Kamis, 03 Agustus 2017

Perbedaan Platform Blogger vs Wordpress Self Hosted

Tags

Perbedaan Platform Blogger vs Wordpress Self Hosted

Disaat blogger pemula memulai ngeblog, pasti muncul sebuah pertanyaan. jenis platform apa yang bagus sebagai rekomendasi untuk digunakan. respon para senior pun berbeda-beda jawabannya. munculah sikap untuk membandingkan sebuah platform blog atau web yang berujung pro dan kontra hingga sekarang.

Seperti antara (Blogger) Blogspot vs Wordpress . Sebenarnya kita tidak bisa menentukan yang terbaik, karena masing-masing platform memiliki sebuah keunggulan tersendiri yang tidak ada pada lawan pesaingnya.

Baca juga : Peralatan yang dibutuhkan untuk menjalankan Blog

Mengenai pembahasan kali ini, saya akan memberikan penjelasan perbedaan antara blogspot dengan Wordpress. tapi untuk wordpress saya memilih yang berjenis self hosted, karena wordpress ini ada 2 jenis.

Berikut perbandingan pada kedua platform masing-masing.

Server


Server menjadi pusat perhatian utama pemilik blog. karena semakin bagus server itu maka pengunjung akan semakin mudah untuk terhubung ke alamat blog yang dituju.

Blogger sendiri menggunakan server yang sudah disediakan oleh Google, jadi pemilik blog hanya perlu memiliki akun email yang disebut gmail, sudah bisa menggunakan platform ini tanpa perlu melakukan setting seperti menginstal, cukup membuat nama dan alamat blog atau web, maka blog sudah jadi.

Apalagi server dari google ini sudah terjamin kualitasnya dan banyak, jarang terjadi server down sama sekali, bahkan hampir tidak pernah terjadi menurut saya.

Sedangkan Wordpress self hosted ini berbeda, jika sobat memilih platform ini maka hal utama yang harus dipersiapkan adalah servernya. sebutan ini biasanya disebut web hosting, namun jangan khawatir, banyak kok situs penyedia web hosting bahkan di indonesia yang kualitasnya terjamin.

Tapi kendala yang sering dihadapi para pemilik blog ini pasti diserver, karena resiko memiliki pengunjung yang banyak akan menimbulkan server down.

Ada harga ada kualitas. server untuk web atau blog ini ada tingkatannya juga. dimulai dari yang terendah Shared Hosting, menengah VPS ( Virtual Private Server ), dan yang tertinggi adalah Dedicated Server.

Jadi sebelum menentukan situs penyedia web hosting. tentukan

Oh iya nih sob, saya merekomendasikan sebuah situs yang menyediakan web hosting bernama Niagahoster. ini situs dijamin pelayanan top, dan servernya baik. jika ingin membelinya bisa menggunakan kode dari NumpangJejak untuk mendapatkan potongan 10% loh. kodenya berikut a-numpangjejak


Antarmuka Pengguna (User Interface)


Blogger memiliki tampilan antarmuka yang menurut saya sangat simpel, orang awam pun bisa mengerti dengan cepat sekali mempelajarinya. Tampilan ditahun sebelum dengan sekarang masih sama, mulai kombinasi warna yang digunakan dan posisi menu. 

Hanya sedikit perubahan yang ada, yaitu menggunakan teknologi bahasa pemrograman baru bernama AJAX, pengguna harus mengaktifkan javascript agar bisa berjalan pada tiap browser. 

Pengaturannya pun tidak membuat pusing penggunanya. untuk mencari penjelasannya sudah banyak blog-blog yang menyediakan, jadi akan mudah dipelajari.

Wordpress memiliki tampilan antarmuka bisa dibilang komplit. tak heran ini banyak dominan digunakan pengguna menengah keatas. ini cocok buat yang benar-benar serius mengembangkan blog atau web. bahkan situs resmi pemerintah indonesia menggunakannya.

Penyimpanan ( Storage )


Blogger pada umumnya untuk menyimpan file seperti gambar akan tersimpan di drive yang disebut Google Drive. tapi agar bisa terlihat file gambar tersebut, terdapat pengaturannya. besar kapasitas yang diberikan secara standar sebesar 15 GB. untuk mengupgradenya harus mengeluarkan biaya pertahunnya.

Beban sebesar 15 GB itu sepenuhnya untuk per-akun. jadi jika sobat ada menyimpan file video, aplikasi, dll di google drive, juga mengurangi kapasitas penyimpanan blogger.

Dibandingkan Wordpress self hosted, besar kapasitas penyimpanan tergantung Web hosting yang digunakan. tiap situs penyedia biasanya memberikan kapasitas yang berbeda-beda. ada yang tertentu misalnya 10 GB, juga ada yang unlimited.

Tema ( Theme )


Tema pada blogger bisa dibilang sederhana, ada tema bawaan yang disediakan oleh blogger, namun sobat bisa menggunakan tema buatan yang banyak disediakan oleh blog-blog lain secara gratis atau berbayar.

Pengaturannya pun contohnya merubah warna hanya bisa dilakukan melalui 2 cara, yaitu Tata Letak ( Layout ) dan Edit HTML melalui bahasa pemrograman web.

Perlu diingat! pengaturan melalui Edit HTML ini dibutuhkan keahlian minimal mengerti bahasa pemrograman web.

Selanjutnya Wordpress, mungkin lebih unggul dalam tema, karena tema yang disediakan biasanya tergolong bagus dan banyak kustomisasi tanpa harus merubahnya melalui script, sehingga hanya perlu mengaturnya secara otomatis melalui mouse. bisa dibilang sangat premium sekali.
Kadang tema yang premium ini memiliki fitur tambahan yang terhubung dengan sebutan plugins. karena ini secara terpisah, bisa harus menambahkan dana pengeluaran untuk mendapatkannya.


SEO ( Search Engine Optimization )


SEO lagi-lagi menjadi patokan yang harus ada apapun pembahasannya di dunia blog. Simpel saja, menurut pikiran sobat pasti blogger terjamin lebih cepat dalam hal seo daripada wordpress, kerena milik google sendiri. 

Belum tentu sob, banyak pengaturan yang harus dilakukan di blogger agar menjadi seo, meski tanpa melakukannya secara manual pun akan tetap menjadi SEO.

Contohnya artikel. sebenarnya tanpa mensubmit url artikel ke Google Webmaster Tools, akan secara perlahan artikel terindex di mesin pencarian. namun cara tersebut biasanya membutuhkan waktu yang lama. karena mesin pencarian harus mencarinya secara perlahan tanpa diberitahu si pemilik blog.

Sebaliknya jika mensubmit secara manual ke Google Webmaster Tools, maka disaat itu juga google diberitahu untuk merayap url artikel agar secepatnya terindex. ini mungkin masih menjadi kekurangan yang ada di blogger, tapi saat sudah terindex, tidak akan kalah dalam hal SEO dengan wordpress.

Wordpress sama halnya dengan blogger, tetapi ada 1 keunggulan yang berbeda dari blogger. yaitu Plugins. di wordpress self hosted ini memiliki fitur plugins yang bisa memasang berbagai macam program tambahan. caranya dengan mengintal di platform wordpress tersebut.

Banyak plugins Optimasi SEO yang disediakan di wordpress self hosted. contohnya Yoast SEO, Sehingga pemilik blog hanya perlu memasang plugins itu, dan blog melakukan Optimasi SEO secara otomatis.

Cadangan ( Backup )


Konten blog tiba-tiba terhapus tidak sengaja, atau secara sengaja dihapus oleh oknum lain, pasti menyakitkan sekali. untuk mencegahnya kedua platform ini sudah memberikan fitur cadangan (backup).

Tapi, memiliki perbedaan. Blogger ada 2 opsi backup, Pertama tema dan kedua konten yang terdiri dari halaman, postingan & komentar.

Wordpress self hosted juga memiliki 2 opsi backup, pertama melalui web hosting sendiri, ini membackup secara seluruhan isi web. Kedua melalui bantuan plugin wordpress.

Iklan ( Ads )


Pengggunaan iklan di blog atau web untuk kedua platform ini sama-sama dibolehkan.

Google Adsense contohnya. google mendukung semua platform web blog untuk memasang iklan miliknya, karena ini sama-sama menguntungkan. 

Akan tetapi khusus blogger, google menetapkan peraturan beberapa jenis iklan yang dilarang. selain mengutamakan kenyamanan pengunjung blog, ini juga mempengaruhi kepercayaan pengiklan yang bekerja sama dengan Google.

Wordpress juga, namun tidak sepenuhnya bisa dipantau Google.

Fitur Tambahan


Fitur tambahan ini sebut saja "Hiasan" sebagai kesepakatan. di point sebelumnya saya ada mengutip " Plugins " di Wordpress. ini salah satu fitur tambahan yang menurut saya tidak ada di blogspot.

Hanya saja ini berbeda cara penggunaannya di blogspot. kalau di wordpress tinggal instal dan mengaktifkannya. sedangkan di blogspot mengeditnya melalui edit html atau menambahkan widget menggunakan script.

Kesimpulan


Demikian beberapa penjelasan mengenai perbedaan sebuah platform web atau blog yaitu (Blogger) Blogspot dengan Wordpress Self hosted. tiap platform memang memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. 

Sebagai seorang blogger kita tidak bisa menentukan salah satu platform tersebut yang mana yang terbaik. apabila sobat bingung menentukannya, pilihlah berdasarkan kebutuhan sobat.

Jika tidak ingin repot mengurus masalah server down, pengaturan yang memudahkan dan tidak ingin mengeluarkan biaya yang banyak, pilihlah Blogspot (Blogger).

Namun, jika sobat adalah orang yang ingin mencapai tujuan banyak pengunjung blog atau webnya, mengerti dari segi hal yang berhubungan server, mempunyai pengalaman trial dan error dibidang web atau blog, dan memiliki modal yang besar. maka saya sarankan pilihlah Wordpress Self Hosted.

Artikel Terkait

Mahasiswa yang hobi download movie genre action dan comedy, ngesosmed yang sering lupa waktu, apalagi makan. Manga favorite

One Piece.


EmoticonEmoticon