Selasa, 08 Agustus 2017

Pembahasan dan Cara mendapatkan Sitelink Blog dari Google

Pembahasan dan Cara mendapatkan Sitelink Blog dari Google

Pada sebuah artikel blog saya, ada seorang pengunjung yang ingin mengetahui melalui pertanyaan dan meminta sebuah permintaan, yaitu saat kita membuka di search engine google, lalu menulis nama blog kita. contohnya seperti blog saya NumpangJejak, maka akan menampilkan nama blog, namun juga berbarengan dengan sub menu sebagian laman atau artikel blog.

Nah yang jadi pertanyaan, disebut apa sebagian sub menu yang tepat dibawah nama blog tersebut ?

Jawabannya adalah Sitelink atau kalau dalam artian bahasa indonesianya yaitu Tautan Situs. Berbicara mengenai sitelink ini akan saya jelaskan pengertian dan fungsinya.

Sitelink ini adalah sebuah rujukan yang fungsinya untuk membantu pengunjung dalam navigasi blog atau web yang dikunjungi, namun bukan di blog, melainkan ketika masih di mesin pencarian google.

Selain menampilkan nama blog, juga menampilkan sebuah laman atau artikel rekomendasi yang diberikan oleh Google kepada pengunjungnya. Sehingga bisa menghemat waktu dan memudahkan menemukan informasi yang dicari dengan cepat.

Nah sudah taukan mengenai sitelink ini, tetapi yang menjadi pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara mendapatkan sitelink ?

Perlu diketahui sob, sitelink ini untuk mendapatkannya tidak bisa kita tentukan, karena ini berupa hadiah dari Google. dan ini tidak bisa kita ketahui melalui pemberitahuan seperti email contohnya.

Sebelumnya pada tahun 2016, Sebenarnya di Webmaster Tools ada sebuah menu untuk membuat sitelinks ini dengan sangat mudah dan akan tampil secara langsung di mesin pencarian, namun setelah pihak google melakukan pengkajian ulang, mereka secara resmi menghapus menu tersebut. Dan menetapkan agar bisa mendapatkanya, konten blog harus berisi informasi yang bermanfaat bagi penggunanya.

Jika sobat menemukan tutorial yang masih menggunakan melalui menu webmaster tools tersebut, saya pastikan tidak bisa digunakan lagi, karena seperti yang saya katakan tadi, menu tersebut sudah dihapus.

Baca juga : Tips membuat agar Blog SEO Friendly

Saya memulai membuat artikel blog ini sejak bulan januari 2017, hanya butuh 3 atau 4 bulan untuk mendapatkan sitelink ini, namun masih belum menampilkan sitelink yang stabil. masih sering berubah-ubah, kadang tampil 6 berkurang jadi 4, balik lagi menjadi 6.

contoh sitelink blog
Contoh Sitelink blog NumpangJejak

Tapi, Berdasarkan pengalaman yang saya lakukan dengan melakukan beberapa berikut:

1. Menggunakan Domain TLD yang Unik.


Sebenarnya menggunakan domain bawaan seperti blogspot masih bisa mendapatkannya. tapi tidak secepat blog yang menggunakan custom domain TLD ( Top Level Domain ). menurut saya google lebih mengutamakan domain TLD daripada domain platform bawaan.

Selain itu, keunikan nama domain juga penentu disukai oleh google. Domain yang unik pasti berbeda dengan blog lainnnya. dan memudahkan pengunjung setia mengingat kembali nama blog sobat. sehingga mereka akan mencarinya kembali melalui mesin pencarian. dijamin sumber lalu lintas blog sobat pasti akan alami.

2. Template Blog yang terstruktur baik.


Apakah template juga mempengaruhi blog untuk mendapatkan sitelink ini ? yup, karena template blog ini ibarat sebuah ciri identitas sobat, maka mesin pencarian Google ini bisa disebut sebagai pencatat identitasnya.

Ini mempengaruhi seo blog sobat. Template yang struktur datanya baik, maka proses perayapan (pencatatan) di mesin pencarian Google juga akan baik tanpa akan terjadi error.

Selain itu, buatlah navigasi yang yang baik terutama menu. pastikan menampilkan berdasarkan kategori ( label ) dan laman blog.

Jadi pilihlah, template yang terjamin struktur datanya, boleh template free tapi kalau perlu yang berbayar.

3. Membuat Blog dan Artikel Unik.


Seperti apa sih membuat blog yang unik ini ? unik yang dimaksud ini adalah blog yang memiliki ciri khas yang berbeda dari blog lainnya. tidak meniru tampilan web atau blog milik blogger lainnya yang sudah dikenal oleh orang lain.

Memang meniru akan memudahkan menarik pengunjung dengan cepat. tapi dijamin sobat akan kalah saing dengan si pemilik asli.

Lalu, artikel juga seperti membuat blog unik. buatlah artikel yang berbeda bahkan tidak pernah ada dibahas oleh blogger lainnya. sehingga tingkat persaingan tidak susah, dan mudah memasuki halaman pertama di mesin pencarian, perlahan tapi pasti.

Apakah harus selalu update artikel tiap harinya ?

Publikasi artikel boleh dilakukan per harinya, namun sampai batas mana sobat sanggup melakukannya. pastikan tidak menggangu kegiatan lainnya yang berujung berhenti berjalannya blog sobat. atau perhari 1 artikel. saya saja tiap minggu 2 artikel, bahkan melewati target tesebut.

4. Submit blog dan artikel ke Google Webmaster Tools.


Agar blog bisa terdata di search engine (mesin pencarian) google, hal pertama yang harus dilakukan adalah medaftarkan dan memverifikasi blog ke sebuah layanan yaitu Google Webmaster Tools.

Setelah berhasil mendaftar dan verifikasi. jangan lupa setiap publikasi artikel baru, lakukan submit artikel tersebut di Google Webmaster Tools. agar memudahkan dan mempercepat index artikel di mesin pencarian.

Selain itu, manfaat memasukan blog ke Webmaster tools ini bisa mengetahui error atau kesalahan merayap url blog.

5. Memasang Sitemap ke Google Webmaster Tools.


Sama seperti pada point no. 4 sobat harus mendaftarkan ( peta situs ) sitemap blog ke Google Webmaster Tools.

Ini membantu sekali mengetahui jumlah konten yang terindex, bahkan yang sebelumnya sudah terindex berubah menjadi deindex bisa diketahui melalui ini.

Setiap publikasi artikel terbaru, lakukan request ulang konten di sitemap ini.

Baca juga : Cara mendaftar dan memasang sitemap blog ke Webmaster Tools

6. Membatasi Share Artikel Ke Sosial Media.


Hal utama yang mempengaruhi dalam membagikan artikel ke sosial media ini adalah SEO, mengapa bisa terjadi ?

Karena saat seseorang membuka artikel yang dibagikan, maka akan terdata sumber lalu lintasnya bukan melalui mesin pencarian, melainkan sosial media yang digunakan.

Dan ini tidak didukung oleh mesin pencarian Google. Agar bisa mendatangkan pengunjung alami melalui mesin pencarian, sobat harus mengerti penggunaan kata kunci yang sesuai dalam pembuatan artikel.

Tetapi ada pengecualian, menggunakan sosial media boleh saja untuk menarik pembaca sekaligus mempromosikan blog . dengan syarat tidak terlalu sering menggunakannya. kalau dari saya, hanya saat artikel baru dipublikasi maka akan saya bagikan ke sosial media seperti facebook , twitter , dan google+ 1 kali.

Kesimpulan


Setelah memahami mengenai sitelink ini, kita dapat memperolehnya dengan melakukan hal-hal yang ada pada blog sebelum dibuat hingga melakukan pembuatan konten. mendapatkan sitelink tidak bisa ditebak kapan ada di blog kita. karena berupa bonus pemberian dari Google bahwa blog kita dipercaya sebagai tempat yang memiliki konten bermanfaat.

Tapi penentu paling utamanya adalah visitor yang ramai mengunjungi blog kita melalui mesin pencarian. Semakin banyak artikel yang dikunjungi tidak menutup kemungkinan, artikel tersebut bisa menjadi sitelink di mesin pencarian. bahkan laman yang lainnya pun bisa ikut terdaftar.

Artikel Terkait

Mahasiswa yang hobi download movie genre action dan comedy, ngesosmed yang sering lupa waktu, apalagi makan. Manga favorite

One Piece.


EmoticonEmoticon