Rabu, 31 Mei 2017

Tips membuat artikel agar disukai Pengunjung dan Google

Tags

tips membuat artikel agar disukai pembaca dan google

Membuat artikel yang disukai pengunjung adalah suatu tantangan bagi pemilik blog agar blognya bisa dibaca sebanyak mungkin. tak jarang karena artikel yang baik juga yang mempengaruhi pembaca jadi pengunjung setia.

Apalagi artikel itu semakin ramai maka sudah pasti juga disukai Google sebagai nilai bonus. Saya pernah melihat sebuah blog yang dalam hal struktur tampilanya acak-acakan tapi artikelnya masuk halaman pertama dalam mesin pencarian google. rupanya isi konten artikelnya yang menurut saya sangat baik sekali. 

Bagi blogger pemula mungkin yang diutamakan adalah SEO, tapi pada kenyataannya banyak kok Blog-blog yang saya temui tidak mementingkan SEO, namun pengunjungnya banyak dan masuk halaman pertama di mesin pencarian. karena mereka lebih mengutamakan kualitas untuk pengunjung daripada mementingkan urutan pertama mesin pencarian.
Kata-kata yang sesuai bagi saya pengunjung adalah raja, apapun tampilan blogmu jikalau artikelnya sangat baik dan bermanfaat bagi pembaca, maka tidak menjadi masalah. kalau artikelmu SEO tapi kualitas artikel rendah saya jamin pengunjung akan cepat kabur. sedangkan artikel yang berkualitas tanpa pengoptimalan SEO pun yang pada awalnya di halaman kedua atau kebawah bisa menjadi halaman pertama.

Lalu bagaimana membuat artikel yang berkualitas agar disukai Pengunjung dan Google ? mengenai hal tersebut saya akan memberi poin-point yang menurut saya penting berdasarkan pengalaman saya, baik itu melalui blog saya, maupun mengunjungi artikel blog-blog yang saya anggap sudah senior dalam dunia blogging.

1. SEO tidak berlebihan
SEO boleh digunakan boleh juga tidak, karena seperti yang saya katakan sebelumnya, SEO bisa saja kalah dengan artikel yang berkualitas. namun sobat juga boleh menggunakannya dengan syarat tidak dilakukan secara berlebihan, karena jika dilakukan secara berlebihan bisa dianggap buruk oleh Google dan memicu deindek artikel.

2. Judul sesuai dengan isi artikel
Ingin mendapatkan pengunjung banyak tidak harus dengan cara menjebak, seperti pembuatan judul yang memancing namun isi artikelnya 

3. Tidak terlalu banyak gambar
Gambar sangat penting dan berpengaruh bagi pengunjung, jika artikel sobat memiliki jumlah kata yang sedikit setidaknya harus memiliki 1 gambar pada awal paragraf sebagai perwakilan artikel tersebut. namun jika memiliki gambar yang banyak, saya sarankan untuk segara dikurangi. kadang pengunjung tidak menyukai hal tersebut, karena lebih menyukai penjelasan kata-kata daripada gambar. 

Sebaliknya jika artikel memiliki jumlah kata yang banyak misalnya 1000-2000 kata, gambar harus disediakan pada tiap 2 atau 3 paragraf. pengecualian untuk artikel tutorial, biasanya gambar yang disediakan banyak dengan disertai penjelasan.

4. Gambar sesuai dengan isi artikel
Ini sering saya temui pada blog-blog orang lain, gambar yang disisipkan tidak sesuai dengan isi artikel. apalagi isinya menjebak pengunjung. kalau sobat berniat untuk ngeblog gambar juga harus diperhatikan. karena bisa membantu mengoptimalkan dalam mesin pencarian jika pengunjung mencarinya melalui google image. contohnya jika sobat membuat artikel tentang review suatu situs penyedia hosting, maka gambar yang disediakan harus menggambarkan review hosting situs tersebut.

5. Memiliki Jeda Paragraf
Pembuatan artikel harus memiliki paragraf yang baik, kalau sobat membuat artikel dengan jumlah kata yang banyak, maka buatlah jeda pada tiap paragraf minimal 3 sampai 5 baris. ini sudah terbukti dan bisa untuk mencegah rasa bosan pengunjung, sayapun sudah merasakannya yang juga sebagai pengunjung blog orang lain, banyak menemukan artikel yang tidak memiliki jeda paragraf membuat mata saya lelah.

6. Tidak Typo atau salah ketik
Salah ketik atau salah pengejaan kata dalam pembuatan artikel mungkin masih dalam batas wajar, namun jika artikel itu sangat berpengaruh bagi pengunjung bisa berakibat fatal. contohnya membuat artikel yang membahas sebuah terjemahan ataupun hadist, jika salah-salah penggunaannya bisa berakibat fatal dan bertentangan dengan pendapat orang lain.

7. Gaya bahasa yang sesuai dengan target dan mudah dipahami
Kalau membuat artikel usahakan gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh pengunjung, seperti saya target pembacanya khusus untuk warga indonesia, maka bahasa yang saya gunakan yaitu bahasa resmi Indonesia. saya tidak menggunakan bahasa daerah di indonesia. Karena jika menggunakan bahasa daerah bisa salah dalam pengertian pada tiap suku. 

Tapi ada pengecualian buat sobat yang tidak ingin menggunakan bahasa indonesia yang terlalu formal, sobat bisa menggunakan bahasa non-formal namun dengan syarat masih bisa dipahami dan diterima oleh seluruh warga indonesia. juga untuk bahasa yang digunakan diluar target pembaca,  sobat saya sarankan gunakan pengertian sebagai pendamping agar pengunjung paham.

8. Tidak terlalu banyak link
Ini saya sarankan untuk tidak menggunakan terlalu banyak link, apa sobat mau artikel sobat dianggap tidak relevan oleh Google ? karena penaruhan link pada artikel ada batasannya, apalagi pada bulan maret 2017 lalu Google melakukan update algoritma fred, yang mana link sangat mempengaruhi dalam suatu backlink internal di algoritma fred.

Baca juga : Google Menambah Tema Baru Blogger 2017

Juga pada pengunjung, terutama yang membukanya melalui smartphone karena menggunakan touchscreen, link bisa secara tidak sengaja terbuka oleh pengunjung. berbeda yang membukanya melalui komputer atau laptop masih bisa dihindari. jadi gunakanlah link jika sangat penting.

9. Tidak terlalu banyak hiasan
Segera hindari dalam pembuatan artikel untuk mementingkan diri sendiri sob, yang diutamakan itu pembaca atau pengunjung. salah satunya adalah hiasan, seperti penggunaan warna dan jenis font. pengunjung bisa pusing membaca artikel yang terlalu banyak hiasan, otomatis kabur ke blog tetangga deh.

Itu saja penjelasan pada tiap point-point yang saya disebutkan, bagaimana ? apakah sudah sobat terapkan tips yang saya berikan ? mungkin masih banyak yang menurut sobat belum lengkap dari artikel ini. jika ada yang ingin ditambah silahkan beri saran di kolom komentar disqus yang saya sediakan. share jika artikel ini membantu sebagai bentuk terima kasih saya.

Artikel Terkait

Mahasiswa yang hobi download movie genre action dan comedy, ngesosmed yang sering lupa waktu, apalagi makan. Manga favorite

One Piece.


EmoticonEmoticon