinalti apa yang ada di blog kita berupa tulisan merah, jika blog sobat lolos dari  google sandbox akan menampilkan tulisan looks ok! berwarna hijau. contoh hasilnya ada pada gambar no. 2. berikut link Google Sandbox and Penalty Checker Tool 

Disitu juga disediakan tiga jenis nama pinalti seperti yang saya sebutkan diatas beserta penjelasannya berupa bahasa inggris. agar lebih nyaman disaat sobat ingin mengecek kembali kondisi blog suatu saat, sobat lebih baik menyimpan alamat situsnya melalui bookmark browser. 

Efek Buruk terkena Google Sandbox bagi sebuah Blog
Saran saya sehari atau dua hari setelah melakukan posting artikel baru sobat harus mengeceknya. agar mengetahui apakah artikel tersebut melakukan pelanggaran atau tidak, karena lebih mudah mencegahnya dan resikonya sangat kecil, karena biasanya pemicu utama terkena sandbox adalah artikel blog.

Dari pada menyesal kedepannya saat artikel berjumlah ratusan kita repot untuk memeriksa satu persatu artikel mana yang terkena sandbox.

Update

Sekian dari pembahasan ini, mohon maaf jika saya ada salah kata, karena saya sendiri baru belajar dari pengalaman ini. kedepannya saya akan membuat artikel cara menangani masalah dari sandbox ini, jika artikel ini bermanfaat buat sobat, share dan beritahu teman blogger lainnya melalui sosial media sobat. jangan lupa sertakan sumber.

Artikel Terkait

Mahasiswa yang hobi download movie genre action dan comedy, ngesosmed yang sering lupa waktu, apalagi makan. Manga favorite

One Piece.


EmoticonEmoticon