Senin, 27 Februari 2017

Fitur yang bermanfaat tapi jarang digunakan oleh Pengguna Blog

Tags

Fitur yang bermanfaat tapi jarang digunakan oleh Pengguna Blog
Kali admin akan membahas mengenai Blog, tapi hanya beberapa point yang akan dibahas. yaitu fitur-fitur didalam blog yang sebenarnya bermanfaat, tapi jarang digunakan oleh pengguna blog. kenapa admin mengambil judul tersebut. karena admin sendiri pernah mengalaminya dan setiap kali melihat blog orang terkadang ketemu blog yang tidak menggunakannya fitur tersebut baik itu di grup sosial media maupun mengunjungin blog orang lain.

Ada sebelas point yang akan dibahas, mulai dari Icon, Mobile Version, Pratinjau, Image Properties, Insert jump break (More Article), Search Description (Deskripsi Penelusuran), Meta tag, Domain, Tautan permanen, Backup Template, Backup Konten.

Baca juga : Alasan mengapa harus mengganti Domain Blog menjadi Domain Pribadi

Untuk beberapa contoh gambar yang ditampilkan hampir semua menggunakan CMS Blogspot. tapi jangan khawatir karena sebagian CMS hampir memiliki fitur yang sama.

1. Icon

Icon Blog

Icon adalah salah satu fitur yang ada dan selalu tersedia pada tiap blog baik itu CMS Blogspot , Wordpress, Joomla, dan lainnya. biasanya Icon akan tampil pada tab browser di samping kiri nama blog, Manfaat icon sebagai penanda bahwa blog kita memiliki ciri lambang khas tersendiri agar diketahui dan di ingat pengguna. secara default atau bawaan tiap icon blog jika belum diubah akan menampilkan logo CMS yang digunakan, seperti Blogspot sebutannya yaitu favicon jika belum merubahnya akan menampilkan logo blogspot yang terdiri huruf B yang identik dengan warna background orange dan font putih.

2. Image Properties
Image Properties

Image Properties adalah judul pada image atau foto biasanya berupa title text dan alt text. manfaat title text adalah menampilkan judul gambar saat kursor mengarah ke gambar artikel. sedangkan alt text sebagai alternatif jika koneksi buruk dan gambar tidak terbaca maka akan menampilkan teks. selain itu menurut ahli blog Image Propertires juga bermanfaat untuk algoritma google dalam mesin pencarian atau SEO.

3. Pratinjau

Pratinjau

Pratinjau adalah fitur pada tiap blog untuk melihat hasil tampilan artikel yang bersifat sementara. Tiap CMS menyediakan fitur tersebut seperti Blogspot dan Wordpress. Pratinjau biasanya disediakan berdekatan dengan tombol Edit dan Hapus pada saat melihat seluruh list artikel atau saat membuat artikel baru. banyak pengguna blog yang tidak menggunakan atau mengetahuinya, biasanya jika sudah membuat artikel langsung mempublikasikan, lalu saat melihatnya terjadi kesalahan kata atau lainnya, mau tidak mau diedit kembali hingga hasilnya sempurna, namun tidak disadari bahwa itu menghasilkan pengunjung blog banyak yang sumbernya melalui pemilik blog sendiri.

4. Mobile Version
Mobile Version Blog                   
Mobile version adalah salah satu pengaturan pada template untuk mendukung mengatur tata letak ukuran lebar maupun tinggi untuk responsif jika blog dibuka melalui smartphone, tanpa merusak font, foto, menu dan lainnya. untuk sekarang fitur mobile version diwajibkan dimiliki pada tiap blog. karena mayoritas pengguna smartphone sangat tinggi hingga tahun kedepannya.

Baca juga : Mengatur Google Drive sebagai media penyimpanan Unlimited gratis untuk Foto dan Video

5. Insert Jump Break (More Article)

Insert Jump Break (More Article)

Insert Jump Break adalah fitur pada tiap blog untuk memotong atau meringkas artikel agar dapat mengatur jumlah kata yang akan ditampilkan. sebutan lain Insert Jump Break yaitu More Article. biasanya yang diambil yaitu paragraf pertama dan jika dilihat di halaman utama blog akan menampilkan tombol Read atau Read More. Terkadang secara default tiap CMS tidak meringkas artikel yang dipublikasikan sehingga artikel yang tampil di halaman utama blog akan menampilkan keseluruhannya. banyak pengguna blog yang tidak memanfaatkannya dan hal ini bisa merugikan, karena para ahli blog mengatakan Insert Jump Break sebagai salah satu pencegah niat niat kurang baik pengguna AGC.

6. Search Description

Search Description

Search Description adalah fitur untuk menghubungkan algoritma pencarian google. biasanya berisi deskripsi tentang artikel, selain sebagai penghubung pencarian google juga sebagai deskripsi artikel saat dishare ke media sosial seperti facebook.

7. Meta Tag
Meta Tag

Meta Tag adalah element atau tag yang memberi informasi metadata dari blog ke mesin pencarian Google. selain Meta Tag ada juga Meta Tag untuk Sosial Media seperti memberi informasi Nama Penulis artikel dan akan terlihat jika di share ke sosial media.

8. Domain


Domain adalah nama alamat unik pada sebuah blog yang diawali http:// atau Hypertext Transfer Protocol. pada awalnya alamat sebuah blog berupa IP namun beralih menjadi domain untuk saat ini. jenis-jenis domainpun berbeda-beda. yang paling dikenal dan banyak digunakan yaitu Top Level Domain atau disingkat TLD. seperti .com .net .org .info .biz ada juga domain untuk indonesia namun disertai beberapa syarat seperti .id .web.id .my.id .co.id

9. Tautan Permanen

Tautan Permanen permanent link

Tautan Permanen adalah pengaturan pada url atau alamat artikel blog yang bisa diatur pemilik blog agar tidak menampilkan url atau alamat yang acak-acakan. pengguna bisa mengaturnya seperti menyesuaikan dengan judul artikel. dan ini salah satu untuk menjadikan artikel masuk SEO.

10. Backup Template

Backup Template 

Backup Template adalah mendownload atau menyimpan file template ke drive lain sebagai data cadangan untuk pencegahan jika template yang di blog terjadi error, kesalahan script, bug dan lainnya. banyak pengguna blog yang tidak memanfaatkan fitur ini biasanya saat kesalahan script mengedit template hanya melakukan upload ulang yang berujung harus mengulang dari awal pengeditan template.

11. Backup Konten

Backup Konten



Backup Konten sama fungsinya dengan backup template namun yang dijalankan berbeda, Backup konten adalah mendownload atau menyimpan file konten seperti laman, artikel, komentar dan bisa juga gambar tanpa perlu memindahkannya melalui copy paste. ini cocok untuk migrasi blog.

Pada tiap CMS berbeda-beda apa saja yang bisa di backup, dan kadang size filenya bisa kecil bisa juga besar. Banyak pengguna blog yang hampir tidak mengetahuinya, biasanya ini terjadi jika ingin mengganti blog baru dan hal tersebut sayang sekali jika salah satu artikelnya sudah masuk SEO. 

Sekian dari artikel Fitur yang bermanfaat tapi jarang digunakan oleh Pengguna Blog semoga tips ini menjadi informasi tambahan yang membantu sobat untuk menjalankan blog. jika artikel ini sangat membantu, sobat bisa mensharenya ke sosial media ataupun menginformasikannya ke teman sobat yang lainnya sebagai bentuk terima kasih NumpangJejak, dan jangan lupa menyertakan sumbernya dari www.NumpangJejak.com

Artikel Terkait

Mahasiswa yang hobi download movie genre action dan comedy, ngesosmed yang sering lupa waktu, apalagi makan. Manga favorite

One Piece.


EmoticonEmoticon