Sabtu, 27 Mei 2017

Peralatan yang dibutuhkan untuk menjalankan Blog

Peralatan yang dibutuhkan untuk menjalankan Blog

Sebagai seorang yang ingin memulai blogging, hal yang harus ada untuk pertama kalinya adalah alat-alat yang dibutuhkan untuk menjalankan blog itu sendiri, Mulai dari hardware maupun software.

Apakah peralatan ini penting sekali, menurut saya tentu penting, karena jika sobat adalah blogger yang sangat fokus untuk mengembangkannya dan ingin memiliki perbedaan dari blogger lainnya pasti suatu saat alat ini akan sangat dibutuhkan. Yang saya beri informasi ini alat-alat dimulai dari paling dibutuhkan hingga tidak dibutuhkan namun masih boleh digunakan. 

Biaya pengeluaran tentu tidak sedikit jika sobat benar-benar belum sama sekali memilikinya sejak awal, jika sobat memiliki modal cukup tidak akan menghalagi masalah biaya ini, namun akan saya beri sedikit tips alternatif yang bisa sobat pilih sehingga dapat menghemat pengeluaran.


Ok, langsung saja berikut hardware dan software yang diperlukan untuk menjalankan blog:

1. Komputer atau Laptop
Komputer atau laptop inti dari untuk menjalankan blog, tanpa kedua hardware tersebut tidak bisa menjalankan blog. spesifikasi yang diperlukan minimal memiliki memori ram 2GB, sehingga dapat mengoprasikan beberapa aplikasi seperti browser. harga paling murah PC atau laptop sekitar 3-5 jutaan sudah bisa mendapatkannya. namun jika ingin lebih murah lagi ada di pilihan berikutnya. khusus komputer jangan lupa peralatan tambahan lainnya seperti mouse dan keyboard.

2. Smartphone atau Tablet
Smartphone atau Tablet adalah alternatif dari Komputer atau Laptop. banyak brand-brand smartphone ditahun sekarang memiliki spesifikasi bagus dengan harga murah, usahakan spesifikasinya minimal memori ram 2GB dan memori penyimpanan 16GB atau 32GB, Layar besar 5,5 inchi atau lebih, dan Processor yang bagus saya sarankan jenis Snapdragon karena lebih baik dari Mediatek untuk multitasking pindah ke beberapa aplikasi buat sobat mencari informasi. sedangkan untuk Tablet spesifikasi boleh rendah dari smartphone yang saya sebutkan. karena tablet lebih dominan di layar memudahkan untuk pengoperasiannya.

3. Modem
Modem khusus untuk komputer atau laptop, fungsinya sebagai jempatan penghubung antara komputer atau laptop dengan internet. ada yang melalui Kabel LAN, wireless (hotspot), ataupun Inject.

4. Koneksi Internet
Setelah hardware kali ini adalah konektifitas jaringan internet, tanpa internet kita tidak bisa terhubung ke blog kita. dimulai dari gratisan dan berbayar, jika sobat memiliki teman yang mau berbagi internet bisa sebagai pilihan karena menghemat pengeluaran, tapi tentu kita harus tau diri untuk menggunakannya.

Untuk berbayar sobat bisa membeli paket murah dari provider bulanan menggunakan kartu micro yang biasa digunakan smartphone, ini juga bisa digunakan modem jenis inject. sobat juga bisa menggunakan layanan jaringan internet publik seperti wi-fi.id, untuk menggunakannya cukup membeli voucher atau melalui pulsa telkomsel namun ini hanya bisa digunakan melalui laptop, smartphone atau tablet karena melalui wireless (hotspot). 

Sedangkan komputer, sobat bisa menggunakan layanan internet rumahan seperti indihome atau speedy, saya sendiri menggunakannya karena selain wireless (hotspot) bisa melalui kabel lan. tentu untuk kabel lan ini harus melakukan pengaturan manual pemasangannya.

5. Browser 
Jika Hardware dan internet sudah tersedia, selanjutnya ke software. yang pertama adalah browser fungsinya sebagai perantara agar bisa terhubung dengan server blog sehingga bisa mengatur, menulis dan melihat blog kita. untuk browser ini mungkin tidak perlu dijelaskan secara panjang karena sobat pasti sudah tau. contoh browser yaitu Google Chrome, Opera, Mozilla Firefox, Internet Explorer, Safari dan lainnya.

6. Editing Gambar
Editing Gambar bisa penting, bisa juga tidak terlalu penting bagi blog. namun ini sekedar sebagai software tambahan jika sobat ingin mengedit dan membuat gambar seperti thumbnail artikel blog, sehingga memiliki ciri khas tersendiri. contoh software ini adalah Adobe Photoshop, Adobe Illustrator dan Coreldraw. jika sobat kurang mahir menggunakannya untuk membuat gambar bisa mencarinya melalui situs gratisan penyedia gambar melalui browser.

7. Kamera
Kamera alternatif dari editing gambar, karena kalau kurang mahir di multimedia dalam pembuatan gambar, kamera sebagai penggantinya untuk mencari objek yang sesuai dengan tema artikel sobat buat.
8. Ruangan
Ruangan sebenarnya tidak ada yang perlu dipermasalahkan, tapi jika sobat adalah orang yang tidak bisa diganggu dan membutuhkan ketenangan untuk mencari ide, ruangan juga sangat berpengaruh. contohnya kamar atau kantor khusus ngeblog.

9. Informasi
Informasi sangat penting untuk perkembangan blog, jika sobat tidak mengetahuinya sobat bisa tertinggal dan kalah saing dengan blog lainnya. saran saya sering-seringlah untuk masuk komunitas grup seperti facebook, google+, atau mencari melalui Youtube untuk memantau perkembangan yang ada sesuai kebutuhan sobat.

Itu saja dari pembahasan dari artikel ini, mohon maaf jika saya ada kesalahan kata, jika ada yang ingin ditambahkan dan bertanya mengenai artikel ini, silahkan berkomentar di kolom disqus.

Artikel Terkait

Mahasiswa yang hobi download movie genre action dan comedy, ngesosmed yang sering lupa waktu, apalagi makan. Manga favorite

One Piece.


EmoticonEmoticon