Senin, 12 Juni 2017

Tips membuat agar Blog SEO Friendly

Tags

Tips membuat agar Blog SEO Friendly

Blog SEO menjadi suatu impian para blogger, manfaatnya tidak lain akan disukai mesin pencarian Google agar mudah dibaca. tapi tidak semua orang mengetahui cara membuat blog menjadi seo friendly. karena minimnya suatu informasi yang dicari dan jarang orang yang mau berbagi rahasia ini.

Mungkin sobat pernah mencari pembahasan hal seperti ini. tapi banyak blog yang menjelaskannya hampir semuanya mirip, bahkan 100% mirip. namun tak jarang kok blog yang memberikan informasi yang berbeda namun bermanfaat.

Tapi tau gak tak hanya artikel yang mempengaruhi dalam hal SEO, ternyata template juga sangat berpengaruh pada blog. berikut cara membuat blog menjadi seo.

Judul Artikel


Judul artikel memang wajib sekali harus mengandung seo, karena judul artikel yang paling utama dicari pengunjung di mesin pencarian, jadi gunakanlah 1 sampai 3 kata kunci yang mengandung SEO, sobat bisa gunakan layanan situs keyword gratis atau berbayar seperti saya gunakan adalah keywordtool.io

Isi Artikel


Artikel lanjutan dari judul artikel, perbedaannya dari level kata kunci yang digunakan. kalau judul adalah kata kunci utama, maka artikel kata kunci turunan, gunakanlah kata kunci turunan yang masih berkaitan dengan judul artikel yang dibuat. misal judulnya menggunakan kata kunci 'Gitar' maka di artikel menggunakan kata kunci 'Gitar Akustik', 'Gitar Elektrik'.

Meta Keyword


Meta keyword ini biasanya ada pada struktur kode template blog, Gunakanlah kata kunci utama pada tema blog yang sobat gunakan, dan hanya terdiri 6 kata tanpa spasi. contohnya blog saya 'Blog, Seo, Adsense, Multimedia, Review, Tips'

Agar mudah mencari kodenya, cari kode yang hampir mirip seperti berikut.
<meta content='ISI KEYWORD SOBAT' name='keywords'/>

Meta Deskripsi


Meta deskripsi membantu dalam proses pencarian artikel di mesin pencarian google. karena memberikan penjelasan singkat pada artikel saat dicari. jadi gunakan kata kunci yang sering digunakan pengunjung untuk perwakilan artikel tersebut.

Untuk sobat yang menggunakan platform Blogger, fitur ini harus diaktifkan secara manual terlebih dahulu. caranya ke menu Setelan → Preferensi penelusuran → Pada bagian tag meta deskripsi pilih Ya untuk mengaktifkannya, lalu isi deskripsi singkat tentang blog sobat maksimal 150 kata yang mengandung kata kunci.

Juga jangan lupa tiap sobat membuat artikel baru, pada bagian kanan dibawah Lokasi, isi deskripsi yang memberikan penjelasan singkat dari artikel dengan kata kunci. cukup 150 kata, jika lebih google hanya bisa membaca 150 kata pertama tersebut.

Heading Tags


Struktur HTML dalam penggunaan Heading Tags rupanya berpengaruh pada blog, tapi seperti apa heading tags itu ? contoh heading tags dalam bentuk kode html seperti berikut:
<h1></h1>
<h2></h2>
<h3></h3>
<h4></h4>
<h5></h5>
<h6></h6>
Hasilnya akan terlihat seperti berikut, dari h1 yang paling besar hingga h6 yang paling kecil
Tips membuat agar Blog SEO Friendly heading tag
Lalu bagaimana menerapkannya ? apa harus semuanya yang diterapkan ? jawabannya tidak harus semuanya diterapkan, karena pada umumnya cukup 3 jenis heading tag yang digunakan. yaitu h1 sampai h3, namun untuk h4 boleh-boleh saja.

h1 biasanya hanya untuk nama blog di halaman utama dan judul pada tiap halaman artikel. sedangkan h2 pada judul artikel di halaman utama (ingat, halaman utama dan tiap halaman artikel berbeda), terakahir untuk h3 biasanya untuk judul widget yang terpasang di sidebar dan footer.

Jika nama blog menggunakan gambar apakah bisa menggunakan heading tags? bisa, saya menggunakan image tapi juga menggunakan heading tags.

Pada bagian isi artikel boleh menggunakan heading tags apa ? gunakan heading tags selain h1 dan h2

Baca juga : Dampak Buruk terkena Google Sandbox bagi sebuah Blog

Image Properties


Sebelumnya saya sudah menjelaskan fungsi dari image properties ini di artikel lain, tapi akan saya jelaskan lebih rinci, image pada umumnya hanya berisi alamat file gambar yang tersimpan, contohnya http://namasitus/namafilegambar.jpg namun tidak disertai judul atau properties. properties ini terdiri dari ALT dan TITLE.

Keduanya memiliki hubungan yang berkaitan, namun alt lebih dominan diutamakan karena langsung berhubungan dengan mesin pencarian, misalnya saat pengunjung mencari sebuah artikel yang berkaitan 'SEO' melalui pencarian gambar menggunakan kata kunci yang dicari, maka akan menampilkan gambar salah satu artikel sobat. 

Sedangkan title ini sebagai pengganti untuk mendeskripsikan gambar melalui teks. contohnya jika pengunjung membuka salah satu artikel sobat dan saat menload atau membaca file gambar gagal terhubung ke server penyimpanan, maka akan menampilkan teks. selain itu juga saat pembaca mengarahkan kursornya ke gambar akan menampilkan tulisan teks.

Untuk menggunakannya bagi yang menggunakan platform blogger, setelah memilih gambar, cukup menekan gambarnya lalu pilih properties.

Link 


Link sangat berpengaruh bagi mesin pencarian google untuk merayapi tautan yang aktif. namun link ini terdapat 2 bagian, yaitu Doffollow dan Noffolow, fungsi Dofollow ini memerintahkan mesin pencarian untuk merayap link tersebut agar terstruktur secara alami. 

Sedangkan Nofollow sebaliknya, yaitu untuk tidak merayap link tersebut karena tidak berkaitan dengan blog yang memasang tautan tersebut, agar tidak dianggap spam.

Di platform blogger saat memasukan link terdapat pengaturan ini.

Ada sedikit tambahan pada bagian Link, jangan lupa juga menyertakan title dan alt seperti Image Properties, namun cara ini lebih baik dilakukan secara manual melalui kode html.

Label


Label bisa juga disebut kategori, karena tiap platform blog memiliki sebutan yang berbeda-beda. biasanya tiap artikel mewakili tema yang dibahas, misalnya tutorial membuat label blog, tema itu tidak lain adalah 'Blog', mungkin ini masih jarang dan kadang tidak ditemukan.

Namun ternyata sangat didukung oleh mesin pencarian google. jika sobat pernah melihat blog melalui pencarian google, biasanya tepat dibawah judul artikel itu akan terlihat link alamat blog di lanjuti dengan label blog, contohnya www.numpangjejak.com › BLOG

Kode IFrame


Mungkin jenis kode ini masih familiar buat sobat, tapi jenis kode ini masih ada digunakan, contohnya memasang video youtube ke artikel blog, juga memasang fanspage facebook ke blog.

Kode ini biasanya diawali <iframe> dan diakhiri </iframe>

Rumornya penggunaan jenis kode ini masih belum diterima mesin pencarian seperti halnya Yahoo, otomatis tidak akan terbaca dengan baik oleh mesih pencarian yahoo. 

Agar bisa menjadi seo gantilah kode iframe menjadi object, dan jika ada menggunakan source data ganti kode src menjadi data.

Itu saja pembahasan dari saya, mungkin yang saya jelaskan ini masih kurang dan lebih baik dari penjelasan blog lainnya, namun jika sobat ingin membantu menambahkan akan segera saya update artikel ini untuk menambahkannya, sehingga membantu pembaca lainnya.

Artikel Terkait

Mahasiswa yang hobi download movie genre action dan comedy, ngesosmed yang sering lupa waktu, apalagi makan. Manga favorite

One Piece.


EmoticonEmoticon