Selasa, 01 Agustus 2017

Memahami cara kerja BPK atau CPC di Google Adsense

Tags

Memahami cara kerja BPK atau CPC di Google Adsense

Sebagai publisher yang bekerja sama dengan Google Adsense, penyedia iklan terbesar di dunia ber jenis paid per click atau disingkat PPC. kita pasti akan membuat konten sebaik mungkin.

Karena konten yang baik akan menghasilkan pendapatan yang juga memuaskan. namun taukah sobat ada sebuah istilah yang ada di tiap laporan google adsense ?

Salah satunya BPK atau CPC dalam bahasa inggrisnya. jika masih belum mengetahuinya, maka sobat harus segera untuk mendalami ini.

Banyak orang yang masih bingung, mengapa blog yang dijalaninya memiliki pengunjung dan klik yang banyak namun hasil pendapatan adsensenya sangat kecil sekali. mungkin termasuk sobat.

Baca juga : Tips mencegah Kode Iklan Google Adsense diambil pengguna lain

Nah peran BPK/CPC inilah yang menentukan besar kecilnya pendapatan mengiklan tersebut. tapi, apakah sudah mengetahui BPK/CPC ini ? simak penjelasan berikut.

Apa itu BPK atau CPC di Adsense ?


BPK adalah singkatan dari Biaya per klik pada sebuah iklan yang terpasang di konten blog atau web. kalau dalam bahasa inggrisnya yaitu CPC kepanjangan dari Cost per click. 

Kedua jenis istilah tersebut selalu ada di akun adsense sobat. jika mata uang di akun adalah Rupiah maka menampilkan laporan BPK, sebaliknya jika menggunakan Dolar menampilkan laporan CPC. keduanya sifatnya sama saja.

Cara Kerja


Setelah mengetahui penjelasan singkatnya, ternyata secara sederhana BPK/CPC adalah nominal uang yang didapat tiap iklan kita diklik oleh pengguna, dan jika banyak pengunjung dan klik banyak akan mendapat bayaran besar. tapi tidak semudah itu cara kerjanya sob.

Mengapa ?

Karena besar kecilnya iklan yang di klik tergantung beberapa faktor. simak beberapa point yang saya dapat.

1. Pengiklan ( Advertiser )


Sobat pasti tau tiap iklan menampilkan reklame promosi yang berbeda-beda. itu karena beda perusahaan yang memasang, tidak hanya 1 perusahaan. dan sebagian pengiklan ada membayar lebih per klik daripada pengiklan lainnya. itulah mengapa kadang iklan yang di klik bisa besar atau kecil.

2. Sumber Traffic


Ini sudah menjadi hal yang bisa dibilang terbukti. bahkan sebagian senior blogger mengatakannya seperti Mas Dian Umbara. bahwa traffic atau sumber lalu lintas blog yang alami akan meningkatkan nilai per klik iklan blog tersebut.

Lalu dari manakah traffic alami itu ?

Seperti dari mesin pencarian Yahoo, Bing, bahkan milik Google sendiri.

Apakah juga ada sumber traffic yang tidak alami ?

Tentu ada. yaitu sosial media salah satunya Facebook contohnya, saya sendiri merasakannya. jika sobat pernah membaca artikel saya sebelumnya mengenai FB Ads to Adsense, disitu dijelaskan. bahkan karena facebook inilah sebagian pendapatan adsense saya dikurangi karena traffic tidak valid.
Selain facebook, juga sosial media lainnya seperti Twitter dan Instagram. Kecuali untuk Google Plus. karena milik google dan terjamin. bahkan blog platform blogspot pun menyarankannya untuk berbagi artikel menggunakan google plus.

Sebenarnya mempromosikan blog melalui sosial media boleh saja, tapi saya sarankan untuk jangan terlalu sering. 

3. Kata Kunci ( Keywords )


Kata Kunci ini selalu jadi tujuan utama para blogger untuk menggunakannya pada blog mereka. salah satu solusi agar blog mereka masuk dalam nominasi mesin pencarian teratas. ternyata sebagian keywords ini memiliki nilai bayaran BPK/CPC dan masih berkaitan dengan no. 1 yang saya jelaskan.

Apakah ini benar terbukti ?

Akan saya jelaskan secara singkat, misal sobat mencari " cara mendapatkan free hosting " di mesin pencarian google, maka akan menampilkan blog rekomendasi sesuai pencarian tersebut. lalu sebagian kata yang mengandung kata kunci tersebut nanti akan tampil di iklan sebuah blog yang sobat kunjungi.

Otomatis jika sobat melihat dan mengklik iklan tersebut maka pemilik blog akan mendapatkan bayaran yang sesuai dari kata kunci tersebut, asalkan syarat iklan yang diklik menampilkan iklan sesuai dengan kata kunci.

Namun perlu diingat!!

Nilai tawaran klik melalui kata kunci ini masih belum benar-benar terbukti untuk memberi bayaran per klik yang sesuai. karena hanya berupa taksiran dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Untuk itu alangkah lebih baik, saran dari saya sering-seringlah melakukan riset kata kunci yang tingkat persaingannya rendah tapi paling banyak dicari dan memiliki nilai bayarannya bagus. meski untuk hal ini bisa saya bilang mustahil.

Karena semakin besar bayarannya maka semakin banyak tingkat kompetitor (persaingan) yang menggunakannya.

Target Pembaca Berdasarkan Negara


Banyak para Senior blog yang mengatakan mulai beralih dari target pembacanya yang berada di Indonesia ke negara luar, seperti US yang paling dominan berbahasa inggris.

Kenapa ? karena dari pengakuan mereka bayaran BPK/CPCnya sangat besar, bisa $5 hingga $10 keatas. daripada di indonesia yang dibawah $1.

Meski mendapatkan penghasilan ditingkat jumlah tayangan dan kliknya lebih banyak konten yang targetnya berbahasa indonesia, konten negara luar bisa setara penghasilannya walau dengan jumlah tayangan dan klik yang rendah.

Misal, penghasilan blog bahasa indonesia mendapatkan 100rb dengan jumlah tayangan 200rb dan klik 2000, maka penghasilan blog bahasa inggris bisa mendapatkan 100rb dengan jumlah tayangan 80rb dan klik 500.

Ini sudah terbukti. BPK/CPC besar juga karena berdasarkan target pembaca bahasa yang digunakan.

Kesimpulan 


Setelah mengetahui lebih dalam dari pembahasan ini, akhirnya kita bisa mengetahui bahwa pendapatan google adsense ini bisa ditingkatkan dengan berbagai cara, salah satunya ini adalah melalui BPK / CPC.

Mungkin sebagian pembahasan ini masih ada yang kurang, setidaknya bisa membantu semangat sobat dalam mengumpulkan dolar melalui blog atau web.

Artikel Terkait

Mahasiswa yang hobi download movie genre action dan comedy, ngesosmed yang sering lupa waktu, apalagi makan. Manga favorite

One Piece.


EmoticonEmoticon